Unduh Aplikasi QuBisa
Panduan Memilih Pakaian untuk Interview Agar Tak Saltum
Artikel
Personal Development

Panduan Memilih Pakaian untuk Interview Agar Tak Saltum

Johana Novianti Hestriana24 Jan 235 menit membaca

Interview kerja tentu menjadi tahap penting bagi para pelamar kerja. Artinya, lamaran Anda mendapat respons dan perekrut ingin mengenal Anda lebih jauh. Karena itu, menyiapkan diri menghadapi interview kerja tentu harus serius. Mulai dari berlatih menjawab pertanyaan, menjelaskan keunggulan diri, sampai menyiapkan pakaian yang sopan, bersih dan rapi untuk interview kerja. 

Menentukan pakaian untuk interview ternyata tidak mudah. Salah kostum alias saltum bisa menimbulkan kesan kurang baik. Tak hanya bagi yang baru lulus dan baru mulai melamar kerja, yang sudah berpengalaman kerja pun kadang masih bingung menentukan pakaian formal untuk interview kerja. Apalagi kaum hawa. Berpakaian rapi khawatir terlalu formal, tapi sedikit santai bisa memberi kesan tidak menghargai perekrut. 

Bagi Anda yang masih bingung menentukan pakaian untuk interview kerja, panduan berikut bisa membantu Anda agar tidak saltum saat interview kerja. 

Panduan Memilih Pakaian untuk Interview

Sebenarnya, pemilihan pakaian untuk interview kerja sangat bergantung pada bidang industri perusahaan yang Anda lamar. Biasanya pakaian bebas rapi untuk interview berlaku di industri kreatif, sedangkan pakaian formal untuk interview kebanyakan untuk perusahaan BUMN, perbankan dan keuangan, perhotelan, dan semacamnya. 

Jadi, langkah pertama adalah Anda harus mengenali dulu bidang industri perusahaan yang Anda lamar. Berikut ini panduan memilih pakaian untuk interview kerja berdasarkan jenisnya mulai dari yang formal, semi formal, kasual, sampai panduan memilih pakaian untuk interview anak magang. 

Pakaian formal atau profesional

Pakaian formal untuk interview, para wanita bisa menggunakan blouse atau kemeja dipadu rok di bawah lutut atau celana bahan. Sementara yang pria bisa bercelana panjang bahan, mengenakan dasi dan jas jika memang diperlukan. Biasanya, kelengkapan pakaian formal tergantung pada seberapa bonafiditas perusahaan yang Anda lamar dan untuk posisi apa. 

Untuk interview formal semacam ini hindari menggunakan celana jeans dan memilih pakaian dengan warna mencolok. Pastikan juga pakaian tidak kusut dan terlihat basah karena keringat. Pakai pakaian yang bersih dan rapi. 

Semi formal

Pakaian untuk interview jenis ini lebih ke arah profesional, namun tetap kasual. Artinya Anda tidak perlu mengenakan jas atau blazer, cukup kemeja, blouse, dan celana bahan. Triknya, kalau Anda ragu mesti berpakaian formal atau semi formal, tak ada salahnya menanyakan ke perekrut, pakaian untuk interview apa yang tepat Anda gunakan. 

Kasual

Pakaian untuk interview bergaya kasual biasanya cocok untuk perusahaan yang bergerak di industri kreatif atau startup. Meski begitu, jangan juga memilih pakaian secara sembarangan. Pakaian untuk interview bergaya kasual memungkinkan Anda menggunakan celana jeans, berpadu kemeja, dengan sepatu kets. Anda boleh mengenakan celana jeans berwarna gelap, atau celana khaki dengan atasan polo shirt dan outer berupa jaket. Walau santai, pastikan pakaian yang Anda kenakan bersih dan rapi. 

Pakaian interview anak magang

Tips bagi anak magang yang akan interview kerja, belajarlah tampil rapi dan sopan. Sebaiknya hindari menggunakan celana jeans, kaos oblong, apalagi menggunakan sandal. Kalaupun Anda melamar di perusahaan startup, sebaiknya menggunakan celana jeans berpadu kemeja alih-alih kaos berkerah. Ingat, gunakan sepatu, bukan sandal. Selain itu, pastikan pakaian untuk interview Anda disetrika rapi, bersih, dan tidak bolong sana-sini. Prinsipnya, meskipun Anda melamar sebagai anak magang, Anda harus menunjukkan kesan bahwa Anda sanggup melakukan pekerjaan profesional. 

Tips Tampil Profesional 

Tak hanya harus cermat memilih pakaian untuk interview yang tepat, Anda juga harus memilih aksesori dan menata gaya rambut Anda. Berikut tips tampil profesional saat melamar kerja. 

Tata rambut

Tak ada salahnya pergi ke salon untuk potong rambut sebelum wawancara kerja. Ini supaya Anda tampil lebih rapi dan segar. Bagi Anda yang berambut panjang, tata rambut Anda agar tampak rapi dan profesional. Anda bisa mengikat, menjepit, atau menggelung rambut ketimbang membiarkannya terurai. 

Gunakan aksesori sewajarnya

Saat interview kerja tak perlu mengenakan aksesori berlebihan. Ingat, Anda tidak sedang pergi ke pesta. Pilih aksesori sewajarnya yang menunjang penampilan dan bukan membuat Anda kewalahan serta tampak berlebihan. 

Make up natural

Bagi kaum wanita, gunakan riasan yang wajar dan natural. Jangan menggunakan lipstik berwarna merah tebal dengan perona pipi yang berlebihan. Riasan berlebihan akan mengalihkan perhatian pewawancara dan membuat Anda kerepotan menjaga make up tidak luntur. 

Semoga panduan di atas bisa menjawab kegelisahan Anda yang masih bingung melamar kerja pakai baju apa. Intinya, ketika memilih pakaian untuk interview sesuaikan dengan industri dan perusahaan yang Anda lamar agar tidak saltum. Anda boleh memakai jeans selama memang sesuai. Terpenting, pakaian formal untuk interview maupun kasual yang Anda kenakan harus rapi dan bersih. 

Jika penampilan Anda sudah mendukung, saatnya Anda menyiapkan diri untuk menghadapi interview kerja. Latih keterampilan komunikasi dan bahasa tubuh Anda, karena ini menjadi Faktor Penentu Saat Wawancara Kerja Berlangsung. Simak ulasannya di microlearning QuBisa. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua