Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Membuat Konten Viral untuk Meningkatkan Branding
Artikel
Content Marketing

Cara Membuat Konten Viral untuk Meningkatkan Branding

Jasmi18 Apr 245 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Ingin dikenal masyarakat luas melalui bisnis yang sukses tentunya perlu trik jitu. Salah satu trik yang bisa kamu coba adalah membuat konten viral untuk meningkatkan branding

Namun, membuat kontennya tak bisa asal-asalan lho ya. Perlu strategi dan perencanaan yang matang agar hasilnya tak mengecewakan. Yuk, simak cara lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai. 

Cara Membuat Konten Viral

Untuk bisa membangun personal branding yang sukses, kamu membutuhkan strategi digital marketing yang terstruktur, salah satunya dengan memanfaatkan konten viral.

Konten menjadi viral atau populer bisa karena isinya yang menarik perhatian, atau bisa karena banyak orang sedang memperbincangkannya.

Coba saja buka media sosial dan perhatikan konten yang sedang viral. Biasanya memang ada hal-hal khusus yang membuat konten itu menjadi begitu terkenal. Bisa dari penggunaan hashtag, caption yang unik dan menarik, penerapan teknik SEO di media sosial, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut beberapa tips dan cara membuat konten viral yang bisa kamu terapkan:

1. Gambar Tak Biasa

Sebagian orang bisa saja melakukan klik pada konten karena melihat gambar yang unik, tak biasa, aneh, atau gambar yang mengundang rasa penasaran.

Gambar memang visual yang dapat membuat kamu memperkirakan apa maksud gambar, dan akhirnya terdorong untuk mencari tahu lebih lanjut.

2. Berbentuk Video

Dibandingkan tulisan, video lebih cepat menjadi viral, apalagi kalau durasinya tidak terlalu lama, namun isinya tak sesuai ekspektasi audiens. Misalnya mengejutkan, di luar dugaan, terlalu lucu, dan lainnya.

Kenapa kok harus durasi yang tak terlalu lama? Sebab, durasi lama akan membuat orang cepat bosan dan akhirnya meninggalkan konten. 

Apakah harus konten yang menghibur atau lucu baru bisa viral? Ya, tidak juga. Kamu bisa kok membuat konten edukasi yang menarik dan bermanfaat, asalkan disajikan dengan cara berbeda. Misalnya berbentuk infografis animasi, video flipbook, atau bentuk lainnya yang sedang tren.

Agar memiliki keterampilan dalam pembuatan konten video, pelajari saja tutorialnya di QuBisa, platform belajar online sekaligus platform pelatihan karyawan yang lengkap. 

Di platform ini tersedia kursus online gratis dan berbayar, webinar terbaik, microlearning, hingga bootcamp yang bisa membantu kamu meningkatkan keterampilan digital milenial.

Cara Membuat Konten Viral

3. Manfaatkan Media Sosial

Cukup banyak bisnis, produk, sosok personal, hingga suatu layanan yang memiliki branding kuat berkat konten viral yang tayang di media sosial. Apalagi kalau yang membagikan konten tersebut memiliki pengikut yang banyak. 

Ini jelas sangat menguntungkan, karena ada banyak orang yang melihat konten tersebut, tertarik untuk berinteraksi, bahkan ikut membagikan ulang (reshare) konten tersebut ke lingkaran pertemanan mereka. 

Tapi ingat, memanfaatkan media sosial untuk menayangkan konten yang berpotensi viral harus didahului dengan riset yang mendalam, mengenali cara kerja media sosial, dan memilih platform media sosial yang tepat dan relevan dengan topik yang mau dibahas.

4. Konten Microblog 

Microblog sangat menarik karena menimbulkan penasaran berlebih bagi pembaca. Konten jenis ini bisa kamu tayangkan di Instagram, LinkedIn, hingga di TikTok.

Bentuknya dapat berupa beberapa foto, gambar, bahkan infografis. Pembaca tinggal menggeser slide satu persatu untuk membaca atau menonton keseluruhan konten.

Catatan agar konten microblog bisa viral, antara lain:

  • Gunakan hook yang memancing rasa penasaran teramat sangat di bagian awal video atau pembuka konten.
  • Foto / image original dan unik, atau punya ciri khas tertentu.
  • Terapkan teknik copywriting dalam membuat konten microblog ini. 

Bagaimana kalau belum punya keterampilan copywriting? Tenang, ikuti saja kursus online di QuBisa seharga Rp199.000,- berjudul Dasar-Dasar Copywriting di Media Sosial.

5. Menggunakan Hashtag Tertentu

Penggunaan hashtag akan memudahkan orang melakukan pencarian tertentu. Misalnya mencari informasi tentang tempat wisata, kuliner legendaris, dan lainnya.

Nah, kamu tinggal menuliskan tagar yang relevan atau sedang trending terkait informasi tersebut. 

Tagar atau hashtag tersebut membantu konten muncul dalam hasil pencarian sehingga mudah ditemukan audiens. Jangan lupa, terapkan tips membuat konten viral di media sosial.

6. Kolaborasi dengan Influencer

Influencer akan membuat konten tentang produk dan mempostingnya di media sosial. Kekuatan follower para influencer bisa memberi manfaat besar bagi kamu yang ingin meningkatkan branding

Dengan catatan, kolaborasi dengan influencer harus menerapkan influencer marketing secara benar, serta ada syarat tertentu, termasuk penggunaan hashtag sesuai perjanjian.

Membuat Konten Viral

7. Posting di Saat Tepat

Ada jam-jam tertentu di mana para pengguna aktif membuka akun dan berinteraksi di media sosial mereka. Maka, pastikan kamu mengunggah konten di waktu ini. 

Dengan membuat konten yang bagus, menarik, dan mempostingnya di waktu yang tepat, hasilnya jelas akan berdampak pada tujuan kamu membuat konten. Untuk itu, coba pelajari caranya di sini:

8. Judul Konten Viral

Judul yang tak menarik mana mungkin bisa viral. Biasanya, judul kontroversial lebih bisa menarik minat audiens, namun tidak selalu juga hal ini berlaku. Jadi harusnya bagaimana membuat judul?

Tips membuat judul konten yang berpotensi viral dan perlu kamu coba, antara lain:

  • Gunakan kata-kata yang emosional dan persuasif.
  • Berikan manfaat yang bisa didapatkan audiens.
  • Kontroversial dan provokatif.
  • Menggunakan pertanyaan yang memicu rasa ingin tahu.
  • Judul ada tambahan data atau angka.
  • Pada judul terdapat kata kunci.

9. Tujuan Konten

Branding produk dalam bisnis harus jelas, detail, dan sesuai dengan tujuan yang mau dicapai. Viral dengan tujuan jelas, efeknya luar biasa. 

Beberapa tujuan yang dimaksudkan di sini, misalnya membangun personal branding, meningkatkan penjualan produk, dan sebagainya.

Kamu sudah tahu 9 cara membuat konten viral untuk meningkatkan branding. Lebih bagus lagi kalau kamu juga sudah punya content planning sehingga proses membuat konten jadi lebih konsisten.

Oh ya, di atas tadi kamu ada baca tentang membuat judul menggunakan kata-kata yang emosional, kan? Cek sekalian, yuk, Cara Membuat Konten Emosional untuk Lebih Banyak Share dan Viral.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua