Unduh Aplikasi QuBisa
Membuat CV dan Resume Online
Recruitment & Selection

Membuat CV dan Resume Online

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 238 menit membaca

Bagi Anda yang hendak melamar pekerjaan, pasti tidak asing lagi dengan istilah CV dan resume. Dengan membuat CV dan resume, Anda dapat menampilkan kualifikasi diri sebagai bahan referensi bagi recruiter, sebelum merekrut Anda masuk ke perusahaan dan menempati posisi atau jabatan tertentu. Lalu, bagaimana caranya membuat CV dan resume online?

Perbedaan CV dan Resume

CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae, yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai riwayat hidup. Isinya, sudah tentu perjalanan hidup yang Anda lalui, mulai dari biodata lengkap, latar belakang pendidikan, keterampilan, hobi, prestasi, dan semua hal yang bisa memberi gambaran serta kemampuan Anda. 

Meskipun menampilkan data serupa, CV dan resume memiliki perbedaan. Resume memang berisi data-data seperti yang ada pada CV, namun dalam versi lebih singkat dan hanya menonjolkan pengalaman, kemampuan, dan keahlian, sesuai bidang kerja dan posisi atau jabatan yang dilamar. Dengan kata lain, CV berisi data statis, lebih terstruktur, dan terdiri dari 2-3 halaman. Sementara itu, resume bisa berubah-ubah isinya disesuaikan dengan syarat yang diminta dalam proses melamar pekerjaan. 

Di luar negeri, CV kerap digunakan untuk melamar pekerjaan di institusi pendidikan atau lembaga pemerintahan, karena lembaga pendidikan wajib mengetahui latar belakang pelamar secara rinci. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, berikut cara membuat CV dan resume secara online maupun menggunakan aplikasi.

Cara Membuat CV dan Resume Menarik untuk Melamar Kerja Menggunakan Aplikasi

Dengan teknologi yang maju seperti sekarang, sudah tersedia berbagai aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain CV dan resume yang menarik. Bahkan Anda bisa membuat dokumen kebutuhan melamar pekerjaan tersebut hanya bermodalkan smartphone. Namun sebelum itu, Anda perlu mengunduh aplikasi untuk membuat CV dan resume di handphone Anda.

WPS Office

WPS Office dapat diakses melalui smartphone. Aplikasi ini memungkinkan Anda berkreasi dan mendesain dengan aneka template pilihan. Salah satu desain yang dapat dibuat menggunakan aplikasi ini adalah resume. Langkah pertama, klik tanda plus (+) yang ada di menu. Pilih dokumen, selanjutnya klik resumes. Selanjutnya, Anda akan menemukan bermacam desain untuk membuat resume yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Lakukan pengeditan sesuai data diri yang hendak ditampilkan dan data lain yang dibutuhkan untuk keperluan melamar kerja.

Canva

Canva menjadi aplikasi edit foto favorit banyak orang. Tampilan Canva mudah digunakan bahkan untuk pemula. Awalnya, memang Canva lebih dikenal sebagai aplikasi edit foto. Namun dalam perkembangannya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai desain, mulai dari desain konten untuk media sosial, infografis, desain kartu nama, presentasi, dan sebagainya. Bahkan, Anda juga dapat berkreasi dalam membuat CV dan resume menarik memakai Canva.

Mempersiapkan resume terbaik untuk melamar pekerjaan

Cara penggunaan aplikasi ini sangat sederhana, dan bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone atau bisa juga menggunakan versi desktop. Jika Anda masih mencoba, gunakan dulu versi gratis. Tetapi kalau memang Anda menyukai aplikasi ini, Anda bisa menggunakan versi berbayar dengan fitur yang jauh lebih lengkap. Cara menggunakan aplikasi Canva di handphone, Anda tinggal buka aplikasinya saja. Lalu, pilih template Daftar Riwayat Hidup. Klik desain yang Anda inginkan.  Jika sudah selesai, Anda bisa save desain, kemudian download atau print.

PicsArt

Alternatif aplikasi untuk membuat CV dan resume di handphone berikutnya, Anda bisa menggunakan PicsArt. Tak berbeda jauh dari aplikasi sebelumnya, melalui PicsArt Anda dapat melakukan kustomisasi baik warna maupun jenis font. Jika Canva menyediakan template yang memudahkan dalam pembuatan cv dan resume menarik untuk melamar kerja, pada PicsArt Anda perlu melakukannya secara manual.

Intelligent CV

Aplikasi Intelligent CV besarnya hanya 10 MB dan bisa digunakan secara khusus untuk membuat CV dan resume di handphone. Setelah diunduh, Anda dapat langsung menekan menu membuat profil baru. Lalu, Anda perlu mengisi biodata. Selanjutnya, pilih desain CV dan resume yang Anda sukai.

Untuk memperbesar peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan, ada beberapa hal lain yang perlu juga Anda pelajari dan siapkan. Pada Qubisa platform belajar online, Anda bisa mendapatkan beberapa materi berikut:

Cara Membuat CV dan Resume di Website

Saat membuat CV dan resume di website, Anda bisa mengunjungi beberapa situs berikut:

Resume.io

Situs ini dapat diakses gratis dan dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mengecek ejaan secara otomatis. Adanya fitur ini dapat menghindarkan CV dan resume yang Anda buat dari kesalahan ejaan.

Visual CV

Visual CV cukup menarik karena memungkinkan Anda mengimpor informasi dari akun LinkedIn milik Anda. Aplikasi berbasis web ini menyediakan tampilan yang mudah digunakan serta beragam contoh CV yang bisa disesuaikan dengan industri yang Anda geluti. Anda dapat mengaksesnya secara gratis. Hanya saja, kalau Anda ingin bisa mengakses semua fitur secara lengkap, Anda harus berlangganan terlebih dahulu.

Zety

Sebagai situs untuk bikin CV dan resume, Zety menawarkan lebih dari 20 template CV yang bisa digunakan. Selain CV, Anda pun dapat membuat cover letter menggunakan Zety.

Saat membuat dokumen penting yang merupakan syarat dalam melamar pekerjaan, pastikan Anda membuatnya dengan efektif. Berikut tips membuat CV dan resume menarik dan bisa memikat  HRD sehingga mempertimbangkan Anda.

Tips Penting dalam Membuat CV dan Resume

  • Sebaiknya buat desain CV dan resume yang sederhana saja, tidak rumit, namun lengkap, kecuali perusahaan memberi syarat lain.
  • Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca.
  • Paparkan informasi yang dibutuhkan secara singkat, padat, dan jelas.
  • Tunjukkan sertifikat atau kegiatan yang berhubungan dengan posisi yang akan dilamar.
CV dan resume dapat dibuat secara online

Tips Membuat Email untuk Mengirim CV dan Resume Menarik untuk Melamar Kerja

  • Jangan mengirim satu email pada banyak perusahaan sekaligus. Hal ini dapat memberi kesan bahwa Anda tidak memprioritaskan perusahaan yang Anda tuju.
  • Jangan membiarkan badan email kosong. Tulis maksud dan tujuan Anda mengirim email secara singkat. Jangan lupa berikan cuplikan data diri. Melalui cara ini, HRD akan mengetahui maksud dan latar belakang pendidikan Anda sehingga mereka memprioritaskan email Anda setelah melihat profil Anda ternyata sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.
  • Perhatikan waktu mengirim email. Kirim email di jam tertentu, misal pagi hari ketika kantor baru saja buka. Bila diasumsikan, pada jam tersebut biasanya HRD akan mengecek email masuk. Selanjutnya, setelah jam istirahat atau sekitar pukul satu siang. Terakhir di jam jelang pulang kantor, sore hari sekitar pukul 3. HRD cenderung mengecek email di jam tersebut.
  • Perhatikan besaran file. Satukan semua berkas yang dibutuhkan dalam satu lampiran. Pastikan besarnya tidak lebih dari 2 MB. Tujuannya, agar lampiran cepat terunduh sehingga HRD tidak kehilangan waktu hanya untuk menunggu.

Untuk dapat membuat CV dan resume yang menarik, Anda juga bisa mengikuti kursus online di platform e-learning QuBisa, tentang persiapan memasuki dunia kerja, seperti:

Membuat CV dan resume yang menarik serta memperhatikan beberapa aturan tak tertulis ketika mengirimnya dapat meningkatkan kesempatan HRD melirik surat lamaran Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua