Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Membuat Aplikasi Mobile Berbasis Android
Artikel
Mobile Development

Cara Membuat Aplikasi Mobile Berbasis Android

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Pernahkah Anda membayangkan bisa memiliki keterampilan digital milenial untuk membuat aplikasi Android? Kelihatannya memang sulit, tak semua orang bisa. Apalagi jika Anda memang tak berminat mempelajarinya. Berbeda jika Anda tertarik, coba lihat ponsel pintar yang Anda miliki. Ada beragam aplikasi terpasang dan bisa membantu Anda untuk kegiatan sehari-hari.

Bahkan beberapa aplikasi media sosial membantu Anda dalam membangun bisnis dan belajar melalui platform e-learning. Misalnya saja WhatsApp Business, Instagram, Facebook, LinkedIn, dan YouTube. Nah, sekarang, apakah Anda ingin bisa membuat aplikasi hebat sendiri dan serius untuk mencoba mempelajarinya?

Jika Anda memiliki niat serius, mulailah dengan action. Walaupun sebagian orang mungkin akan mengerutkan kening kalau ditanya cara membuat aplikasi berbasis android ini. Namun, Anda tak boleh berkecil hati. Kenapa? Karena zaman sudah berkembang cepat. Banyak hal bisa diakses dari jarak jauh. Semua bisa dipelajari sendiri melalui internet atau mengambil kursus online Android Fundamental.

Cara Membuat Aplikasi Mobile

Melalui internet, Anda bisa melakukan pengembangan diri atau personal development dengan lebih mudah. Misalnya seperti cara membuat aplikasi mobile berbasis Android berikut ini.

Langkah Membuat Aplikasi Mobile melalui Android Studio yang Didukung Penuh Oleh Google

Buat di Android Studio dan Install

Masih asing dengan Android Studio? Anda bisa langsung install atau pasang aplikasi Android Studio yang merupakan tools resmi yang didukung penuh oleh Google. Android Studio memiliki banyak fitur yang mudah untuk dipelajari bahkan oleh pemula. 

Buka Android Studio

Setelah Android Studio terpasang, buka aplikasinya dan muncul tampilan Android Studio. Untuk memulai project, klik di bagian paling atas setelah judul, yaitu start new Android Studio project. Isi langsung nama aplikasi.

Memilih Project

Di halaman ini akan muncul activity. Beberapa pilihan bisa dilihat di sana. Pertama kali membuka tentu Anda bingung memilih yang mana. Anda bisa klik empty activity sebab akan memulai aplikasi dari nol. Selanjutnya klik next di bagian bawah kanan.

Mengisi Konfigurasi Project

Setelah itu, akan muncul konfigurasi project. Anda dapat mengisi kolom pertanyaan yang ada di sana. Kalau semua sudah terisi, klik finish di bagian kanan bawah. Kemudian, akan muncul dashboard membuat aplikasi.

Layar Environment Android Studio dan Muncul Tampilan untuk Menjalankan Aplikasi

Supaya tidak bingung, Anda bisa langsung ke main activity dan activity_main.xml. Ini merupakan file dengan elemen yang akan dimunculkan dalam aplikasi. Dengan membuka activity_main.xml, Anda bisa memilih untuk menjalankan aplikasinya. 

Aplikasi Selesai Dibuat

Memang butuh kemauan untuk mencoba, belajar dan berani klik untuk sesuatu yang baru. Meskipun tak mudah, Android Studio ini mudah dipelajari dan dipahami.

Ikuti Kursus Aplikasi Mobile untuk Android agar Anda semakin mahir

Kursus Aplikasi Android

Meskipun bisa dilakukan secara otodidak, Anda bisa memilih kursus aplikasi android. Namun, Anda harus memilih tempat yang benar-benar punya kredibilitas tinggi, supaya tidak mengecewakan. Tentu ada banyak manfaat dari kursus dan akan melatih banyak hal lain, yaitu:

  • Disiplin. Kedisiplinan memang penting untuk belajar apa pun, termasuk cara membuat aplikasi mobile. Dengan disiplin tinggi, pembelajaran akan lebih banyak yang bisa diserap dan dikembangkan.
  • Ada tempat bertanya. Sebetulnya bertanya bisa di mana saja, tapi dengan mengikuti kursus, akan ada yang lebih tahu dan bisa dijadikan tempat bertanya ketika mengalami kesulitan terkait aplikasi.
  • Muncul kreativitas. Tak dipungkiri pelatihan Android banyak memunculkan kreativitas baru. Ide yang awalnya hanya angan, apabila dicurahkan siapa tahu membawa manfaat yang lebih besar.

Adapun pengembangan aplikasi Android ini tetap dibutuhkan banyak riset. Tetap dibutuhkan langkah jelas, teratur dan rapi dalam penggunaan aplikasi. Koneksi juga harus diperhatikan, apakah bagus atau tidak. Koneksi internet sangat berpengaruh terhadap fitur aplikasi yang berat. Tetap lakukan inovasi baru untuk aplikasi mobile agar hasilnya memberi banyak manfaat.

Anda juga bisa mengambil kursus Pemrograman Java, dan mempelajari bahasa pemrograman Python agar bisa semakin memahami aplikasi mobile. Tak hanya melalui kursus berbayar, Anda bisa belajar melalui kursus online gratis, dan webinar gratis di QuBisa. Platform belajar online yang saat ini sedang mengadakan lomba video microlearning festival. Anda bisa bagi ilmu dapat hadiah melalui pembuatan konten video edukasi. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua