Unduh Aplikasi QuBisa
Memahami Cara Memberi dan Menerima Feedback dalam Bisnis
Artikel
Business Communications

Memahami Cara Memberi dan Menerima Feedback dalam Bisnis

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Apakah Anda tahu apa itu feedback? Jika diartikan secara bahasa, feedback berasal dari bahasa Inggris, yaitu kata feed dan back. Feed memiliki arti memberi dan back memiliki arti kembali. Jadi feedback artinya memberi kembali.

Pengertian feedback kalau secara bebas bisa berarti tanggapan atau respons yang diberikan oleh seorang komunikan terhadap komunikator. Feedback sangat penting dalam sistem bisnis. Mengingat dalam bisnis pasti terjadi komunikasi antara satu dengan yang lainnya, sehingga harus saling memberikan feedback.

Contoh feedback positif dalam bisnis yaitu seorang atasan memberikan feedback terhadap performa karyawan selama bekerja sangat baik, produktif, dan hasilnya optimal. Feedback mempunyai fungsi untuk memberi motivasi kerja kepada karyawan agar mempertahankan dan meningkatkan performanya dalam bekerja. Lantas apa fungsi dan tujuan feedback lainnya? Feedback yang baik dalam bisnis itu seperti apa?

Fungsi dan Tujuan Feedback

Feedback juga bisa dikatakan sebagai umpan balik dalam pembelajaran, terutama dalam menciptakan komunikasi dua arah yang baik. Mekanisme umpan balik atau pemberian feedback yaitu dengan menyampaikan feedback yang positif untuk menghasilkan pekerjaan yang baik, dan memberikan saran apa saja yang perlu diperbaiki. 

Adapun fungsi memberikan feedback dapat sebagai informasi atas suatu performa pekerjaan atau produk dengan tujuan perbaikan. Biasanya hal ini terjadi pada sistem bisnis antara produsen dengan konsumen yang memberikan informasi atas pengalaman penggunaan sebuah produk, baik jasa maupun barang.

Dalam hal ini, bisa disimpulkan bahwa feedback dalam sistem bisnis bisa terjadi pada atasan dan karyawan atau karyawan dengan karyawan lainnya, dan terjadi pada konsumen dan produsen. Fungsinya untuk mendapatkan informasi dan penilaian, yang mana informasi tersebut bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi pencapaian kerja dengan tujuan memperbaiki sesuatu yang belum maksimal.

cara tepat memberikan dan menerima umpan balik atau feedback

Bentuk Feedback yang Baik dalam Sistem Bisnis

Memberi feedback, tidak sama dengan berkomentar sesuka hati tanpa alasan yang jelas. Itu sebabnya, Anda perlu mengetahui cara tepat memberikan dan menerima umpan balik atau feedback. Kira-kira seperti apa feedback yang baik dalam sistem bisnis itu? Berikut uraiannya:

Feedback Harus Jelas dan Spesifik

Feedback yang baik dalam sistem bisnis yaitu memberikan umpan balik yang jelas dan spesifik, tidak bertele-tele, dan tidak menyudutkan. Dengan memberikan feedback yang jelas dan spesifik, maka pihak yang mendapatkan informasi tersebut tahu apa yang kurang, apa yang sudah tepat, dan apa yang perlu diperbaiki, sehingga fungsi dan tujuan feedback tercapai.

Harus Komunikatif

Feedback juga harus menciptakan komunikasi dua arah antara pemberi dan penerima. Sehingga penerima feedback mengerti maksud Informasi yang disampaikan, dan mereka juga bisa memberikan tanggapan kembali. Misalnya feedback atasan pada karyawan, dengan memberikan karyawan ruang untuk menanggapi, maka ini berguna untuk mengembangkan kemampuan mereka. 

Ada beberapa cara berkomunikasi yang bisa diterapkan dalam hal ini. Anda bisa mempelajarinya dari platform e-learning para profesional dan generasi milenial seperti di QuBisa. Beberapa microlearning dan kursus online bertema komunikasi, antara lain:

gunakan bahasa yang santun dan mudah dimengerti

Bahasa Mudah Dimengerti

Penyampaian feedback juga harus menggunakan bahasa yang santun dan mudah dimengerti, agar bisa diterima oleh pihak penerima feedback. Alangkah baiknya, Anda juga bisa memahami cara berbahasa yang efektif dan tidak berbelit-belit, serta langsung to the point pada tujuan pemberian feedback.

Fokus Terhadap Masalahnya, Bukan Orangnya

Feedback yang baik harus bersifat objektif dan fokus terhadap masalah, bukan bersifat subjektif. Tujuannya, menghindari kesalahpahaman dan untuk mengerti permasalahan utama yang sedang dihadapi.

Itulah beberapa hal mengenai fungsi dan tujuan feedback serta feedback yang baik dalam sistem bisnis. Feedback sangat dibutuhkan perusahaan sebagai bahan evaluasi untuk mencapai hal yang lebih baik.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua