Unduh Aplikasi QuBisa
Membangun Strategi Kerja Sama Tim untuk Performa Terbaik
Artikel
Leadership

Membangun Strategi Kerja Sama Tim untuk Performa Terbaik

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Kerja sama tim atau team building adalah proses dan strategi yang dibangun untuk mewujudkan visi misi perusahaan. Prinsipnya, kerja sama tim merupakan cara bekerja kreatif berbekalkan komunikasi yang baik dan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara bersama-sama. 

Menjadi bagian dari sebuah tim hebat di tempat kerja tentu menjadi idaman setiap orang, termasuk Anda. Bayangkan jika Anda menjadi bagian dari tim ini, Anda akan bangun pagi dengan penuh semangat dan bekerja dengan penuh energi setiap hari. 

Faktanya, masih banyak karyawan yang justru kecewa dengan tim karena komunikasi yang buruk, kurangnya kepercayaan dari atasan dan kepercayaan antar karyawan, serta batasan untuk berkembang secara individual. Lalu, bagaimana caranya membangun strategi kerja sama tim untuk performa terbaik?

Tim kerja yang Solid Itu Seperti Apa?

Apakah ada orang yang merasa hebat sehingga bekerja tanpa tim? Ada. Beberapa orang memang menghindari bekerja dalam suatu tim. Alasannya, ada banyak. Salah satu yang membuat orang enggan bekerja sama dalam tim karena merasa mampu untuk bekerja sendiri. 

Padahal faktanya, banyak manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki tim kerja. Selain menjadikan pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah diselesaikan, kerja sama tim juga berkontribusi untuk pengembangan profesionalitas karyawan.  

Menurut data yang dilansir Queens University of Charlotte, mampu bekerja dalam tim menjadi salah satu dari 3 soft skill yang diprioritaskan perusahaan saat proses rekrutmen karyawan. Itu sebabnya, pemimpin perusahaan maupun tim HRD perlu memahami dengan baik mengenai cara melakukan proses rekrutmen dan rekrutmen strategis & proses seleksi.

Namun, menumbuhkan tim kerja yang solid butuh waktu dan proses penyesuaian. Hal ini, karena setiap anggota tim berasal dari latar belakang yang berbeda. Anda harus menciptakan kondisi di mana setiap anggota tim harus berkembang bersama. 

Di saat yang sama, Anda perlu menyiapkan materi team building yang apik. Anda juga harus menumbuhkan rasa percaya dan saling menghormati antara satu anggota tim dengan anggota lain, menyesuaikan kemampuan dengan bidang kerja, serta membangun etika kerja tim yang baik. Tujuannya, tentu saja demi terciptanya efektivitas dan efisiensi bekerja dalam tim.

Strategi Kerja Sama Tim untuk Performa Terbaik

Kepemimpinan dan kerja sama tim sangat erat kaitannya. Seorang pemimpin dikatakan berhasil jika tim yang dibentuknya bisa bekerja dengan maksimal. Ini artinya, iklim kerja yang diciptakan oleh setiap anggota tim sangat baik sehingga berpengaruh pula pada kualitas hasil dari pekerjaan. 

Untuk bisa memimpin tim dengan baik, Anda perlu memiliki kemampuan memimpin tim tanpa sekat. Anda bisa mempelajari hal ini dari pelatihan kepemimpinan dengan tema-tema, seperti memahami strategi Myers-Briggs type Indicator (MBTI) dalam memimpin tanpa sekat, 5 kompetensi atasan, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa strategi yang juga bisa dilakukan untuk membangun sebuah tim yang kuat dan mampu bekerja sama dengan baik.

Pahami Apa Itu Team Work yang Hebat

Kerja sama tim yang baik dibentuk dari beberapa elemen, yaitu tujuan dan peran yang jelas, komunikasi yang baik, kerja sama, dan pengembangan setiap individu dalam tim. Tujuan dan peran yang jelas maksudnya setiap anggota tim memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pembagian tugas dan peran ini bertujuan untuk menghindari overlapping pekerjaan. Anggota tim juga harus paham hirarki tim agar mampu berkoordinasi dengan tepat.

Elemen komunikasi yang efektif dalam perusahaan mencakup banyak hal, mulai dari cara menyampaikan pendapat, cara merespons suatu permasalahan, konfirmasi atau laporan tentang progres setiap anggota tim, cara berkomunikasi dengan atasan, hingga hal-hal lain yang dianggap perlu. Intinya, komunikasi di dalam tim harus dilakukan selancar mungkin. 

Sementara itu, kerja sama bisa diartikan sebagai kegiatan saling menolong sesama anggota tim demi bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Di saat yang sama, setiap individu dalam tim harus berkembang dan terus belajar hal baru. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan semua elemen yang disebut di atas untuk memastikan bahwa tim Anda adalah tim yang kompak dan solid. 

Membangun Kepemimpinan yang Kuat

Manny Hernandez, CEO Omni, Inc, pernah mengatakan jika Anda ingin memiliki tim kerja yang efektif, Anda harus menjadi pemimpin yang efektif sebagai contoh dan teladannya terlebih dahulu. Karena, Anda yang nantinya akan memberi pengaruh kepada tim Anda. 

Anda harus mampu bersikap jujur dan transparan, serta mampu mengkomunikasikan target yang akan dicapai oleh tim dengan baik. Selain itu, Anda harus membangun kepercayaan anggota tim dan menumbuhkan sense of belonging, atau rasa kepemilikan, agar anggota tim bertanggung jawab atas kesolidan tim yang ada. 

Berusahalah untuk terus terbuka dengan tim Anda dan hindari gaya memimpin yang otoriter. Jangan segan meminta masukan dari anggota tim jika Anda mengalami kesulitan dalam perjalanannya.

Mengkaji Performa Tim

Evaluasi dan feedback adalah bagian dari pengembangan tim yang kuat. Anda harus punya kriteria khusus untuk mengukur performa tim Anda untuk menetapkan, apakah tim Anda berhasil atau tidak. Untuk itu, pahami pula kriteria tim dikatakan memiliki performa dan kinerja yang baik bagi perusahaan

Beberapa hal yang harus Anda evaluasi, antara lain pencapaian tim Anda, progres kerja yang mereka lakukan, hal apa saja yang mereka pelajari, serta berbagai elemen yang harus dikembangkan untuk membuat tim lebih hebat. Anda juga bisa memberikan angket kepada anggota tim untuk memberikan umpan balik tentang gaya kepemimpinan Anda.

Memberi Penghargaan dan Merayakan Kesuksesan

Menurut survei yang dilakukan BambooHR, karyawan akan puas jika diakui kinerjanya. Pengakuan ini akan menjadi motivasi, meningkatkan keterlibatan dan produktivitas pekerja, serta memperkuat budaya kerja di sebuah perusahaan.

Anda dapat memberi pengakuan kepada anggota tim Anda secara langsung, melalui email, memberikan bonus, promosi jabatan atau tambahan hari libur. Anda juga bisa merayakan kesuksesan tim dengan program-program hiburan, seperti liburan bersama atau sekadar makan malam yang dihadiri seluruh personil tim. 

Perayaan ini adalah rasa syukur dan terima kasih Anda kepada tim yang sudah bekerja keras hingga mencapai hasil dan target yang telah ditetapkan bersama. 

Membangun kerja sama tim yang efektif adalah tugas seorang pemimpin dan ini tidak bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Anda harus bekerja keras dan memberikan perhatian penuh kepada tim Anda agar tetap solid seperti yang Anda harapkan. Mulailah menabur benih kebaikan di dalam tim, dan Anda akan menuai hal yang sama di masa yang akan datang. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua