Unduh Aplikasi QuBisa
4 Tips Ampuh Melatih Kemampuan Adaptasi di Tempat Kerja
Artikel
Career Development

4 Tips Ampuh Melatih Kemampuan Adaptasi di Tempat Kerja

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Bekerja di perusahaan menuntut Anda untuk memiliki kemampuan adaptasi yang baik, agar betah bekerja dan bisa meraih jenjang karir yang tinggi. Hal ini berlaku untuk setiap karyawan, terutama bagi karyawan yang baru saja bergabung di perusahaan. Bagaimana caranya melatih kemampuan adaptasi di tempat kerja?

4 Cara Melatih Kemampuan Beradaptasi di Tempat Kerja

Tempat kerja yang baru akan berbeda dengan tempat kerja yang lama. Atasan, rekan kerja, lingkungan, budaya kerja, maupun ruang kerja, pasti tidak sama dengan yang sebelumnya. Itu sebabnya, Anda perlu menyesuaikan diri sehingga bisa bekerja produktif dan bisa mengembangkan karir. Berikut 7 tips untuk meningkatkan kemampuan adaptasi di tempat kerja agar disukai rekan kerja dan atasan. 

Biasakan Berkata dan Bertindak Jujur

Hal pertama yang perlu Anda latih agar bisa beradaptasi di tempat kerja, biasakan berkata dan bertindak jujur. Sifat jujur adalah bukti integritas Anda di tempat Anda bekerja. Mendapat kepercayaan dari tim bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, Anda harus membangun kepercayaan tersebut dengan menjadi orang yang jujur. Kejujuran adalah pondasi utama untuk Anda agar sukses dalam bekerja.

jadilah orang yang ramah dan periang agar hubungan Anda dengan rekan kerja Anda selalu baik

Ramah dengan Rekan Kerja

Orang yang ramah disukai banyak orang. Nah, di tempat kerja, jadilah orang yang ramah dan periang agar hubungan Anda dengan rekan kerja Anda selalu baik. Jadilah orang yang tetap rendah hati dan mau bergaul dengan siapa saja walaupun Anda memiliki banyak prestasi di tempat kerja, atau Anda memiliki posisi yang lebih tinggi dari staf lainnya. 

Anda ingin melakukan pengembangan diri untuk bisa membangun hubungan yang baik dengan semua orang di tempat kerja? Jika jawabannya iya, Anda bisa mengunjungi platform belajar online Indonesia QuBisa. Nah sebagai aplikasi belajar online terbaik, QuBisa sudah menyediakan berbagai kursus online gratis maupun kursus online berbayar dengan biaya terjangkau, bahkan banyak video microlearning dan webinar gratis yang diselenggarakan secara rutin setiap minggu. 

Beberapa materi pembelajaran daring tentang cara membangun hubungan baik di tempat kerja, antara lain:

lakukan evaluasi harian untuk mencari tahu, mana pekerjaan yang sudah selesai dan mana yang belum

Lakukan Evaluasi Harian 

Dalam buku Charles Duhigg yang berjudul The Power of Habit dijelaskan bahwa banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau membangun kebiasaan baru, dalam hal ini juga termasuk membangun kebiasaan baru dalam bekerja

Salah satunya, cobalah membuat daftar pekerjaan setiap hari. Misalnya, rencana kerja atau to do list untuk pekerjaan yang wajib dilakukan dalam satu hari. Kemudian di sore harinya, lakukan evaluasi harian untuk mencari tahu, mana pekerjaan yang sudah selesai dan mana yang belum. Dengan cara ini, Anda bisa sekaligus melatih diri untuk berpikir sistematis dan bekerja efektif.

Terus Belajar

Dalam beradaptasi di dunia kerja, Anda harus bersedia untuk terus belajar, baik hard skill maupun soft skill. Anda bisa belajar dengan mengikuti kursus online gratis seperti yang disediakan aplikasi belajar online terbaik QuBisa. Belajar dari mendengarkan dan menonton video microlearning, ikut webinar gratis, atau ikut pelatihan dan kelas pengembangan karir. 

Anda juga bisa belajar dari ikut secara aktif dalam program pengembangan karyawan yang diadakan oleh kantor Anda, melakukan evaluasi secara rutin dan memperbaiki kesalahan, atau bertanya kepada rekan kerja terkait dengan pekerjaan yang belum Anda pahami. Terus belajar akan mengantar Anda ke pintu sukses seperti yang telah Anda targetkan. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua