Unduh Aplikasi QuBisa
Marketing Research dan Berbagai Metode Riset Pasar
Artikel
Strategy

Marketing Research dan Berbagai Metode Riset Pasar

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Marketing research atau riset pemasaran adalah serangkaian proses pengumpulan data yang menjadi dasar kegiatan pemasaran. Secara umum, riset pemasaran sama dengan riset atau penelitian pasar, yang mengkaji status barang / jasa  yang beredar di pasar (market). 

Riset pasar dilakukan oleh perusahaan untuk berbagai tujuan. Namun seringkali dijadikan sebagai dasar pengembangan usaha maupun bisnis, merencanakan pengembangan strategi pemasaran, peningkatan penjualan barang / jasa, branding, kepuasan konsumen, dan peningkatan produksi. Riset pasar juga menjadi cara untuk mengetahui keberhasilan strategi barang / jasa yang sudah dilakukan.

Dalam prosesnya, penelitian pasar dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung pada kebutuhan riset, sehingga membutuhkan berbagai sumber data dan metode pengolahan data. Di sini bisa Anda pahami bahwa dalam melakukan penelitian pasar, Anda tidak bisa hanya sekadar mengamati, namun juga harus melakukan serangkaian kegiatan, mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, melakukan analisis, mengelompokkan data, dan sebagainya.

Tujuan Marketing Research

Selain untuk mengetahui status penjualan barang atau jasa, tujuan riset pasar lainnya adalah membantu proses marketing suatu perusahaan dalam mengumpulkan data pemasaran di lapangan yang meliputi target pasar potensial, pesaing, dan lingkungan bisnis. Beberapa tujuan dari marketing research dapat disimpulkan menjadi:

  • Menelaah kelebihan dan kelemahan barang / jasa.
  • Mengetahui cara memanfaatkan pasar.
  • Menentukan sistem penjualan terbaik.
  • Memperoleh informasi dan mendapatkan penilaian langsung dari konsumen.
  • Untuk menyusun strategi marketing maupun tingkatan bisnis.
  • Menetapkan dan menyusun rencana meningkatkan brand awareness. 
Proses Pengumpulan Data

Metode Riset dalam Proses Pengumpulan Data dan Informasi dalam Kegiatan Marketing

Dalam praktiknya, terdapat beberapa metode yang bisa Anda terapkan saat melakukan penelitian pasar atau market research, di antaranya:

Kuesioner/Survei

Metode survei dilakukan dengan menyebarkan formulir ke masyarakat luas, yang berisi daftar pertanyaan yang bisa diisi konsumen terkait brand, produk, layanan bisnis, layanan after sales, dan sebagainya, tergantung informasi apa yang sedang dibutuhkan perusahaan. Kuesioner ini dapat disampaikan langsung ke subjek dengan membagikannya secara offline maupun secara online. Perusahaan yang ingin mengumpulkan informasi tentang topik penelitian biasanya menawarkan hadiah dalam bentuk souvenir gratis.

Interview

Ini adalah contoh riset pemasaran yang benar-benar melakukan tatap muka langsung dengan konsumen. Tujuannya, untuk memperoleh informasi mengenai tingkat kepuasan konsumen akan jasa maupun barang perusahaan. Anda juga bisa melakukannya secara jarak jauh dengan video call, telepon, dan lainnya.

riset pemasaran melalui interview

Riset Kelompok

Metode riset kelompok biasanya dilakukan untuk mendapatkan umpan balik atau masukan dari sampel survei. Sampel di sini berupa beberapa calon pelanggan dengan berbagai karakter dan kebiasaan dalam berbelanja. Melakukan riset kelompok akan membantu Anda melakukan informasi terkait produk perusahaan dalam jajak pendapat untuk menemukan potensi lain yang sebelumnya tidak Anda ketahui.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa riset pasar dilakukan untuk tujuan mendapatkan berbagai informasi dan masukan yang akan berguna bagi pengembangan perusahaan di masa depan. Penelitian pasar membantu perusahaan menemukan apa yang perlu diperbaiki dan strategi bisnis level yang paling efektif untuk memaksimalkan keuntungan. 

Semoga artikel berjudul Marketing Research dan Berbagai Metode Riset Pasar berguna bagi Anda untuk mengetahui perilaku pelanggan, kemudian Anda bisa mengembangan strategi pemasaran terbaru untuk mencapai target perusahaan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua