Unduh Aplikasi QuBisa
Personal Grooming, Pengertian dan Manfaatnya
Artikel
Career Development

Personal Grooming, Pengertian dan Manfaatnya

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 235 menit membaca

Ketika Anda sudah terjun ke dunia kerja, terutama sektor bisnis dan manajemen, manfaat personal grooming adalah suatu hal yang sangat penting. Apalagi jika Anda menjabat posisi sebagai petugas frontliner atau back office, jelas harus memperhatikan penampilan. Mengapa? Karena nantinya bisa berimbas pada personal branding perusahaan atau bisnis.

Apa Itu Personal Grooming

Singkatnya, pengertian personal grooming adalah penampilan diri. Ya, suka atau tidak suka, ketika Anda memasuki dunia kerja profesional, Anda harus memperhatikan penampilan. Hal ini didasari karena penampilan yang tepat bisa membuat orang lain terpikat pada kepribadian Anda, yang kemudian berimbas positif pada pekerjaan atau profesi Anda.

Manfaat Personal Grooming

Umumnya, setiap perusahaan menetapkan standar penampilan diri yang berbeda untuk para pegawai mereka. Contoh personal grooming termudah adalah pegawai bank, yang biasanya berada di posisi customer service (CS) dan teller (kasir). Cara berpakaian yang rapi, menarik atau good looking, dan sifat yang ramah akan membuat pelanggan merasa puas pada layanan bank.

Lalu, jika Anda melihat jaringan minimarket, para pegawai termasuk kasir mempunyai seragam khusus dan aturan tata krama yang wajib diterapkan ketika ada konsumen. Hal inilah yang membuat personal grooming dalam dunia kerja jelas tak bisa diremehkan karena memiliki segudang manfaat yang sangat menguntungkan. Apa saja? Berikut beberapa, di antaranya:

Semakin Percaya Diri

Manfaat personal grooming dalam pekerjaan yang pertama, turut membantu meningkatkan rasa percaya diri. Ya, ketika Anda lebih peduli pada penampilan, mulai dari memilih busana kerja yang tepat, seperti warna yang sesuai dengan Anda, mengikuti tutorial hijab formal (jika menggunakan hijab). Kemudian item fashion yang layak dipakai ke kantor, hingga cara memulai perbincangan dengan rekan bisnis. Artinya Anda sudah mencoba melakukan grooming.

Imbas Positif Pada Perusahaan

Hal berikutnya yang menjadi manfaat grooming bagi karyawan, mampu membuat citra perusahaan atau instansi lebih baik. Contohnya, Kementerian Keuangan selalu meminta seluruh jajaran pegawainya mengenakan batik atau kain tradisional setiap hari Selasa. Masyarakat yang mengetahuinya akan berpikir jika Kemenkeu adalah instansi yang sangat nasionalis.

Anda juga bisa menerapkan etika penampilan diri kepada para karyawan seperti wajib mengucap salam, atau wajib memberikan hormat seperti orang Jepang. Tentunya akan membuat konsumen dan mitra bisnis merasa dihargai. Akhirnya branding perusahaan akan semakin positif dan bisa mendorong peningkatan omzet penjualan.

Banyak sekali manfaat personal grooming di dunia kerja

Tubuh Semakin Sehat

Salah satu contoh grooming penampilan diri yang sering ditetapkan perusahaan adalah potongan rambut yang rapi untuk pegawai laki-laki. Meskipun terdengar sederhana, faktanya menjaga potongan rambut senantiasa rapi akan membuat karyawan semakin sehat. 

Rambut yang terlalu panjang dan terkesan tidak terawat bisa memperburuk penampilan. Untuk itulah Anda sebagai kaum pria harus mengetahui Corporate Grooming for Man. Selain itu, karyawan yang berambut tidak rapi lebih mudah berkeringat. Yang mana bisa memicu bau tak sedap, bau keringat. Kemudian rambut jadi berminyak. 

Akhirnya konsumen tak nyaman dan menilai perusahaan tidak peduli pada penampilan karyawan. Sangat merugikan, bukan? Untuk itulah setiap pegawai harus rajin menjaga penampilan dan kebersihan diri.

Anda bisa mewajibkan para karyawan mandi sebelum berangkat ke kantor, menjaga kuku selalu pendek dan rapi, hingga mengenakan parfum saat hendak berjumpa calon konsumen. Selain membuat penampilan semakin menawan, mandi dan menjaga kuku bisa membuat tubuh semakin bersih dan akhirnya berdampak baik bagi kesehatan Anda.

Bentuk Kepedulian Diri

Tanpa disadari, ketika Anda melakukan personal grooming, itu artinya Anda sangat peduli pada diri sendiri. Mereka yang senantiasa menjaga kebersihan diri entah lewat mandi, cuci muka, menggunakan kaos kaki bersih, busana yang rapi dan bersih serta rambut rutin keramas adalah bukti kalau Anda sangat peduli pada diri sendiri.

Memperhatikan penampilan adalah salah satu bentuk kepeduliaan diri

Ditanggapi Positif oleh Lingkungan

Nah, manfaat terakhir yang bakal diperoleh ketika penampilan diri semakin baik adalah bisa memperoleh tanggapan positif dari lingkungan. Bagi karyawan, atasan jelas akan terpikat karena penampilan yang terus menawan baik dari pilihan busana hingga tingkah laku ini bukan tak mungkin akan membuat jabatan semakin baik atau mengalami peningkatan karir.

Sementara itu bagi lingkungan di luar dunia kerja, Anda akan bisa mudah memikat lawan jenis dan membuat keluarga semakin bangga saat Anda mampu memperlihatkan personal grooming yang menawan. Untuk itu, jangan ragu mulai peduli pada penampilan dan siaplah terlihat makin profesional, penuh percaya diri dan menarik.

Anda bisa mempelajari materi seputar grooming ini melalui kursus online gratis serta webinar pengembangan diri di platform belajar online QuBisa. QuBisa merupakan platform belajar jarak jauh yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan keterampilan digital milenial, juga keterampilan sukses milenial.

Berikut rekomendasi kursus online dan video microlearning terkait personal grooming:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua