Unduh Aplikasi QuBisa
9 Manfaat Digital Marketing untuk Memulai Bisnis
Artikel
Digital Marketing

9 Manfaat Digital Marketing untuk Memulai Bisnis

Gilang Maulani23 Feb 245 menit membaca

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan kalau menerapkan digital marketing, terutama bagi kamu yang baru memulai membangun bisnis. 

Beberapa manfaat tersebut, antara lain: digital marketing membantu memperluas jangkauan pemasaran, meningkatkan konversi dan penjualan, bahkan membantu mempromosikan bisnis serta produk dengan cara yang lebih hemat. 

Kemudian manfaat lainnya, targeting yang lebih tepat, membangun brand awareness, mendapatkan lebih banyak traffic ke website bisnis, dan masih banyak lagi. 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat digital marketing, kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai. Yuk, baca yuk.

9 Manfaat Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha

1. Meningkatkan Penjualan

Tujuan dari kegiatan pemasaran digital adalah meningkatkan penjualan suatu produk maupun layanan bisnis. 

Nah, penjualan baru bisa meningkat kalau kamu punya banyak pelanggan potensial. Salah satunya mendapatkan pelanggan potensial adalah dengan menerapkan digital marketing, seperti:

Prinsipnya, semakin banyak orang melihat dan mengenal produk suatu bisnis, maka makin besar pula peluang produk akan terjual. 

2. Meningkatkan Brand Awareness

Digital marketing memungkinkan kamu memperkenalkan brand dan produk kepada khalayak yang lebih luas melalui platform online, seperti media sosial, website, dan mesin pencari. 

Semua kegiatan promosi digital tersebut dapat meningkatkan kesadaran merek dan membangun loyalitas pelanggan. 

Menurut studi yang dilakukan Hubspot, 72% konsumen mengatakan mereka lebih cenderung membeli produk dari merek yang mereka kenal daripada yang tidak dikenal.

menargetkan audiens yang lebih spesifik

3. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Digital marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas. 

Maksudnya, bisnis kamu tidak hanya dikenal di wilayah sekitar lokasi bisnis saja, namun bisa menjangkau hingga ke berbagai daerah di Indonesia. 

Dengan jangkauan pasar yang luas, peluang kamu mendapatkan lebih banyak pelanggan pun jadi terbuka lebar.

4. Relevan dengan Kebiasaan Masyarakat

Apa yang kamu lakukan pertama kali ketika ingin membeli suatu produk? Ya, kamu melakukan riset di internet untuk mencari informasi produk yang mau kamu beli. 

Apa yang kamu lakukan itu juga dilakukan oleh banyak orang di luar sana. Fakta yang tak bisa dipungkiri, ada lebih dari 80% konsumen akan mencari produk atau layanan di internet dan media sosial sebelum melakukan pembelian. 

Artinya, kamu yang ingin memenangkan persaingan pasar harus membuat bisnis dan produk kamu bisa ditemukan oleh konsumen di internet. 

Nah, untuk meningkatkan visibilitas bisnis di berbagai platform digital itulah kamu memerlukan strategi digital marketing yang tepat dan relevan dengan target audiens yang ingin dijangkau.

5. Meningkatkan Lalu Lintas Website

Pada artikel sebelumnya tentang Jenis Digital Marketing, kamu sudah tahu kalau dalam pemasaran digital ada teknik Search Engine Optimization (SEO). 

Nah, menggunakan teknik SEO dapat membantu meningkatkan peringkat website di halaman hasil pencarian Google. Kalau situs web bisnis sering muncul setiap audiens mengetikkan kata kunci tertentu, maka jumlah audiens yang berkunjung ke situs web bisnis akan meningkat.

Hal ini sejalan dengan hasil studi yang dilakukan Search Engine Journal. Di dalam studi tersebut disebutkan kalau ada lebih dari  93% audiens menemukan suatu website berdasarkan arahan yang mereka temukan di mesin pencari.

Bisa dikatakan, penerapan SEO dalam strategi digital marketing dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website bisnis, meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari, dan akhirnya membuka peluang terjadinya konversi. 

6. Lebih Hemat Biaya

Manfaat digital marketing berikutnya, kamu bisa menghemat biaya promosi dan pemasaran. 

Hal ini karena memang memanfaatkan media digital jauh lebih murah dibandingkan pemasaran konvensional menggunakan brosur, baliho, atau beriklan di radio dan televisi.

Kamu cukup membuat akun di beberapa media sosial tanpa mengeluarkan biaya serupiah pun. Kemudian buatlah konten-konten yang menarik perhatian. 

Dengan cara ini, kamu sudah menerapkan digital marketing untuk melakukan promosi dan pemasaran.

7. Targeting yang Lebih Tepat

Digital marketing memungkinkan kamu menargetkan audiens yang lebih spesifik dengan memanfaatkan iklan berbayar maupun email marketing

Cara ini akan membantu kamu mendapatkan konsumen potensial yang relevan dengan produk yang kamu pasarkan. Bahkan menurut penelitian Epsilon, 80% konsumen cenderung membeli dari merek yang memberikan pengalaman personalisasi.

8. Analisis yang Lebih Baik

Hal paling memudahkan yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan pemasaran digital adalah tersedianya alat analisis yang lebih baik.

Masing-masing platform digital telah menyediakan insight yang bisa memberimu gambaran sukses tidaknya strategi yang kamu gunakan. 

Sementara untuk pemasaran dan promosi menggunakan website, ada Google Analytics dan Google Search Console yang bisa kamu gunakan untuk melakukan evaluasi dan analisis.

Ketersediaan data yang bisa kamu analisis dan evaluasi membantu memahami perilaku pelanggan dan mengukur Return On Investment (ROI)

9. Dapat Mengikuti Tren Pemasaran Terkini

Industri pemasaran terus berkembang, dan mengikuti tren terkini adalah kunci keberhasilan. Dengan mengadopsi strategi pemasaran terkini, bisnis dapat tetap relevan dan kamu pun jadi bisa memanfaatkan peluang terbaik untuk memasarkan produk, jasa, maupun layanan bisnis.

Supaya strategi yang kamu terapkan bisa tepat sasaran, sudah tentu kamu perlu memiliki keahlian tentang digital marketing.Nah, ikuti Bootcamp digital marketing di QuBisa yang bisa bikin kamu cepat bisa. Bahkan kamu akan mendapatkan sertifikat dan ada jaminan kerja. Klik banner-nya sekarang, yuk.

Peran dan Contoh Digital Marketing untuk Bisnis

Digital marketing untuk bisnis memang sangat penting, bahkan bagi kamu yang baru membuka usaha. Agar bisnis bisa jalan dan tak kalah dengan kompetitor, pahami juga tentang konsep digital marketing.

Kebanyakan orang mengenal digital marketing sebagai salah satu cara untuk melakukan promosi produk barang dan jasa. 

Ini benar, namun selain untuk promosi, sebenarnya banyak sekali kegunaan penerapan digital marketing dalam bisnis, mulai dari membangun brand, memperluas pasar, menjangkau lebih banyak pelanggan baru, sebagai sarana interaksi dengan pelanggan, meningkatkan sales atau penjualan, dan sebagainya. 

Agar hasilnya maksimal, terapkan beberapa cara digital marketing yang efektif berikut ini:

  • Beriklan di media sosial, seperti Instagram, Facebook, bahkan TikTok.
  • Pemasaran dengan konten yang menarik di media sosial.
  • Google Ads.
  • Email marketing.
  • Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).
  • Pemasaran afiliasi, dan lain sebagainya.

Selain manfaat yang dijelaskan dalam artikel ini, masih banyak lagi manfaat digital marketing yang bisa kamu dapatkan. Jangan lupa, pelajari juga berbagai istilah penting dalam penerapan digital marketing untuk memudahkan kamu menyelenggarakan kampanye. Pelajari istilah-istilah tersebut di sini: 17 Istilah Penting dalam Digital Marketing.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua