Unduh Aplikasi QuBisa
Manfaat dan Cara Mengenal Diri Sendiri
Artikel
Motivation

Manfaat dan Cara Mengenal Diri Sendiri

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Mengenal diri sendiri adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk melihat dan memahami dirinya. Mengenali diri sendiri akan membuat seseorang lebih bisa mengontrol segala perilaku dalam dirinya, maupun saat berhubungan dengan orang lain. Buya Hamka pernah berkata bahwa mengenali diri sendiri lebih sulit dibanding memahami kepribadian orang lain. Oleh sebab itu, mulailah kenali diri sendiri, baru kemudian orang lain.

Keunggulan Mengenal Diri Sendiri

Selain bisa mengontrol diri, ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika bisa mengenal diri sendiri. Berikut beberapa kelebihan mengenal diri sendiri.

Bisa Mengetahui Potensi Diri

Dengan mengenal diri sendiri Anda akan mendapatkan gambaran terkait potensi diri Anda. Memahami potensi artinya Anda bisa mengoptimalkannya untuk meraih sukses. Contoh, Anda tahu jika potensi Anda adalah programmer. Anda bisa mengasah keterampilan bahasa pemrograman hingga bahasa Inggris dengan mengikuti kursus online gratis maupun berbayar di aplikasi belajar online QuBisa.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri

Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi, tidak semua individu menyadari kelebihan dan kekurangan pada diri mereka. Jika Anda mengenal diri sendiri, Anda bisa lebih mudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Anda. Dengan begini, Anda jadi bisa meningkatkan kelebihan Anda dan menutupi sisi lemah Anda.

Mencintai Diri Sendiri

Lebih Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri akan membuat Anda akan lebih bersedia menerima segala hal dalam diri Anda. Jadi, Anda tidak akan mudah merasa iri dan insecure pada kesuksesan orang lain. Anda akan menjadi seseorang yang lebih menghargai diri sendiri.

Mengetahui Hal yang Dibutuhkan dan Bisa Merencanakan Masa Depan

Mengenal diri sendiri dapat membantu Anda dalam menentukan tujuan hidup. Sebab, Anda jadi tahu apa yang Anda butuhkan dan yang harus Anda capai. Anda bisa merencanakan masa depan Anda. Mulai dari melakukan perencanaan karir, relationship, traveling, dan lainnya. Mengetahui apa yang Anda mau akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan yang tepat.

Cara Mengenal Diri Sendiri

Ada 6 cara mengenal diri sendiri, yang dinamakan VITALS menurut psychologytoday.com. VITALS adalah akronim dari value (nilai), interest (minat), temperament (emosi), around the clock activities (jam biologis), life mission and meaningful goals (misi), serta strength (kekuatan).

Value

Setiap orang memiliki tujuan dan nilai hidup yang berbeda. Beberapa orang ingin memiliki karir sukses, stabilitas keuangan, pendidikan tinggi, kesehatan, dan menjadi dermawan. Menurut penelitian, memikirkan tujuan-tujuan tersebut akan membuat Anda termotivasi untuk melakukan hal baik dan mengetahui hal berharga dalam hidup.

Minat

Minat adalah sesuatu yang membuat Anda tertarik, termasuk hobi. Cari tahu minat Anda dengan menanyakannya ke dalam diri Anda. Umpamanya menanyakan apa yang Anda minati dan membuat timbulnya rasa penasaran dalam diri Anda. Mengetahui hal yang diminati bisa memberi Anda petunjuk terkait keinginan Anda.

mengenali diri sendiri adalah hal yang wajar bukan mustahil

Emosi

Emosi berhubungan dengan perasaan dan logika. Mengetahui emosi dalam diri akan membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri serta memaksimalkan potensi Anda. Emosi akan membuat Anda bisa lebih jujur pada diri sendiri. Anda juga bisa mengetahui apakah Anda tipe seorang perencana atau hidup mengikuti arus?

Jam Biologis

Setiap orang memiliki jam biologis yang mengatur kapan fungsi tubuh aktif. Aktif pada waktu terbaik memungkinkan Anda bekerja dalam kondisi terbaik dan menikmati setiap aktivitas yang Anda lakukan. Cari tahu apakah Anda lebih nyaman bekerja di siang hari atau di malam hari. Kemudian pada jam berapa Anda merasakan badan dalam kondisi terbaik.

Misi

Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan peristiwa paling berkesan yang terjadi dalam hidup. Dari peristiwa itu Anda mungkin dapat menemukan petunjuk terkait identitas diri, karir, dan kepuasan hidup yang selama ini Anda cari. Dengan begitu Anda dapat menetapkan tujuan hidup Anda sendiri dan menentukan langkah-langkah terbaik untuk mencapainya.

Kekuatan

Kekuatan tidak hanya mencakup kemampuan, keterampilan, dan bakat. Kesetiaan, menghargai orang lain, mau terus belajar, serta kecerdasan emosional pun termasuk kekuatan. Mengenali kekuatan Anda adalah salah satu dasar untuk membangun kepercayaan diri. Karena saat Anda mengetahui kekuatan terbesar Anda, tidak akan ada lagi rasa minder atau insecure dalam diri Anda.

Itulah manfaat mengenal diri sendiri dan cara mengenal diri sendiri yang bisa Anda coba. Walaupun proses mengenali diri ini tidak mudah, namun Anda harus tetap melakukannya supaya bisa mendapatkan berbagai manfaatnya.

No Image

0Comments

no profile

Article For You

Lihat Semua

Suggestion For You

Lihat Semua