Unduh Aplikasi QuBisa
Copywriting dan Manfaatnya
Artikel
Strategy

Copywriting dan Manfaatnya

Jasmi24 Jan 234 menit membaca

Apakah Anda tahu apa itu copywriting? Copywriting merupakan teknik penulisan yang bertujuan memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk maupun jasa. Ada banyak manfaat copywriting, khususnya bagi kemajuan usaha yang sedang dijalankan. Teknik penulisan ini biasanya digunakan untuk iklan pada televisi, landing page, website, koran, majalah dan media sosial.

Nah, seiring perkembangan dunia online marketing dan digital marketing, pada akhirnya membuat profesi copywriter semakin dibutuhkan. Jika Anda tertarik dengan profesi ini, Anda perlu mengetahui cara menulis copywriting yang benar atau sudah mahir copywriting untuk meningkatkan penjualan. Karena perusahaan akan mencari copywriter yang profesional dan berkualitas.

ketahui manfaat copywriting bagi penjualan

5 Manfaat Copywriting

Fungsi dan manfaat copywriting sangat banyak, bukan hanya untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk saja. Akan tetapi juga membantu dalam meningkatkan penjualan, menarik konsumen, hingga membuat seseorang ingat dengan produk atau jasa tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan 5 manfaat dari copywriting yang bisa Anda ketahui, di antaranya yaitu:

Mempromosikan Produk atau Jasa

Menggunakan teknik copywriting adalah salah satu cara mempromosikan produk atau jasa yang tepat melalui website dan media sosial. Copywriting berisi kalimat yang sudah dipertimbangkan isi serta efeknya bagi orang yang membaca dan mendengarnya, sehingga akhirnya menjadi tertarik untuk menggunakan produk atau jasa Anda.

Dengan menggunakan teknik copywriting yang tepat, respon customer akan berbeda dengan yang tidak menggunakan copywriting, walaupun produk atau jasa yang ditawarkan sama. Copywriting pun akan menjawab pertanyaan Anda tentang Bagaimana Membangun Kedekatan dengan Konsumen melalui Social Media.

Meningkatkan Penjualan dan Customer

Manfaat lain dari copywriting dalam pengembangan bisnis, bisa meningkatkan penjualan dan loyalitas dari konsumen untuk Anda. Komunikasi yang terjalin antara penjual dan pembeli tersampaikan dengan baik karena adanya copywriting.

Kepercayaan dan reputasi produk atau jasa yang ditawarkan pada website Anda juga akan meningkat. Isi dari copywriting yang tepat akan memberi sifat persuasif yang baik dan unik untuk customer. Selain itu, manfaat copywriting juga dapat meningkatkan traffic pengunjung website, sehingga membantu membuat pengunjung situs web menjadi pembeli atau pelanggan.

Membangun Brand

Branding bisa muncul sebagai hasil dari teknik copywriting yang tepat. Ya copywriting juga berguna dalam membangun brand perusahaan atau website Anda. Tulisan-tulisan dalam copywriting membantu perusahaan atau situs web untuk membentuk branding yang khas dan melekat di hati pengunjung.

Jadi, ketika Anda mendengar jargon suatu brand, maka Anda akan langsung memikirkan nama brand tersebut. Walaupun bukan hanya hasil dari teknik copywriting sendiri, tetapi copywriting punya peran yang besar dalam proses membangun brand awareness.

manfaat copywriting untuk membangun branding produk

Membuat Brand Menempel Pikiran

Mungkin Anda pernah membaca sesuatu pada media sosial Anda dan terus terbayang tentang konten yang dibaca. Kemudian nama brand tersebut dan konten tulisannya terus menempel pada pikiran.

Hal tersebut terjadi karena Anda telah membaca hasil dari teknik copywriting. Tulisan yang berisi penjelasan seputar produk namun membuat pembacanya tertarik. Oleh karena itu, bisa menempel terus dan terngiang-ngiang dipikiran pembacanya.

Sebagai “Salesman”

Bisa diibaratkan copywriting berperan seperti seorang sales atau “salesman.” Copywriting yang baik dan tepat berperan untuk membujuk calon customer agar tertarik dan membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Kemampuan besar dari copywriting adalah untuk membuat konsumen tertarik tanpa merasa dipaksa dalam penawaran. Hal ini dinamakan dengan soft selling. Oleh sebab itu, copywriting sangat penting bagi bisnis.

Nah, itulah beberapa hal mengenai copywriting dan manfaatnya yang bisa Anda ketahui. Banyaknya manfaat copywriting mungkin membuat Anda menjadi tertarik mempelajari teknik menulis yang satu ini, khususnya bagi yang memiliki usaha jasa atau produk.

Ilmu copywriting bisa Anda pelajari melalui internet, dan platform belajar online Indonesia seperti QuBisa. Di QuBisa, terdapat banyak materi keterampilan digital milenial (KDM), serta keterampilan sukses milenial (KSM). Selain itu, ada banyak kursus online gratis, webinar gratis, dan video microlearning yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan skill dan membangun personal branding di era digital.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua