Unduh Aplikasi QuBisa
Manfaat Bersyukur dalam Kehidupan
Personal Development

Manfaat Bersyukur dalam Kehidupan

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Hidup memang penuh misteri dan kejutan. Bahagia dan sedih jadi pelengkapnya, karena roda kehidupan terus berputar. Akan tetapi, apa pun keadaan yang sedang Anda hadapi, Anda harus ingat untuk bersyukur setiap hari. Lantas, apa itu bersyukur? Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, bersyukur adalah berterima kasih atas apa yang Anda miliki dan dapatkan dari Sang Pencipta.

Lebih jauh terkait pengertian bersyukur atau gratitude menurut Sulistyarini, kebersyukuran adalah perasaan bahagia atau emosi positif yang muncul ketika Anda membutuhkan sesuatu atau sudah dalam keadaan cukup, lalu menerima pemberian dari pihak lain, sehingga Anda pun merasa tercukupi. Ya, jadikan bersyukur sebagai seni merasa cukup.

Aspek-aspek Bersyukur

Menurut McCullough, aspek kebersyukuran terdiri atas:

  • Intensity, orang yang benar-benar bersyukur, maka akan merasakan rasa syukur itu dalam lubuk hatinya juga atau secara intens
  • Frequency, orang yang selalu bersyukur tidak akan merasa bosan sedikit pun untuk mensyukuri segala sesuatu yang didapatkannya setiap hari.
  • Span adalah rasa bersyukur yang berdasarkan peristiwa-peristiwa kehidupan yang bisa membuat seseorang merasa terberkati. Misalnya, bersyukur karena diberi kesehatan, keluarga, dan lainnya.
  • Density termasuk aspek bersyukur yang membuat orang yang menuliskan rasa syukur pada orang-orang yang telah membantunya.
manfaat bersyukur setiap hari bagi kesehatan fisik dan mental

Alasan Kenapa Anda Perlu Bersyukur Setiap Hari

Ada banyak manfaat atau keuntungan dari memiliki rasa syukur, berikut ini beberapa manfaat bersyukur yang bisa Anda rasakan.

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences, ciri-ciri orang yang selalu bersyukur itu cenderung terlihat lebih sehat serta bersemangat dalam menjalani kehidupannya dibandingkan orang yang selalu mengeluh. Itulah mengapa orang yang memiliki gratitude cenderung menjaga kesehatan mereka dengan rutin berolahraga dan memeriksa kesehatan.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Tak hanya memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan fisik saja, membiasakan diri untuk bersyukur pun akan membantu dalam meningkatkan kesehatan mental atau psikologis. Melalui rasa syukur, Anda akan terbantu untuk mengatasi emosi negatif, seperti rasa iri, marah, frustasi, hingga penyesalan. Bersyukur pun bisa meningkatkan kebahagiaan atau kadar dopamine dalam tubuh dan menurunkan gangguan mental berupa depresi secara efektif.

Membuat Anda Merasa Lebih Tenang

Bersyukur adalah salah satu afirmasi positif yang membawa kebahagian dan ketenangan dalam hati. Anda akan menjadi lebih tenang dengan bersyukur. Saat bersyukur, tubuh akan dialiri energi positif, yang mana akan membantu Anda untuk berpikir lebih jernih, mengurangi beban pikiran, dan lebih menghargai hidup yang dijalani.

pengertian bersyukur yang bisa meningkatkan empati

Meningkatkan Empati

Penelitian yang dilakukan Universitas Kentucky, Amerika Serikat, menyatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi rasa bersyukur, umumnya memiliki perilaku sosial yang baik. Ya, bersyukur bisa membantu Anda dalam meningkatkan kebaikan atau memiliki empati dan menurunkan agresi. Sekalipun Anda justru mendapatkan timbal balik atau perilaku yang kurang menyenangkan dari orang lain.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Pada tahun 2011, ada hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psikologi Terapan: Kesehatan dan Kesejahteraan. Isi jurnal tersebut: ketika Anda meluangkan waktu kurang lebih 15 menit untuk menuliskan rasa syukur Anda setiap hari sebelum tidur, Anda bisa tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Secara tidak langsung, bersyukur membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jika Anda memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah, cobalah untuk melatih rasa syukur Anda, sebab bersyukur bisa membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri. Penelitian yang tertuang dalam Journal of Applied Sport Psychology tahun 2014 menemukan fakta bahwa rasa bersyukur bisa meningkatkan rasa percaya diri para atlet, yang mana merupakan salah satu komponen penting untuk menghasilkan performa yang baik.

Demikianlah pengertian bersyukur, aspek-aspek gratitude, dan manfaat bersyukur yang bisa Anda rasakan. Semoga membuat Anda selalu ingat untuk bersyukur dan membiasakan diri untuk melatih rasa syukur dalam diri Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua