Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Daftar Magang Program Kampus Merdeka
Teaching & Academics

Cara Daftar Magang Program Kampus Merdeka

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Cara mendaftar Program Kampus Merdeka tidak sulit. Anda dapat mendaftar melalui laman resmi Kampus Merdeka Kemdikbud dan memilih program yang ingin diikuti. Salah satu program unggulannya adalah program magang. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia menyiapkan Program Persiapan Karier secara komprehensif. Harapannya, mahasiswa dan mahasiswi bisa memanfaatkan program ini secara maksimal.

Program tersebut tak hanya menarik dari sisi pendekatan minat dan bakat, namun persiapan masuk dunia kerja, serta bekal belajar dan beradaptasi di dunia kerja jadi poin penting pada program ini.  

Adapun keunggulan dalam program magang Kampus Merdeka, di antaranya Anda akan diajak mengenali lingkungan kerja di mitra yang berkualitas. Nantinya kegiatan praktik lapangan ini akan dikonversi menjadi Satuan Kredit Semester (SKS).

Inilah yang akan menjadi tolok ukur belajar sekaligus kesempatan bagi mereka untuk memperluas jaringan di luar dunia kampus. Eksplorasi terhadap pengetahuan serta teori yang dilakukan selama satu hingga dua semester ini dinilai lebih mengasah kemampuan berpikir, belajar, dan beradaptasi di dunia kerja bagi mahasiswa.

Ini adalah cara mendaftar program kampus merdeka

Cara Daftar Program Kampus Merdeka

Untuk mengetahui cara mendaftar Program Kampus Merdeka, Anda bisa mengunjungi laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Sebagaimana tertera dalam situs tersebut, Anda harus memenuhi sejumlah persyaratan, antara lain:

Memiliki Akun di Kampus Merdeka

Anda diwajibkan mendaftar pada situs Kampus Merdeka guna mengisi sejumlah data meliputi data diri serta email pribadi. Kemudian data itu akan diverifikasi dan dikirimkan kembali pada email Anda. Setelah memiliki akun, Anda akan diarahkan pada sejumlah kegiatan. Anda juga dapat memantau apa saja program yang sedang berjalan maupun akan berlangsung.

Memilih Program

Salah satu program yang sedang berlangsung adalah program magang. Program ini terbuka bagi semua mahasiswa dan mahasiswi yang saat ini sedang menempuh program strata satu (S1) di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Selama mengikuti program ini, para mahasiswa diwajibkan untuk mengisi kegiatan harian yang tertera pada platform. Mereka otomatis memiliki jurnal harian yang terarah selama mengikuti program magang ini.

Bersertifikat Kompetensi

Proses magang ini akan berlangsung selama satu hingga dua semester dengan capaian minimal 20 SKS. Pada program ini, Anda akan mendapatkan kesempatan belajar dan beradaptasi di dunia kerja secara hardskill maupun softskill, serta mendapatkan sertifikat kompetensi.

program magang kampus merdeka ada sertifikat kompetensinya

Sejumlah perusahaan kredibel yang digandeng Kemdikbudristek turut mendukung program belajar dan memiliki adaptasi di dunia kerja. Tak tanggung-tanggung, mereka juga menyiapkan gaji ataupun uang saku bagi para mahasiswa magang paling tinggi hingga 4 juta. Tentunya besaran gaji ini disesuaikan dengan beban dan tanggung jawab yang diberikan selama proses magang.

Untuk bisa bergabung dengan program ini, para penyelenggara telah menyiapkan proposal yang diberikan pada peserta magang terkait dengan tugas dan kegiatan yang dilaksanakan selama proses magang. Hal inilah yang menjadi dasar penilaian kerja para peserta magang.

Melalui proses persiapan masuk dunia kerja ini peserta magang akan memiliki potensi serta peluang lebih besar bisa bergabung dengan perusahaan tersebut apabila telah lulus nantinya. Minimal mereka memiliki sertifikat dari perusahaan yang kredibel di negeri ini. Sertifikat tersebut dapat mereka lampirkan sebagai pengalaman pada saat terjun di dalam dunia profesional. 

Pastinya, setelah mengikuti Program Magang Kampus Merdeka ini para mahasiswa dapat memiliki pandangan yang lebih luas mengenai dunia kerja yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Mereka tak akan hanya kaya akan teori, tetapi juga praktik secara profesional dalam lingkungan kerja.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua