Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal 5 Love Language: Manakah Bahasa Cinta Anda?
Artikel
Motivation

Mengenal 5 Love Language: Manakah Bahasa Cinta Anda?

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Dalam suatu hubungan, perbedaan sifat yang dimiliki dua individu justru dapat digunakan sebagai alasan untuk saling melengkapi. Namun, tak jarang perbedaan sifat tersebut malah menjadi jurang pemisah atau red flag dalam hubungan. Oleh karena itu, dalam setiap hubungan selalu ditekankan pentingnya kerja sama yang seimbang antara dua orang untuk saling memahami, sehingga tercipta hubungan percintaan yang sehat untuk satu sama lain.

Yuk, pahami dulu apa itu love language atau bahasa cinta milik pasangan Anda? Apakah Sobat QuBisa sudah mengerti tentang definisi love language?

Apa itu Love Language?

Love language artinya bahasa cinta. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul The Five Love Language. Sebagai ahli konseling pasangan, Dr. Chapman membagi bahasa cinta dalam 5 kategori agar dapat dipahami oleh setiap individu.

Definisi love language adalah gaya cinta yang dipakai seseorang untuk mendefinisikan bagaimana caranya mencintai dan dicintai. Dengan memahami bahasa cinta Anda maupun pasangan, akan memudahkan Anda menemukan cara yang tepat untuk mengungkapkan perasaan cinta yang Anda miliki.

Lalu, yang manakah love language milik Anda dan pasangan Anda? Simak pembahasannya di bawah ini.

Yang Manakah Love Language Anda?

Love language adalah bahasa cinta

Acts of Service

Acts of Service artinya siap melayani. Pemilik bahasa cinta ini, biasanya tidak terlalu suka mengungkapkan cintanya dalam bentuk kata-kata. Sebaliknya, rasa cinta akan langsung ditunjukkan dengan tindakan. Tidak perlu khawatir bila pasangan Anda jarang mengucapkan kalimat cinta secara gamblang. 

Cobalah untuk lebih memperhatikan hal-hal kecil yang telah dilakukan oleh pasangan Anda. Seperti membukakan pintu mobil, selalu menawarkan bantuan untuk membawakan barang bawaan atau membukakan botol minuman. Hal-hal kecil ini ternyata adalah bentuk perhatian dan rasa cinta yang bisa dia berikan kepada Anda.

Quality Time

Pemilik love language yang satu ini selalu mendahulukan waktu berkualitas bersama pasangannya. Suka merasa kesal saat pasangan Anda sibuk memainkan ponselnya saat sedang menghabiskan waktu bersama? Mungkin Anda adalah pemilik bahasa cinta Quality Time.

Seseorang yang memiliki bahasa cinta Quality Time membutuhkan komunikasi, sharing hal-hal yang bermakna, serta menghabiskan waktu berkualitas bersama. Jika pasangan Anda merupakan pemilik love language bertipe Quality Time, maka Anda harus berusaha untuk terus meningkatkan komunikasi dan perhatian agar hubungan cinta Anda dapat semakin kuat dan dalam.

Supaya kemampuan Anda dalam berkomunikasi mengalami peningkatan dan bisa sekaligus menjaga hubungan Anda dengan pasangan, coba ikuti kursus online gratis yang tersedia di aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

menggunakan sentuhan fisik untuk menyatakan perasaan cinta

Words of Affirmation

Apakah Anda atau pasangan Anda gemar mengungkapkan rasa cinta dengan kata-kata? Nah, itu artinya Anda dan pasangan memiliki bahasa cinta Words of Affirmation. Love language Words of Affirmation selalu mengungkapkan cinta lewat kata-kata.

Pemilik bahasa cinta ini tak akan malu untuk mengatakan “I love you” atau “Aku sayang kamu” secara gamblang. Jika Anda memiliki pasangan dengan bahasa cinta Words of Affirmation, jangan segan-segan untuk selalu mengungkapkan perasaan cinta kepadanya dengan kata-kata secara langsung ya!

Receiving Gifts

Receiving Gifts artinya pemberian hadiah. Tapi, jangan berpikir bahwa hadiah yang diberikan harus berupa hadiah mahal. Sebaliknya, yang terpenting dari Receiving Gifts merupakan makna dibalik hadiah yang diberikan. Contohnya, membelikan kue favorit, minuman kesukaan, atau membelikan botol minum baru untuk mendukung gaya hidup sehat.

Pemilik bahasa cinta Receiving Gifts ini akan merasa sangat bahagia jika mendapatkan hadiah-hadiah kecil tak terduga dari pasangannya. Hadiah-hadiah kejutan yang diberikan juga dapat mencegah timbulnya kebosanan dalam hubungan. Hal itu juga akan memperdalam ikatan cinta antara Anda dan pasangan.

Physical Touch

Physical Touch artinya sentuhan fisik. Pemilik bahasa cinta ini sering menggunakan sentuhan fisik untuk menyatakan perasaan cintanya. Melalui genggaman tangan atau pelukan, seseorang yang memiliki love language Physical Touch akan merasa lebih dicintai.

Nah, itulah 5 love language yang dapat dimiliki oleh seseorang. Pahami love language milik Anda dan pasangan agar dapat mengungkapkan rasa cinta lebih tepat, sehingga hubungan Anda dapat semakin berkembang lebih erat dan dalam.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua