Unduh Aplikasi QuBisa
Konten Media Sosial Memikat, Penjualan Meningkat
Artikel
Social Media Marketing

Konten Media Sosial Memikat, Penjualan Meningkat

Gilang Maulani07 May 244 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Tidak dimungkiri jika konten viral membuat beberapa konten kreator kebanjiran job. Baik itu bersifat endorse, undangan kolaborasi dari sesama kreator atau brand, hingga muncul di layar televisi. 

Ini tentu menjadi prestasi membanggakan bagi para kreator yang menciptakan karya lebih kreatif, informatif, serta memberikan hiburan menarik, tanpa mengesampingkan dampak positif bagi masyarakat dan perkembangan akun mereka. 

Apakah kamu juga ingin bisa membuat konten media sosial yang memikat? Kalau iya, pelajari tips dan caranya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Tips dan Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Media Sosial

Ada banyak contoh konten viral yang sering di share netizen. Contohnya konten yang isinya cara mendapatkan pekerjaan, seperti yang sering dibagikan Vina Muliana. 

Ada lagi konten tentang personal branding dan marketing milik Stephanie Regina di TikTok dan sering masuk FYP. Lalu konten musik unik dari Eka Gustiwana dan Alffy Revv di YouTube, konten parenting dari Kimbab Family, dan lainnya.

Dengan tujuan yang sama seperti contoh di atas, kamu pun bisa membuat konten media sosial yang memikat, asalkan menerapkan langkah-langkah berikut:

1. Bahas Topik yang Sedang Tren

Carilah topik yang sedang ramai diperbincangkan. Topik seperti ini biasanya lebih cepat menarik perhatian publik. Namun supaya tetap original, tambahkan ciri khas lain yang unik khas gaya kamu.

Originalitas itu penting agar orang lain mudah mengingat konten kamu dan bisa menjadi brand's voice. Selain ciri khas, tambahkan juga tagline atau slogan yang sesuai gaya kamu. 

2. Konten Informatif

Buatlah konten yang mampu menjangkau banyak kalangan, diterima, dan mudah dicerna di semua platform. 

Kamu dapat menyusun ide konten secara terstruktur, menggunakan istilah umum, dan menyampaikan materi secara jelas. 

Sebagai kreator, kamu juga bisa menambahkan sudut pandang sendiri, sehingga konten lebih berkualitas, relevan, dan tetap hits.

didukung dengan visualisasi mumpuni

3. Ciptakan Visual yang Menarik

Membuat konten viral biasanya juga didukung dengan visualisasi mumpuni, memiliki isi konten yang berkualitas, dan menarik. 

Dengan tampilan jernih dan isi konten yang informatif, seseorang akan lebih mudah memahami maksud dan tujuan kreator. 

Tak sedikit juga penikmat foto maupun video tertarik lantaran gaya, tata letak, pilihan warna yang digunakan, sesuai dengan tren terkini.

Untuk bisa membuat konten menjadi viral diperbincangkan di media sosial, kamu bisa memperdalam bahasan ini dengan belajar dari webinar terbaik, kursus online, atau video microlearning yang sudah tim QuBisa siapkan, seperti:

4. Lakukan Riset dan Bahas Topik Spesifik

Sebagaimana diketahui, ada 160 juta user media sosial di Indonesia. Dari data ini bisa dibilang setiap topik akan memiliki potensi diminati ratusan ribu hingga jutaan audiens.

Untuk tahu konten seperti apa yang mereka sukai, kamu perlu melakukan penelitian terkait topik-topik berpotensi viral tersebut. 

Mengapa perlu melakukan riset? Sebab, konten yang memiliki ciri khas dan identitas unik memang lebih menarik dibandingkan mencontoh konten viral dengan sifat yang lebih umum.

Nah, pada saat melakukan riset, cari tahu keunikan suatu konten yang viral, pelajari, kemudian buat konten unik kamu sendiri. 

5. Pembawa Tren Kekinian

Konten yang menampilkan ciri khas, keunikan, menghibur serta membawa informasi kekinian lebih berpotensi viral, karena banyak orang yang membutuhkannya. 

Konten seperti ini memiliki kecenderungan lebih cepat berkembang dibandingkan konten umum yang isinya serupa dengan yang sudah banyak beredar di media sosial.

Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki kemampuan untuk menciptakan konten yang berkualitas, sesuai dengan tren terkini yang sedang berlangsung, sehingga bisa menarik perhatian sebanyak mungkin orang.

informasi kekinian lebih berpotensi viral

6. Rajin Menganalisis Data

Setiap platform media sosial sudah menyediakan insight yang bisa memberi kamu informasi terkait respons dan kinerja konten. Tugas kamu adalah menganalisis data setiap konten secara berkala.

Dari data tersebut, kamu bisa tahu mana konten yang punya performa bagus dan mana yang tidak. Lalu gunakan hasil analisis ini untuk merencanakan strategi konten yang lebih baik di masa depan.

Satu hal lagi yang perlu kamu lakukan ketika melakukan analisis, yaitu perhatikan data mengenai waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Pastikan kamu mengunggah konten di jam tersebut.

7. Fokus dan Konsisten

Luangkan waktu untuk fokus dan konsisten mengunggah konten. Konsistensi ini akan membantu algoritma media sosial mengenali rutinitas di akun kamu dan akhirnya bisa memperbesar peluang konten menjadi viral.

Selain itu, bereksperimen dalam menciptakan konten yang kreatif dengan topik yang beragam juga sangat membantu dan bisa menciptakan rasa “terhubung” bagi audiens dengan konten. Misalnya, konten tentang fakta human interest, hobi, humor, perjalanan wisata, berbagai tutorial, bahkan sajian kuliner yang menggugah selera. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara membuat konten media sosial yang memikat dan bisa membantu meningkatkan penjualan. Jika kamu berminat menjadi konten kreator yang bisa mendatangkan banyak penghasilan, coba pelajari juga caranya dengan membaca artikel berikut: Tips Sukses Jadi Konten Kreator Banyak Cuan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua