webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

LIHAT DETAIL

Konsep Dasar Sebelum Membangun Personal Branding

Personal Brand Building | 12 Sep 4 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Selengkapnya Sembunyikan
Konsep Dasar Sebelum Membangun Personal Branding

Personal branding merupakan bagian penting dari perjalanan karir. Anda perlu membangun citra diri positif secara konsisten sehingga orang lain dapat dengan mudah mengenali diri Anda sesuai dengan citra diri yang ingin ditampilkan.

Sebenarnya personal branding itu apa sih? Personal branding adalah cara yang perlu Anda lakukan untuk mempromosikan diri agar terbentuk persona publik sesuai dengan target audiens yang ditentukan. Personal branding merupakan proses berkelanjutan untuk meningkatkan reputasi dan melanggengkan karir Anda. 

Pada era digital seperti saat ini, pentingnya personal branding bukan saja ketika Anda tampil secara langsung di hadapan publik, melainkan juga saat Anda beraktivitas di media sosial. Anda perlu memahami konsep dasar personal branding serta contoh personal branding di media sosial.

Konsep Dasar dan Contoh Personal branding di Media Sosial

Seorang pakar komunikasi, Chris Anderson, mengungkapkan bahwa personal branding bukanlah apa yang Anda katakan, melainkan apa yang dikatakan Google tentang Anda. Orang lain akan melihat dan menilai karakter Anda dari apa yang mereka lihat di internet, terutama di media sosial.

Ketika Anda melamar pekerjaan, recruiter bukan hanya melakukan seleksi terhadap CV Anda, tapi mereka juga melakukan background check untuk mengetahui latar belakang pelamar kerja dan preferensinya di media sosial. Bagi Anda yang baru pertama kali mengenal tentang personal branding, ada baiknya Anda mendengarkan microlearning berikut:

Konsep dasar personal branding yang perlu Anda pahami adalah konsisten menampilkan citra diri yang positif, baik di dunia kerja, media sosial, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Citra diri yang positif tersebut dapat membantu Anda menjaring relasi dan mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Foto profil dan biografi pada akun media sosial merupakan cerminan dari diri Anda

Pencitraan pribadi di media sosial perlu dibangun untuk memperkuat persona publik Anda. Contoh personal branding di media sosial, antara lain:

Menampilkan Foto Profil dan Biografi yang Menarik

Foto profil dan biografi pada akun media sosial merupakan cerminan dari diri Anda yang pertama kali dilihat orang lain saat stalking akun media sosial Anda. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menampilkan foto profil dan biografi yang menarik dan sesuai dengan citra diri yang ingin Anda tampilkan.

Konsisten Membagikan Konten Positif

Memiliki akun media sosial hanya untuk melihat dan berkomentar pada konten orang lain bukanlah cara yang baik untuk membangun personal branding. Anda perlu membuat konten Anda sendiri dan membagikannya secara rutin sesuai jadwal yang teratur. Bagikan konten di media sosial secara menarik sesuai dengan persona publik yang ingin ditampilkan secara konsisten.

Rekomendasi kursus online gratis yang bisa membantu Anda membuat konten menarik, antara lain:

Membangun interaksi

Membangun Interaksi dengan Audiens

Membangun interaksi audiens dapat Anda lakukan dengan mengucapkan terima kasih kepada followers Anda serta membalas komentar-komentar pada konten Anda. Audiens akan merasa lebih dihargai jika Anda menanggapi mereka secara personal.

Perhatikan Etika Berkomentar

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa berkomentar di media sosial adalah hal yang sepele karena tidak bertatap muka langsung. Padahal, etika dalam berkomentar perlu diterapkan, baik saat komunikasi langsung maupun melalui media sosial. Pastikan Anda selalu memperhatikan kepatutan berkomentar dan berhati-hati agar tidak ada pihak yang tersinggung dengan komentar Anda.

Patuhi Peraturan Komunitas

Setiap platform media sosial memiliki peraturan komunitas masing-masing. Sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk membacanya dan mematuhi peraturan tersebut. Ada kata-kata dan gambar-gambar yang akan terdeteksi secara otomatis melanggar peraturan, sehingga Anda akan menerima teguran. Jika terlalu sering melanggar peraturan, akun media sosial Anda dapat ditangguhkan secara permanen.

Memahami pentingnya personal branding dan contoh personal branding di media sosial sangat bermanfaat untuk meningkatkan karir Anda. Pastikan teman-teman Anda pun memiliki pengetahuan tersebut. Anda dapat berdiskusi dengan teman-teman Anda dan membagikan informasi tentang personal branding.

Artikel Terkait

Ke Atas