Unduh Aplikasi QuBisa
7 Kompetensi Seorang Leader yang Baik
Leadership

7 Kompetensi Seorang Leader yang Baik

Punto Wicaksono19 Nov 234 menit membaca

Menjadi pemimpin dalam dunia kerja tak ubahnya membangun kepribadian yang bisa jadi panutan orang lain, dalam hal ini para karyawan yang berada di dalam satu tim kerja. Maka dari itu, seorang pemimpin atau leader perlu memiliki kompetensi yang mumpuni. 

Kompetensi adalah suatu sikap, kepribadian, maupun kemampuan yang dimiliki seseorang, yang meliputi, keterampilan dan keahlian yang dimiliki, pengetahuan dan wawasan, serta sikap kerja yang sesuai dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

Nah, apa saja kompetensi yang harus dimiliki seorang leader atau pemimpin? Yuk, cari tahu jawabannya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

7 Kompetensi yang Wajib Dimiliki Seorang Leader yang Kompeten

Dalam leadership training atau pelatihan kepemimpinan, calon pemimpin biasanya mendapatkan berbagai materi pelatihan dan keterampilan yang akan membantunya menjalankan tugas sebagai pemimpin. 

Berikut ini beberapa kompetensi yang wajib kamu miliki kalau ingin menjadi pemimpin yang baik:

1. Ahli Berkomunikasi dengan Hati

Maksud ahli berkomunikasi dengan hati di sini bukan berarti bisa berbicara dalam hati ya. Fakta yang ada, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik saja tidak cukup untuk menjadi seorang leader yang baik lho. Apalagi kalau menjadi pemimpin di perusahaan besar dengan ratusan atau ribuan karyawan yang perlu diayomi dan dipimpin. 

Pemimpin yang baik perlu bisa berkomunikasi efektif, tahu cara menyampaikan gagasan, ide, maupun arahan dengan sederhana, mudah dipahami, bahkan untuk suatu strategi yang tampak sulit dieksekusi. 

Kemampuan berkomunikasi di atas juga perlu didukung dengan kemampuan berempati sehingga mampu berkomunikasi dengan hati nurani. Artinya, kamu sebagai pemimpin mampu mengeluarkan emosi negatif dengan cara yang positif. Semarah apa pun kamu, tutur kata dan cara berkomunikasi kamu tetap baik dan bisa menghargai orang lain.

Pada aplikasi belajar online terbaik QuBisa tersedia kursus online gratis yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, seperti:

2. Kemampuan Bernegosiasi

Selain memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan efektif, kamu sebagai pemimpin juga harus memiliki kemampuan bernegosiasi. Karena bagaimanapun, bisnis baru bisa berkembang dengan baik kalau pemimpinnya memiliki keahlian melakukan negosiasi yang bisa menguntungkan perusahaan.

Ini terkait tentang bagaimana pemimpin atau leader memahami dengan baik ciri negosiator ulung, mengenali kebutuhan dalam melakukan negosiasi, 5 langkah agar menang dalam bernegosiasi, communication strategy, dan sebagainya. Negosiasi yang bagus dapat memberi peluang kerjasama lain dalam jangkauan lebih luas.

3. Pandai Mendelegasikan Pekerjaan

Banyak orang dalam dunia kerja mengharuskan pemimpin mampu mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan. Pendelegasian yang baik memudahkan karyawan tahu apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan kemauan pimpinan.

4. Coach dan Mentor yang Baik

Seorang pemimpin perlu punya kemampuan memberi coaching dan mentoring yang baik untuk bisa membantu anggota timnya ikut bertumbuh dan memiliki kemampuan yang terus berkembang.

Maka untuk bisa menjadi coach dan mentor yang baik, kamu sebagai pemimpin sudah tentu harus terus belajar dan berupaya meningkatkan kemampuan, wawasan, serta soft skill dan hard skill

Terkait coaching dan mentoring, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebagai pemimpin, seperti:

Sesekali, memberikan penghargaan atau reward bagi karyawan yang mencapai target membuat karyawan jadi termotivasi dan bersemangat dalam bekerja. Mereka juga jadi lebih aktif dan lebih produktif untuk memberikan hasil kerja mereka bagi perusahaan.

5. Cepat Tanggap dalam Menangani Masalah dan Konflik

Tidak dapat dihindari bahwa konflik akan muncul di lingkungan kerja. Seorang leader yang kompeten harus mampu menangani konflik dengan bijak, menciptakan solusi yang adil dan membangun hubungan yang kuat di antara anggota tim.

Di saat yang sama, seorang leader yang kompeten harus memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Artinya, kamu perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Kemudian bisa mengarahkan seluruh anggota tim untuk agile menyelesaikan setiap tantangan yang datang.

6. Memiliki Strategi Jitu

Strategi dalam mendongkrak penjualan baik jasa maupun produk memiliki peranan penting dalam perkembangan usaha. Seorang pimpinan yang pandai mengolah strategi bisnis dan penjualannya tidak akan takut menghadapi pasar dengan segala dinamika. 

Pengalaman, terjun langsung ke bawah, serta perhatian dengan hal sepele, akan membuat pimpinan lebih pandai mengatur strategi terbaik untuk timnya.

7. Punya Keterampilan Manajerial

Kamu sebagai pemimpin juga harus memiliki kemampuan manajerial atau manajemen, seperti memiliki manajemen waktu, dokumentasi, presentasi dan sebagainya. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menjadi contoh bagi seluruh anggota tim untuk bekerja secara efektif, efisien, terstruktur, dan pastinya lebih produktif.

Selain itu, pemimpin wajib banget mampu mengambil keputusan yang cepat di saat yang tepat. Mengingat, cukup sering terjadi hal-hal tak terduga di mana kamu diwajibkan untuk proaktif demi meminimalkan terjadinya resiko yang merugikan. 

Bisa dikatakan, seorang leader yang kompeten harus punya kemampuan management yang baik sekaligus pengambil keputusan terbaik demi kepentingan dan kelangsungan bisnis.

Jika sekarang ini kamu adalah pimpinan suatu divisi, perusahaan, maupun organisasi yang memiliki banyak karyawan, apakah sudah memiliki kompetensi seorang leader yang baik, yang dijelaskan di atas? 

Jika belum, yuk segera asah keterampilan dan tingkatkan kompetensi SDM dengan mengikuti berbagai pelatihan karyawan. Lalu, jangan lupa, pelajari juga cara Menjadi Leader yang Bisa Menginfluence Tim Kerja.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua