Unduh Aplikasi QuBisa
Kiat Sukses Memasuki Dunia Kerja
Artikel
Career Development

Kiat Sukses Memasuki Dunia Kerja

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 234 menit membaca

Memasuki dunia kerja, atribut semasa sekolah sudah tidak berlaku. Meskipun, tidak semuanya seperti itu. Bagi Anda yang senang berorganisasi, Anda akan terbantu dalam berkomunikasi serta bersosialisasi dengan karyawan lain. Namun, tetap saja masa transisi dari dunia sekolah ke dunia kerja membutuhkan kiat khusus. Hal ini bertujuan supaya tidak mengecewakan perusahaan dan suasana kerja menjadi menyenangkan.

Semua tahu, dunia kerja penuh tantangan, dan Anda sebagai fresh graduate membutuhkan tips menghadapi dunia kerja. Berikut adalah kiat sukses memasuki dunia kerja agar sesuai dengan harapan Anda.

Lupakan Kehidupan Sekolah atau Kampus

Mental anak sekolah maupun kampus tentu berbeda dengan mental para pekerja. Segala hal yang berhubungan dengan sekolah maupun kampus lebih baik dihilangkan, karena dunia kerja memang berbeda dengan dunia sekolah. 

Dalam dunia kerja, kualitas diri diperlukan agar hasil kerja sesuai harapan. Bersikap kekanak-kanakan, tidak mandiri, dan tak mampu bekerja dalam tim, sudah jelas akan menimbulkan hal yang kurang menyenangkan.

Penampilan Menarik dan Profesional

Persiapan dunia kerja diawali dengan berpenampilan yang rapi dan sesuai. Penampilan sangat diperlukan ketika Anda bekerja sebagai pekerja kantoran. Bukan kerja di rumah yang bebas memakai pakaian apa saja. 

Di kantor, Anda harus bisa memilih pakaian yang tepat dan sopan. Berpenampilan rapi, sopan, menarik, dan bersikap profesional, serta nyaman dilihat. Berpenampilan menarik akan memberi kesan bahwa Anda memang serius bekerja.

Bekerja di dalam tim dalam dunia kerja

Bersikap Sopan dan Baik

Dunia kerja mengharuskan Anda mampu bersikap sopan dan baik ketika berinteraksi dengan banyak kalangan. Sopan dalam berperilaku, berkomunikasi, dan berpenampilan memiliki nilai  tersendiri. 

Walaupun memang tak dipungkiri jika permasalahan yang muncul saat bekerja adalah hal yang lumrah. Anda hanya perlu belajar mencari solusi terbaik agar semua kembali normal dan pekerjaan lancar tanpa hambatan. 

Perlu diingat, jangan sampai masalah kantor atau kekesalan terhadap rekan kerja diumbar ke luar, termasuk ke media sosial. Selain bisa mengganggu reputasi perusahaan tempat Anda bekerja, efek jangka panjangnya pun tidak baik. Sebab, tidak etis rasanya mengumbar hal negatif terkait pekerjaan di social media

Memperluas Jaringan

Memasuki dunia kerja sebetulnya tidak seberat yang dibayangkan. Meskipun banyak hal baru yang bisa dipelajari. Bekerja menuntut Anda berhubungan dengan banyak orang. Baik itu tim kerja maupun dengan divisi lain. 

Ini sebenarnya merupakan kesempatan bagus yang bisa diambil. Ya, Anda dapat memperluas jaringan. Sebab, saat Anda selalu berhubungan baik dengan beragam orang di dunia kerja, secara tidak langsung Anda sedang menambah banyak wawasan baru.

Terus Belajar

Belajar tidak hanya membaca buku seperti zaman sekolah. Belajar di kehidupan nyata akan lebih baik dengan segala persoalan yang ada. Pertemuan dengan banyak orang, atasan dengan sikap dan cara memimpinnya akan membuat Anda banyak belajar karakter orang. Selain itu, Anda akan belajar hal lain yang tak terpikirkan sama sekali. Misalnya saja mengikuti kursus leadership online.

Bersikap profesional dalam lingkunga kerja

Bisa juga Anda mengambil paket kursus pengembangan diri, mengikuti webinar gratis dan berbayar di QuBisa. Hingga mengikuti kursus online gratis atau belajar melalui video microlearning dengan beragam topik yang relevan saat ini.

Sukses dalam dunia kerja tidak bisa didapatkan secara instan. Anda harus bisa menghadapi segala tantangan di depan mata serta melupakan masa lalu. Semakin lama belajar, Anda akan mengenal banyak orang, dan berusaha bersikap sopan. Karena attitude adalah segalanya. Kemudian Anda pun akan pandai membangun networking, yang akan mempermudah kesuksesan Anda dalam dunia kerja. 

Bisa disimpulkan jika kesuksesan bukan hanya dinilai dari finansial saja. Namun, mencakup banyak faktor. Karena, dunia kerja memang selalu berkembang. Pengembangan ini juga yang memaksa Anda perlu banyak belajar untuk meraih kesuksesan seperti yang diinginkan.

Sebagai mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja, Anda bisa mengikuti program QuBisa Goes to Campus : Kiat Memasuki Dunia Kerja di Era Digital. Ada banyak tips yang akan membantu Anda untuk mulai berkarir.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua