Unduh Aplikasi QuBisa
Keuntungan Menggunakan Aplikasi Mobile dalam Dunia Bisnis
Artikel
Digital Marketing

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Mobile dalam Dunia Bisnis

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Aplikasi mobile dapat membantu Anda dalam meningkatkan layanan pelanggan yang lebih praktis dan lebih mudah sehingga memberi dampak positif bagi bisnis. Hal ini karena banyaknya orang yang beraktivitas menggunakan smartphone dan lebih menyukai penggunaan aplikasi yang simple untuk berbagai kebutuhan, baik aplikasi yang menggunakan sistem android maupun iOS. 

Jika bisnis Anda menghadirkan aplikasi yang dapat diunduh melalui perangkat seluler mereka, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari keberadaan aplikasi mobile yang menunjang operasional dan kegiatan promosi bisnis. Dengan kata lain, jika Anda ingin mengembangkan bisnis, Anda perlu berinovasi di tengah kemajuan teknologi yang terus berkembang dan memanfaatkan teknologi terbaik untuk mendukung perkembangan bisnis Anda.  

Manfaat Aplikasi Mobile untuk Bisnis

Aplikasi mobile biasanya dibuat dengan menyesuaikan jenis sistem operasi pada smartphone yang paling banyak digunakan pelanggan potensial, di mana desain aplikasi mobile untuk android dan iOS berbeda. Oleh karena itu, saat Anda memutuskan hendak menyediakan aplikasi mobile untuk bisnis, maka Anda perlu menentukan mau membuat desain aplikasi android saja, iOS saja, atau keduanya. 

Desain aplikasi mobile, baik berbasis android maupun iOS, harus memenuhi kriteria, di antaranya mudah digunakan, akses yang cepat dan tidak berat, navigasi yang ramah saat user menggunakan aplikasi, dan memberikan customer experience yang nyaman. 

Jika desain aplikasi user friendly, Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena ada banyak pelanggan yang merasa nyaman menggunakan aplikasi yang Anda sediakan, sehingga loyalitas mereka meningkat dan mereka jadi semakin sering melakukan pembelian. Adapun manfaat menggunakan aplikasi mobile untuk mengembangkan dan meningkatkan penjualan bisnis, antara lain:

Pemasaran langsung melalui mobile apps

Menciptakan Pemasaran Langsung

Menggunakan aplikasi mobile untuk pemasaran merupakan strategi digital marketing yang dapat secara langsung menjangkau target pasar. Anda dapat membuat mobile apps yang menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Ini jelas akan berbeda dari penggunaan, penerapan strategi maupun hasil, kalau Anda tetap bertahan melakukan pemasaran melalui web maupun media sosial saja, di mana fitur-fitur di platform digital tersebut masih sangat terbatas. 

Memperluas Wilayah Pemasaran

Penggunaan mobile apps dalam dunia bisnis sudah banyak dibuktikan berbagai brand besar, kalau cara ini dapat menjangkau customer market dengan lebih luas, artinya juga memperluas wilayah pemasaran bisnis. Ini karena fakta bahwa setiap orang pasti memiliki handphone, namun tidak semua orang menggunakan media sosial atau secara rutin mengakses web saat hendak melakukan transaksi online. 

Sementara jika Anda menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di handphone, semua orang yang tak menggunakan media sosial maupun website, bisa kapan saja berbelanja produk maupun layanan bisnis yang Anda tawarkan. Alasan inilah yang membuat Anda sebagai pebisnis harus sesegera mungkin menyediakan aplikasi mobile yang bisa digunakan pelanggan setia bisnis Anda. 

Meningkatkan Penjualan

Semakin banyak yang mengunduh aplikasi mobile dari brand Anda, semakin meningkat pula penjualan dan bentuk konversi lainnya. Selain itu, calon pelanggan yang awalnya hanya membeli produk sesekali, akan bisa lebih mudah berubah menjadi pelanggan tetap ketika mereka merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam mendapatkan informasi maupun melakukan transaksi pada aplikasi bisnis Anda. 

Meningkatkan Keamanan Bagi Pelanggan

Transaksi melalui online memang memberikan kemudahan karena bisa diakses kapan saja dan dari mana saja. Namun, bukan berarti sepenuhnya aman. Tidak sedikit yang mengalami penipuan karena data bocor dan tersebar luas hingga jatuh kepada orang yang salah. 

Dengan pemanfaatan aplikasi mobile, Anda dapat meningkatkan keamanan bagi pengguna karena aplikasi dapat terintegrasi langsung dengan sistem keamanan perangkat lunak. 

Menciptakan Customer Experience yang Nyaman

Sebuah bisnis yang mau berkembang dengan baik, tidak dapat hanya berfokus pada jumlah transaksi yang dilakukan pelanggan saja, tetapi bagaimana pemilik bisnis mengelola pelanggan dan membuat semua pelanggan merasa nyaman berbisnis dengannya. 

Salah satu cara menciptakan customer experience yang nyaman adalah menyediakan aplikasi mobile yang bisa diunduh pelanggan di smartphone masing-masing. Jangan lupa buat desain aplikasi yang user friendly, navigasi yang memudahkan user untuk mengeksplorasi aplikasi, tidak memakan banyak memori dan kelengkapan berbagai fitur pendukung yang membuat pelanggan betah berlama-lama berselancar di aplikasi mobile bisnis Anda.

UI dan UX mobile apps dapat menambah engagement pelanggan

Menciptakan Engagement Pelanggan

Tentunya Anda menginginkan pelanggan terus kembali membeli produk yang ditawarkan di kemudian hari. Dengan adanya mobile apps, keinginan tersebut bisa lebih mudah terwujud, asalkan Anda membangun interaksi dan menciptakan engagement pelanggan.

Pengadaan aplikasi bagi bisnis juga bisa membuat pelanggan yang sudah lama tidak melakukan transaksi, akhirnya tergoda juga untuk memiliki aplikasi mobile bisnis Anda. Kemudian aktifkan fitur notifikasi di mana pelanggan bisa secara cepat mendapatkan berbagai informasi dan promo terbaru seputar produk dan layanan melalui fitur notifikasi tersebut.

Menonjol dalam Persaingan

Tidak semua pemilik bisnis menyediakan aplikasi mobile bagi para pelanggannya. Ini menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk mengembangkan dan menonjolkan bisnis Anda. Di saat yang sama, Anda dapat membuat bisnis yang Anda kelola memiliki nilai lebih karena adanya aplikasi memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan produk dan layanan bisnis hanya dengan memanfaatkan berbagai fitur yang sudah tersedia di dalam aplikasi.

Jika saat ini Anda sedang mengembangkan bisnis untuk menjangkau lebih banyak target pasar, buatlah mobile apps dengan desain yang user friendly dan menarik perhatian pelanggan. Semoga setelahnya bisnis Anda semakin berkembang pesat dan keuntungan meningkat. 

No Image

0Comments

no profile

Article For You

Lihat Semua

Suggestion For You

Lihat Semua