Unduh Aplikasi QuBisa
9 Keuntungan Mengembangkan Bisnis dengan Strategi Digital Marketing
Artikel
Digital Marketing

9 Keuntungan Mengembangkan Bisnis dengan Strategi Digital Marketing

Gilang Maulani27 Dec 236 menit membaca

Pernahkah kamu mendengar tentang digital marketing? Teknik pemasaran ini sangat banyak digunakan oleh mereka yang memiliki bisnis online. 

Dengan menerapkan digital marketing, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang yang ada di internet. Apalagi saat ini konten digital sangat diminati. 

Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi kamu sebagai pemilik brand. Berikut berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau menerapkan strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnis.

9 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Penerapan strategi digital marketing dalam kehidupan sehari-hari juga memberikan banyak manfaat. 

Salah satunya, menjadi andalan bagi bisnis modern untuk memasarkan berbagai jasa dan produk yang mereka miliki kepada calon konsumen yang tepat. Ini beberapa manfaat menerapkan digital marketing yang bisa kamu dapatkan:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pada masa sekarang, hampir semua orang mengakses internet dan media sosial. Nah, penerapan digital marketing di berbagai platform memungkinkan pebisnis membangun dan meningkatkan brand awareness.

Alasannya sederhana, ketika bisnis bisa ditemukan di ranah digital, maka siapa pun bisa mengenal dan mencari tahu tentang bisnis tersebut, termasuk produk, jasa, maupun layanan bisnis yang ditawarkan.

2. Bisa Menjangkau Pasar Lebih Luas

Tahukah kamu bagaimana orang-orang belakangan ini mencari barang? Mereka menggunakan internet untuk menemukan berbagai macam kebutuhan dan mendapatkan informasi.

Pertumbuhan pengguna internet yang semakin meningkat membuat kamu memiliki kesempatan untuk memperkenalkan produk, jasa, dan layanan bisnis secara lebih luas. 

Tinggal bagaimana kamu menerapkan konsep digital marketing, maka bisnis kamu bisa menjangkau pasar sekaligus target audiens di mana pun mereka berada.

Caranya bisa dengan menerapkan beberapa hal berikut:

Oleh sebab itu, pastikan kamu memahami strategi digital marketing untuk membangun bisnis dengan baik. Apalagi masyarakat modern saat ini lebih suka belanja online dibanding belanja offline

Konsumen hanya perlu memilih barang, kemudian melakukan pembayaran dan barangnya pun bisa segera dimiliki tanpa harus meninggalkan rumah.

3. Mudah Menjangkau Konsumen Sesuai Target Pasar

Dalam digital marketing ada istilah target market, yaitu orang-orang yang sesuai dengan produk atau layanan bisnis yang kamu tawarkan. 

Apabila kamu mengikuti pelatihan digital marketing, biasanya akan dibahas mengenai target market, target pricing, dan bagaimana cara menemukan calon konsumen potensial untuk bisnis. 

Menariknya lagi, kamu bisa melayani semua pelanggan tanpa harus bertatap muka kalau menerapkan pemasaran digital. Hal inilah yang nantinya akan mendukung kamu memiliki bisnis auto pilot.

Pada prinsipnya, penerapan strategi digital marketing yang tepat akan membantu proses pengembangan bisnis jadi lebih efisien karena kamu bisa melayani customer kapan saja dan di mana saja.

4. Memperkuat Interaksi dengan Pelanggan

Customer engagement adalah kunci kesuksesan bisnis. Artinya, kamu sebagai pemilik bisnis harus secara berkesinambungan membangun hubungan dan memperkuat interaksi dengan pelanggan.

Salah satu cara praktis untuk melakukan hal ini adalah menggunakan berbagai teknik digital marketing, mulai dari penggunaan email marketing, menerapkan content marketing, hingga menjalankan digital campaign yang berhubungan dengan social media marketing

Melalui email marketing dan interaksi aktif di media sosial, bisnis kamu dapat terus terhubung dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, bahkan dapat pula meningkatkan kepuasan pelanggan.

Bagaimana kalau belum memiliki keterampilan dan keahlian di bidang digital marketing? Tenang, saat ini sudah banyak pelatihan digital marketing, kursus online, bootcamp digital marketing, hingga webinar terbaik yang bisa kamu ikuti, baik yang gratis maupun yang berbayar. Manfaatkan kemudahan ini untuk belajar, ya.

5. Efisiensi Biaya Pemasaran

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan kalau mengembangkan bisnis dengan menerapkan strategi digital marketing adalah efisiensi biaya pemasaran yang jauh lebih hemat dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional. 

Hal ini karena menggunakan digital marketing tidak selalu mengeluarkan biaya besar. Bahkan seandainya butuh pasang iklan berbayar, maka ada banyak platform online yang menyediakan opsi pemasangan iklan dengan biaya terjangkau untuk memulai digital campaign

Misalnya, media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter menawarkan berbagai fitur promosi yang dapat disesuaikan dengan anggaran bisnis. 

6. Mengambil Posisi yang Strategis

Tidak ada aturan khusus untuk menempati posisi strategis dalam bisnis dengan basis digital. Siapa saja bisa melakukannya tanpa terkecuali. 

Berbagai kanal yang menawarkan jasa periklanan bagi bisnis tidak membeda-bedakan siapa yang menggunakan jasa mereka.

Dengan kata lain, kamu memiliki kesempatan yang sama untuk mengincar posisi strategis itu dan mengambil peluang dengan mempersiapkan tim yang dilatih melalui berbagai webinar terbaik, seminar digital marketing, atau jenis pelatihan lainnya.

meningkatkan profit

7. Profit Meningkat Signifikan

Apabila kamu merasa mengadakan pelatihan digital marketing membutuhkan biaya besar, percayalah bahwa itu sangat worth it. Apalagi saat ini ada banyak cara untuk belajar digital marketing dengan biaya terjangkau bahkan gratis. 

Intinya, tergantung bagaimana usaha kamu untuk menemukannya, misalnya dengan berkunjung ke platform Qubisa yang menyediakan berbagai kursus online sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Pelajari seluruh materi digital marketing, kemudian terapkan, maka penerapan digital marketing untuk mengembangkan bisnis bisa sekaligus meningkatkan profit secara signifikan.

8. Lebih Mudah Evaluasi dan Analisis

Sebagai tempat yang sangat luas, internet mampu membuat bisnis kamu terhubung dengan banyak orang. 

Itu juga membuat calon konsumen dapat dengan mudah membandingkan kelebihan serta kekurangan produk kamu. Terutama, jika dibandingkan dengan produk serupa yang ditawarkan oleh kompetitor.

Demikian pula kamu sebagai pemilik bisnis, lebih mudah untuk menemukan bahan evaluasi dan mencari solusi untuk memperbaiki kekurangan. 

Contohnya, kamu menemukan fitur atau layanan yang memerlukan perbaikan dan peningkatan, atau mungkin strategi pemasaran yang perlu diubah, dan lainnya. 

Evaluasi dari analisis laporan keuangan juga bisa dilakukan untuk pengambilan keputusan dalam penerapan strategi bisnis terbaik.

9. Alat Analisis Data untuk Pengambilan Keputusan

Pengumpulan dan analisis data menjadi bagian yang krusial. Tanpa adanya data akurat, jelas sulit bagi kamu untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengembangan bisnis.

Nah, kalau kamu menerapkan pemasaran digital, maka pelacakan data yang akurat bukan lagi masalah besar. Sebab, setiap platform digital yang kamu gunakan sebagian besar sudah menyediakan alat analisis yang detail.

Alat analisis tersebut bisa memberi gambaran tentang seberapa efektif suatu iklan atau konten, mengidentifikasi tren, dan mengambil keputusan yang lebih informasional.

Keuntungan mengembangkan bisnis dengan strategi digital marketing akan bisa kamu rasakan kalau dalam penerapannya tepat sasaran. Lalu untuk penerapannya, ikuti 7 Tahapan Strategi Digital Marketing Agar Bisnis Laris.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua