Unduh Aplikasi QuBisa
Keuntungan Letak Strategis Indonesia di antara 2 Benua
Artikel
Geography

Keuntungan Letak Strategis Indonesia di antara 2 Benua

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Apakah sudah membaca artikel sebelumnya tentang sejarah Nusantara? Jika sudah, pastinya Anda sudah mengetahui bahwa ada banyak hal menarik terkait sejarah Nusantara yang bisa Anda pelajari. 

Letak Indonesia yang strategis, berada antara benua Asia dan Australia, serta dikelilingi lautan samudra Pasifik dan Hindia, malah mendatangkan banyak manfaat bagi Indonesia. Letaknya yang strategis inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang berada di jalur persimpangan lalu lintas dunia. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai potensi maritim Indonesia dan kelebihannya berdasarkan letak strategisnya, berikut ini akan kami ulas beberapa informasinya untuk Anda!

Kelebihan Indonesia yang Diapit Dua Benua Menurut Sejarah Nusantara

letak Indonesia yang strategis

Indonesia sebagai Persimpangan Lalu Lintas Perdagangan Dunia

Letak strategi Nusantara ini membuat Indonesia menjadi negara yang berada di kawasan persimpangan lalu lintas perdagangan dunia. Hal ini pula yang memicu banyak negara menjajah Indonesia di masa lalu. Menjadi tempat persimpangan perdagangan dunia membuat harga ekspor dan impor lebih murah bagi Indonesia dan tentunya bisa membantu perekonomian masyarakat.

 Kemajuan di Bidang Sosial Budaya

Budaya Nusantara menjadi budaya yang memiliki banyak keragamannya. Hal ini, bisa dikatakan dipengaruhi letak geografis Indonesia yang strategis, sehingga mendorong bangsa asing datang ke Indonesia. Kemudian, kedatangan beragam budaya dan bahasa ke Indonesia itulah membuat masyarakat lebih mudah dalam menyerap perkembangan sosial dan budaya dunia.

Kaya Berbagai Sumber Daya Alam

Kekayaan alam Indonesia itu melimpah dan kaya. Berbagai jenis tumbuhan dan hewan ada di sini. Berdasarkan letak strategis Nusantara, Indonesia memiliki iklim tropis, yang membuat Indonesia kaya akan hasil pertanian, pariwisata, kelautan, kehutanan, hingga perkebunan.

Indonesia pun merupakan negara kepulauan yang terkompleks, Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut pada kursus online gratis tentang Riwayat Geologi Nusantara. Selain itu, masih ada banyak pengetahuan lain yang tersedia di platform belajar online Indonesia Qubisa, yang bisa Anda pilih untuk dipelajari sesuai dengan kebutuhan.

banyak bahasa di negara Indonesia

Menguasai Bahasa Asing

Menjadi negara yang dilalui oleh banyak negara, membuat sebagian masyarakat Indonesia bisa fasih berbahasa asing. Tentunya dengan menguasai bahasa asing, misalnya bahasa Inggris, masyarakat di Indonesia akan lebih mudah ketika bekerja sama dengan pedagang dunia.

Memiliki Dua Musim

Dalam sejarah Nusantara atau asal muasal terbentuknya Nusantara juga disebutkan bahwa Indonesia memiliki dua musim. Musim hujan dan musim panas atau kemarau. Sebab, terletak di antara dua samudra besar membuat Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. Sementara itu ketika musim kemarau tiba, matahari akan bersinar 12 jam atau sepanjang hari.

Adanya Fenomena Arlindo

Arus Lintas Indonesia atau Arlindo adalah arus yang terjadi karena perbedaan gradien, sehingga menimbulkan aliran dari Samudra Pasifik menuju Samudra Hindia. Fenomena ini menjadi fase lintas migrasi biota laut dan ikan.

Nah, setelah mengetahui apa saja keuntungan dari letak geografis Indonesia, sekarang saatnya kita melestarikan alam dan membangun budaya yang ada di Indonesia. Meskipun zaman sudah berganti, tetapi sejarah Nusantara harus tetap dilestarikan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua