Karir Naik dengan Manajemen Waktu yang Baik

Motivation | 02 May 5 menit membaca
Aldhi Fajar Maudhi Aldhi Fajar Maudhi
Karir Naik dengan Manajemen Waktu yang Baik

Manajemen waktu adalah hal krusial dalam hidup, terutama bagi Anda yang bekerja dan ingin meningkatkan karir. Dengan disiplin waktu, Anda dapat mengorganisir agenda harian, dan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Kemudian tidak melewatkan rapat penting dan memberi Anda peluang untuk mengembangkan diri.

Manajemen waktu juga berguna untuk mengawasi apakah Anda telah menyelesaikan tugas penting atau tidak. Oleh sebab itu, Anda perlu mempunyai keterampilan manajemen waktu untuk mencapai posisi karir yang diinginkan.

Mengelola waktu dengan baik adalah hal yang harus dilatih terus-menerus. Anda dapat menggunakan metode tertentu dalam mengatur jadwal dan dapat dikembangkan sesuai kebutuhan dan kondisi. Time management membuat Anda disiplin bekerja, sehingga Anda bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efektif dalam menyelesaikan tanggung jawab.

Manfaat Melakukan Manajemen Waktu

Selain membuat hidup lebih teratur, time management juga berguna untuk menentukan skala prioritas pekerjaan. Mana yang lebih urgen dan mana yang bisa dikerjakan setelahnya. Hal ini juga akan membantu Anda meluangkan waktu untuk memikirkan gambaran besar perencanaan karir di masa mendatang, bahkan strategi baru untuk perusahaan Anda. 

manajemen waktu yang baik

Jika memiliki keterampilan mengelola waktu dengan baik, maka Anda akan profesional dalam bekerja, sehingga cenderung menghabiskan waktu untuk hal yang bermanfaat. Dalam jam kerja, misalnya, Anda tidak akan korupsi waktu dengan melakukan kegiatan lain, di luar pekerjaan yang sedang dijalani. 

Cara Meningkatkan Keterampilan Manajemen Waktu

Memiliki manajemen waktu yang baik akan menjadikan Anda talenta kuat dan dipertahankan oleh perusahaan. Hal ini tentu berguna untuk meningkatkan karir Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami cara mengatur waktu yang baik dan benar. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan mengelola waktu Anda:

Memahami Konsep Manajemen Waktu

Erich C. Dierdorff, dalam artikelnya berjudul Time Management is About More Than Life Hacks yang dilansir Harvard Business Review, mengatakan bahwa dalam manajemen waktu, hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun kesadaran konsep manajemen waktu itu sendiri. 

Anda perlu mengetahui waktu produktif (waktu kinerja puncak) Anda bekerja setiap hari atau setiap minggu. Kerjakanlah tugas penting pada waktu kinerja puncak tersebut. Bangun mindset waktu adalah uang, jadi Anda akan mempergunakan waktu sebaik mungkin. Kemudian, Anda perlu mengetahui seberapa realistis Anda dalam menilai waktu atau disebut juga evaluasi.

Menetapkan Tujuan

Penetapan tujuan akan membantu Anda memahami target yang ingin dicapai dengan hasil tertentu. Tujuan yang ditetapkan harus spesifik, terukur, relevan, dan dapat dicapai. 

Misalnya, Anda menginginkan untuk naik jabatan ke level manajer dalam waktu satu tahun mendatang, maka Anda dapat mengagendakan hal yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut. Mulai dari memperdalam leadership skill, keterampilan sukses milenial, keterampilan digital milenial, hingga menangani sebuah program baru, dan lain sebagainya.

Menjadwalkan Hari-hari Penting

Untuk menyelesaikan semua tugas, menghadiri pertemuan dengan tim atau klien tanpa ada yang terlewatkan membutuhkan Anda mencatat semua jadwal dengan rapi dan teratur. Anda dapat memberikan keterangan pada tanggal tertentu di kalender Anda atau membuat reminder di smartphone Anda untuk jadwal-jadwal penting Anda. Hal ini juga akan menghindari Anda dari overlapping pekerjaan yang mungkin saja terjadi.

Anda bisa menggunakan salah satu dari 5 Aplikasi Digital yang Bantu Tingkatkan Produktivitas saat bekerja. Kemudian belajar Matrix Time Balance bagi Kaum Milenial melalui kursus online gratis di QuBisa.

Memprioritaskan Tugas Anda

Anda dapat menentukan tugas sesuai prioritas dengan membuat daftar tugas yang harus diselesaikan. Anda dapat membatasi tugas penting yang harus dikerjakan dalam satu hari agar mendapatkan hasil maksimal. Sebaiknya selesaikan satu per satu. 

berkarir dengan manajemen waktu yang baik

Jangan lanjutkan pekerjaan lain sebelum menyelesaikan pekerjaan yang telah Anda mulai. Anda juga dapat memprioritaskan waktu untuk diri sendiri atau keluarga tanpa mengabaikan tanggung jawab pekerjaan.

Dierdorff menambahkan, bahwa Anda perlu mengetahui perbedaan tugas mendesak dan tugas prioritas. Tugas yang bersifat urgen atau mendesak membutuhkan tindakan segera. Sedangkan tugas penting atau prioritas biasanya bersifat jangka panjang dan memiliki tingkat konsekuensi tertentu.

Memperdalam Kemampuan Adaptasi

Dalam meningkatkan keterampilan manajemen waktu, Anda juga perlu memiliki kemampuan beradaptasi. Yang mana dibutuhkan saat merasa tertekan atau cemas dengan jadwal terlalu padat atau jadwal mendadak, yang mungkin saja mengacaukan rencana yang telah dibuat.

Jika sebuah tugas sangat membebani, Anda dapat mengerjakannya dengan interval waktu singkat. Misalnya, bekerja 15 atau 20 menit, kemudian istirahat 5 menit, dan melanjutkannya kembali hingga selesai. Anda juga dapat menyusun rencana darurat, jika suatu hal terjadi di luar kendali Anda atau butuh waktu tambahan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Manajemen waktu dalam peningkatan karir adalah hal paling penting. Karena dengan disiplin waktu, Anda dapat menyelesaikan tugas secara baik dan mencapai apa yang diinginkan. 

Untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu, Anda dapat melakukan beberapa langkah, seperti memahami konsep manajemen waktu dengan membangun kesadaran terhadap diri sendiri. Kemudian menetapkan tujuan, mencatat jadwal penting, menentukan skala prioritas tugas, dan memperdalam kemampuan adaptasi.

Skill mengelola waktu dengan baik pun bisa Anda pelajari melalui kursus online, webinar, video microlearning, bahkan QuBisa Goes to Campus. Misalnya saja seperti Tips Lebih Produktif dengan Time Management.

Artikel Terkait

Konsep Konvergen dan Divergen dalam Berpikir Analitis

Ada dua jenis pola berpikir analitis manusia dalam menyelesaikan masalah, maupun menghasilkan ide baru dalam dunia bisnis, yaitu berpikir fokus (konvergen) dan berpikir kreatif (divergen)

Motivation | 03 Mar 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono

Raih Kesuksesan dengan Mengubah Pola Pikir

Pola pikir mempengaruhi cara Anda memandang dunia dan merespons hal-hal yang terjadi pada diri Anda. Untuk itu, jika ingin sukses, mulailah berpikir positif dan membangun pola pikir orang sukses.

Motivation | 06 Feb 5 menit membaca
Monica Anggen Monica Anggen

Strategi Bekerja Produktif dengan Membuat Rencana Mingguan

Produktivitas bukan tentang berapa banyak tugas yang bisa dikerjakan, tetapi tentang strategi bekerja produktif dan efisiensi serta hasil yang bisa Anda capai.

Motivation | 28 Jan 5 menit membaca
Monica Anggen Monica Anggen

Artikel Populer


Topik Artikel

Ke Atas