Unduh Aplikasi QuBisa
Sukses Berjualan Online Menggunakan WhatsApp Business
Artikel
Social Media Marketing

Sukses Berjualan Online Menggunakan WhatsApp Business

Jasmi24 Jan 235 menit membaca

Saat ini, pebisnis lebih mudah dalam melakukan digital marketing melalui platform online. WhatsApp Business adalah salah satunya. Untuk sukses berjualan online menggunakan WhatsApp Business, Anda perlu mengetahui beberapa fitur yang bisa digunakan dalam melakukan pemasaran. 

Jadi, selain media sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter, ternyata WA bisnis juga banyak digunakan dalam mempromosikan produk. Cara menggunakan WhatsApp Business juga sangat mudah, dan memungkinkan Anda melakukan interaksi dengan pembeli secara cepat. 

WhatsApp Business digunakan untuk sukses berjualan online

Manfaat WhatsApp Business untuk Pemasaran

Aplikasi WhatsApp Business bisa diakses pada berbagai perangkat, seperti handphone dan desktop. Namun, untuk membuka WhatsApp Business versi web, Anda harus melakukan aktivasi WhatsApp Business account menggunakan ponsel. Anda cukup mendaftarkan nomor telepon bisnis ke akun tersebut. 

Kemudian, Anda dapat mengatur profil yang merepresentasikan bisnis yang sedang dijalankan. Anda bisa memasukkan nama dan logo bisnis Anda. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kenapa Anda harus menggunakan WA untuk pemasaran produk. Beberapa kelebihan WhatsApp Business adalah sebagai berikut. 

Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan

WA bisnis memungkinkan Anda berkomunikasi lebih leluasa dengan calon pelanggan. Komunikasi yang Efektif adalah kunci awal dalam menjalankan bisnis, dan mendapatkan omzet penjualan. Anda dapat memanfaatkan fitur, seperti pesan otomatis, statistik pesan, dan pengelompokan pesan untuk mengontrol pelanggan. 

Mendapatkan Peluang Market yang Besar

Aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia. Pada tahun 2020, pengguna aktif aplikasi ini mencapai 2 miliar. Sedangkan di Indonesia, pengguna WhatsApp mencapai 143 juta. Dengan jumlah pengguna sebanyak ini, tentu Anda mendapat peluang untuk mendapatkan pelanggan dari WhatsApp.

Membangun Kepercayaan

Untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan memang tidak mudah, apalagi di tengah maraknya penjual fiktif yang melakukan penipuan. WhatsApp Business akan memudahkan pelanggan mempercayai Anda, karena pelanggan dapat memastikan bahwa nomor telepon yang diberikan, benar milik perusahaan Anda. 

Pelanggan juga dapat melihat profil WhatsApp Business Anda. Oleh sebab itu, lengkapilah profil akun WA bisnis Anda dengan informasi yang real.

Promosi Produk

Anda dapat melakukan penawaran produk dengan memanfaatkan fitur Greetings Message, Broadcast atau Katalog. Bisa juga menggunakan fitur one to one chat. Menurut Nielsen’s Facebook Messaging Survey, sebanyak 53% pengguna WhatsApp mengaku lebih suka dengan bisnis yang memiliki akun WhatsApp, dan berkomunikasi dengan pelanggan melalui chat.

fitur one to one chat memudahkan untuk melakukan penawaran produk

Organisir Pelanggan dengan Fitur Label

Anda dapat memanfaatkan fitur label pada WhatsApp Business untuk menandai mana pelanggan baru, dan pelanggan lama. Kemudian pelanggan yang sudah repurchase produk beberapa kali, atau yang hanya bertanya tapi belum pernah melakukan pembelian. 

Anda juga dapat melabeli pelanggan yang telah melakukan proses pembayaran belum selesai, dan lain sebagainya. Dengan label ini, akan memudahkan Anda untuk melakukan penawaran produk di masa yang akan datang.

Promosi Produk dengan WhatsApp Story

Sebagai penjual, Anda dapat mengunggah foto produk melalui WhatsApp Story. Calon pembeli yang berminat akan langsung merespons status tersebut dengan mengirimkan pesan untuk menanyakan informasi lebih lanjut. Hanya saja, kekurangannya adalah Anda harus menyimpan nomor pelanggan agar calon konsumen dapat melihat WhatsApp Story Anda. Anda juga harus memperhatikan Kapan Waktu Terbaik Posting Jualan di WhatsApp.

Memiliki Fitur Pesan Otomatis

Selain fitur greetings, WA bisnis juga memiliki fitur pesan otomatis, seperti send away message, dan quick reply. Send away message digunakan untuk membalas chat pelanggan yang masuk di luar jam operasional bisnis atau ketika Anda sedang tidak berada di tempat. Sedangkan quick reply adalah fitur balas cepat, di mana Anda dapat mengisi balasan berdasarkan kata kunci tertentu.

Memiliki Fitur Statistik Pesan

Anda dapat melihat statistik pesan berupa grafis yang mudah dipahami. Dari statistik ini Anda bisa mengetahui berapa banyak pesan yang diterima, dan dibaca oleh pengguna. Hingga pesan yang telah terkirim kepada target market. Dengan mengetahui statistik pesan ini, Anda dapat mengatur strategi digital marketing selanjutnya, yang lebih baik untuk Meningkatkan Engagement Rate.

Manfaatkan Web WhatsApp Business

WhatsApp Business dapat diakses dalam versi desktop, sehingga memudahkan Anda membalas pesan konsumen.

Membuat Grup

Melalui WA bisnis, Anda juga dapat membuat grup khusus bagi pelanggan. Bahkan bagi reseller yang mempromosikan kembali produk yang Anda jual. Dengan mengumpulkan reseller dalam satu grup akan memudahkan Anda membagikan informasi terkait promo ataupun launching produk baru.

Penggunaan WhatsApp Business dalam promosi produk memang tidak asing lagi. Aplikasi perpesanan online ini sering kali menjadi tolak ukur pelanggan dalam mempercayai suatu bisnis, sehingga mereka memutuskan untuk membeli produk Anda. 

Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan profil Anda, dan melakukan optimasi fitur yang terdapat dalam WhatsApp Business untuk mendapatkan target yang lebih luas. Optimasi juga fitur katalog agar pelanggan dapat dengan mudah mengetahui jenis produk yang dijual, lengkap dengan deskripsi dan harga.

Jangan lupa untuk mempelajari keterampilan sukses milenial (KSM) mengenai manfaat WhatsApp Business ini di QuBisa. #BelajarGakRibet dengan QuBisa bisa Anda lakukan melalui kelas online gratis maupun berbayar, webinar, hingga video microlearning.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua