Unduh Aplikasi QuBisa
Jenis pikiran manusia
Artikel
Psychology

Jenis pikiran manusia

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 234 menit membaca

Dalam menjalani hidup, manusia mengandalkan pikirannya untuk melakukan banyak hal agar bisa membuat rencana dan mencapai tujuan. Pikiran adalah gagasan mental manusia yang bisa terbentuk dari banyak hal. 

Pikiran manusia mempermudah hidup karena dapat menciptakan sesuatu yang baru dari masalah yang dihadapi. Dari pemikiran akan tumbuh energi guna menaklukkan masalah hidup. Jenis pikiran manusia terdiri dari dua bagian, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Perbedaannya seperti apa dan bagaimana kerja kedua jenis pikiran tersebut dalam diri manusia? Mari kita bahas bersama pada artikel ini.

Perbedaan Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar Manusia

Pengertian berpikir adalah proses berkembangnya ide, gagasan, konsep, hasil pikiran di dalam diri seseorang. Berpikir juga bisa dikatakan sebagai proses olah mental yang melibatkan intelektual, kesadaran, maupun imajinasi guna menghasilkan suatu keputusan untuk kemudian dilaksanakan dalam bentuk tindakan. 

Dari kegiatan berpikir inilah, Anda dapat mempresentasikan perlakuan secara efektif dan efisien yang berujung pada tujuan tertentu.

Pikiran Sadar

Pikiran sadar adalah pikiran yang digunakan manusia di berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memutuskan sesuatu dan bersikap logis. Meskipun kadarnya hanya 12%, pikiran sadar sering kali menguasai pikiran manusia. 

Hal ini terlihat ketika Anda merasa haus, maka hal pertama yang terpikirkan adalah air minum. Atau, Anda memikirkan cara memasak agar tidak gosong. Dengan kata lain, pikiran sadar adalah pemikiran Anda untuk memutuskan sesuatu demi mendapatkan solusi.

Pikiran Bawah Sadar

Pikiran bawah sadar adalah suatu prinsip yang bekerja menurut hukum keyakinan. Sebanyak 88% pikiran bawah sadar ini mengendalikan tubuh manusia. Hanya saja manusia kurang mampu mengoptimalkan potensi kekuatan pikiran bawah sadar. Padahal pikiran ini dapat mempengaruhi rantai pikiran, perasaan, dan perilaku Anda.

Pikiran bawah sadar manusia

Pikiran bawah sadar akan membantu Anda untuk selalu berada dalam posisi seimbang. Kemudian memiliki jiwa yang tenang dan dapat berpikir jernih, bukan berdasarkan emosi semata. Kekuatan pikiran bawah sadar ini luar biasa, mengandung hal positif, dan pikiran optimis

Jika Anda mengoptimalkan pikiran bawah sadar, bukan tidak mungkin hasilnya adalah kesuksesan. Secara logika, pola pikir positif akan membuat Anda berada dalam dimensi tepat dan memberi manfaat untuk berpikir lebih tenang. Selain itu, pikiran bawah sadar akan mempengaruhi:

Fungsi Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar

Fungsi Pikiran Sadar

Pikiran sadar membuat Anda bisa memikirkan banyak masalah dalam satu waktu. Hal ini terlihat secara nyata dan Anda dapat merasakannya. Ada beberapa fungsi pikiran bawah sadar.

  • Dapat mengidentifikasi informasi dari mendengar, melihat, atau sentuhan. Mendengar banyak hal dalam waktu bersamaan kadang membingungkan. Nah, pikiran sadar dapat membuat informasi teridentifikasi dengan tepat. 
  • Mampu membandingkan apa yang tersimpan di pikiran bawah sadar. Apakah Anda pernah merasakan, mendengar sebelumnya atau tidak 
  • Membandingkan dan menganalisis informasi yang didapat.
  • Dapat memutuskan apakah identifikasi informasi disetujui atau tidak.

Empat fungsi di atas sangat spesifik. Begitulah pikiran sadar manusia berproses.

Fungsi Pikiran Bawah Sadar Manusia

Pernahkah Anda menghitung berapa jumlah kedipan mata dalam sehari? Bagaimana cara menggerakkan tangan ketika memasak? Hal-hal seperti itu tak pernah terpikirkan secara detail. Inilah salah satu fungsi pikiran bawah sadar manusia. Dengan kata lain, gerakan tersebut sudah merupakan kebiasaan dan terkendali secara otomatis. Berikut fungsi pikiran bawah sadar manusia.

  • Sebagai wadah ingatan akan masa lalu dan masa sekarang. Ini bisa memicu backward dan forward thinking.
  • Berhubungan dengan kepercayaan.
  • Terkait dengan kepribadian.
  • Kebiasaan dalam keseharian.

Jenis pikiran manusia membuat Anda mengetahui bagaimana pikiran berproses untuk hal-hal baru dari kejadian lama yang sudah terjadi di masa lalu. Kekuatan dapat tercipta dari pikiran manusia. Itu sebabnya, Anda harus mengoptimalkannya menjadi inovasi yang menggairahkan hidup.

Pikiran sadar manusia

Anda juga harus memberikan asupan yang baik agar bisa selalu berpikir positif, ataupun mengendalikan emosi negatif dengan berpikir positif. Caranya, bisa dimulai dari rutin berolahraga, mengenal apa itu bahagia, membaca buku yang mengubah hidup Anda, hingga belajar dari pengalaman orang yang sukses.

Anda bisa mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pola pikir positif, kreatif, dan inovatif melalui platform e-learning QuBisa. Platform belajar online Indonesia ini menyediakan banyak paket kursus pengembangan diri, kursus online gratis, hingga webinar online yang mendukung Anda meningkatkan soft skill to power skill.

Misalnya saja seperti kursus online dan video microlearning berikut:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua