Unduh Aplikasi QuBisa
Jenis Pekerjaan yang Bisa Dicoba Generasi Milenial di Era Digital
Artikel
Business

Jenis Pekerjaan yang Bisa Dicoba Generasi Milenial di Era Digital

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Perkembangan teknologi serta informasi nyatanya tidak hanya mengubah gaya hidup, dan pengetahuan saja. Era digital turut mengubah pola pikir dan cara pandang manusia, misalnya terkait dengan profesi dan cita-cita.

Generasi muda masa kini tak hanya terpaku pada keinginan menjadi seorang abdi negara atau PNS saja sebagai pilihan pekerjaan impian. Mereka tertarik pula pada jenis pekerjaan di era digital, yaitu profesi yang turut membantu brand atau perusahaan yang sudah go digital dalam melakukan digital marketing strategist.

Lalu apa saja jenis pekerjaan di era digital yang bisa dicoba atau digandrungi oleh generasi milenial dan generasi Z? 

6 Jenis Pekerjaan di Era Digital untuk Generasi Milenial

Content Creator

Ada banyak tantangan yang dihadapi generasi milenial dalam dunia kerja. Meski begitu, mereka tetap perlu kreatif menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dengan era terkini. Maka, salah satu jenis pekerjaan di era digital untuk generasi milenial yang pertama adalah menjadi content creator

Content creator adalah seseorang yang membuat suatu konten, baik berupa foto, tulisan, atau video, yang nantinya ditayangkan atau diunggah di media sosial milik pribadi atau perusahaan. 

Ini artinya, seorang content creator dapat bekerja untuk mengembangkan media sosial miliknya sendiri atau milik suatu brand (perusahaan). Dalam dunia digital marketing, peran content creator sangat besar dalam menyediakan konten digital yang interaktif, berkualitas, dan menarik minat banyak orang.

Hanya saja, profesi yang satu ini memerlukan kreativitas tanpa batas, out of the box atau berpikir kreatif, kemampuan lifelong learning (kemampuan belajar yang tinggi), sehingga dapat memiliki ide konten kreatif untuk sosial media. Selain itu, orang yang bekerja dalam bidang ini pun harus peka pada perkembangan teknologi di sekitarnya. 

SEO Manager

Search Engine Optimization atau SEO adalah cara yang digunakan untuk mengoptimasi suatu website, agar mendapatkan peningkatan kunjungan melalui pemilihan keyword atau kata kunci yang banyak dicari orang. 

Untuk memaksimalkan penggunaan SEO dalam suatu konten, kehadiran SEO manager sangat diperlukan. Seorang SEO manager umumnya bertugas mengatur kata kunci, yang nantinya dapat berpengaruh terhadap traffic dari suatu website

Biasanya, jenis profesi era digital yang satu ini bekerja juga di perusahaan digital, start up, atau brand tertentu yang memang berfokus dalam penerapan strategi digital marketing. Jika bekerja di start up, maka mau tak mau generasi milenial perlu memahami budaya kerja di perusahaan start up.

Social Media Strategist

Jika Anda mempunyai ketertarikan dengan media sosial dan senang merencanakan serta membuat konten menarik yang kekinian, Anda bisa mencoba profesi dunia digital yang satu ini. Pekerjaan social media strategist, umumnya berkaitan dengan branding atau promosi terkait perusahaan, instansi, maupun brand, melalui media sosial. 

Seorang social media specialist tak hanya bekerja sebagai perancang strategi konten yang sedang tren di media sosial saja, namun dia juga bertugas mencari tahu cara terbaik untuk menaikkan minat audiens, dan menginformasikan semua hal terkait brand dengan cara yang tepat sasaran. 

Profesi yang satu ini menuntut kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, karena ada divisi lain yang juga berperan serta, seperti tim digital marketing, content creator, web developer, dan sebagainya. Dengan kata lain, dibutuhkan kompetensi kerja yang agile.

Head of E-Commerce

Seorang head of e-commerce secara umum bertugas mengelola semua aspek bisnis yang berhubungan dengan aktivitas perdagangan elektronik. Salah satunya, memastikan apakah suatu produk disertai konten digitalnya sudah sesuai dengan pangsa pasar atau tidak. 

Jika bekerja sebagai head of e-commerce, Anda juga harus memastikan bahwa kerja sama antara perusahaan dengan mitra dapat berjalan lancar dan terarah sesuai tujuan di awal. Di saat yang sama, hapus pula membangun kedekatan dengan konsumen.

Gaji seorang head of e-commerce terbilang besar, sesuai dengan beban tanggung jawabnya yang besar juga. Anda harus menyusun, merencanakan, dan melakukan analisis terhadap strategi bisnis agar produk bisa diterima masyarakat secara maksimal dan lebih unggul dibandingkan kompetitor. 

Anda juga harus mampu menganalisis kinerja dan traffic website, serta mengawasi pembuatan materi promosi produk-produk dalam perusahaan agar bisa menangani manajemen laba dan rugi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Head of Digital

Tugas seorang head of digital adalah bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan semua kegiatan digital yang dilakukan perusahaan, mulai dari pemasaran secara online, pembuatan aplikasi, penggunaan media sosial, pemanfaatan e-mail marketing, mendesain website, dan membuat konten pemasaran yang berkaitan dengan strategi pemasaran digital. 

UI/UX Manager

Jenis pekerjaan atau jabatan ini mulai banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Jabatan sebagai UI/UX manager memiliki bidang kerja yang berkaitan dengan aspek visual   dalam desain interface atau antarmuka suatu website dan aplikasi smartphone. Prinsipnya, UI/UX manager memastikan tingkat kenyamanan pengguna demi melancarkan branding sebuah perusahaan secara online

Tujuan didesainnya antarmuka suatu web atau situs dimaksudkan agar tampilannya lebih menarik dan sesuai bagi pengguna web atau aplikasi smartphone yang bersangkutan.  

Nah, 6 jenis pekerjaan di era digital tadi bisa dicoba oleh generasi milenial dan generasi Z, termasuk oleh Anda. Syaratnya? Tentu saja Anda harus meningkatkan kemampuan terkait pekerjaan digital yang diinginkan agar dapat menikmati salah satu posisi dari beberapa pekerjaan keren di atas. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua