Unduh Aplikasi QuBisa
5 Jenis Link yang Tidak Boleh Ada di Website Bisnis Anda
Web Development

5 Jenis Link yang Tidak Boleh Ada di Website Bisnis Anda

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Bagi Anda pemilik website yang memang benar-benar memahami teknik SEO, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya backlink. Dalam SEO off page, keberadaan backlink sangat penting karena mempengaruhi reputasi website, terutama backlink yang berkualitas tinggi. Namun jika Anda memperoleh banyak backlink bermasalah, melakukan link disavow adalah sebuah keharusan demi menjaga kualitas dan performa website Anda.

Mengenal Apa Itu Backlink dan Manfaatnya?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis link berkualitas buruk dan link disavow, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu, apa itu backlink? Dan apa itu link disavow? Pengertian link disavow adalah upaya menolak link alias tautan yang mengarah ke website Anda. Layanan ini disediakan oleh Google lewat Google Search Console (GSC). Menggunakan tools ini, Anda bisa menolak backlink-backlink yang dianggap buruk agar tidak mempengaruhi website.

Apakah artinya menanam backlink di website lain itu berbahaya? Jawabannya adalah jika terlalu banyak, sudah pasti berbahaya, dan bisa membuat Google menolak melakukan crawling dan indexing di mesin pencarian. Artinya, akan berdampak buruk pula pada strategi SEO yang Anda terapkan.

Anda harus tahu bahwa backlink dari sebuah website yang menuju website Anda sejumlah 1-5 kali itu masih dianggap normal. Namun jika mencapai 100 kali backlink, itu merupakan tindakan spam. Kalau lebih dari 1.000 kali backlink, maka bisa dikatakan SEO poisoning.

Kondisi ini jelas menjadi dilema, karena bagi banyak praktisi SEO, backlink atau inbound link merupakan salah satu teknik optimasi SEO terpenting. Hal ini memang benar. Hanya saja, Anda harus memastikan backlink yang menuju ke website Anda berkualitas tinggi. Lalu, bagaimana kalau ditemukan backlink berkualitas rendah? Terpaksa Anda harus melakukan disavow link supaya website Anda tidak terkena hukuman Google. Untuk itulah, Anda perlu tahu jenis-jenis link yang tidak boleh ada di website Anda.

5 Jenis Link yang Tidak Boleh Ada di Website Bisnis Anda dan perlu didisavow adalah backlink spam di kolom komentar

5 Jenis Link yang Tidak Boleh Ada di Website Bisnis Anda

Tautan di Komentar

Jenis tautan pertama yang bisa Anda disavow adalah tautan yang berada di kolom komentar. Kondisi ini memang bikin kesal para pemilik website, karena mendadak kolom komentar atau forum diskusi pada sebuah artikel dipenuhi komentar banyak orang asing sambil menyematkan tautan. Jika tautan-tautan pada komentar ini Anda biarkan, maka bukan tak mungkin akan dianggap spam yang akhirnya merugikan Anda.

Anda tentu bisa menghilangkan link-link tersebut lewat upaya disavow di GSC atau melakukannya secara manual. Caranya, dengan menghapus komentar yang menyertakan tautan asing atau tautan dari orang tidak bertanggung jawab. Cara lain, Anda bisa memberikan peringatan agar pengunjung website dilarang menuliskan link di kolom komentar.

Tautan Domain Kadaluarsa

Yang namanya domain memang perlu diperpanjang setiap tahun. Hanya saja ada banyak domain yang sudah kadaluarsa sehingga website itu tak bisa diakses lagi. Menjadi berbahaya kalau ternyata Anda pernah menanam backlink di domain expired tersebut. Backlink yang berada di domain kadaluarsa tidak berguna dan harus di-disavow supaya tidak mengganggu kualitas website milik Anda.

backlink bermasalah dan harus segera dilakukan link disavow adalah tautan dari expired domain

Tautan Situs Kualitas Rendah

Website saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama, baik bagi penggunaan personal maupun untuk operasional bisnis. Apalagi saat ini jumlah pengguna internet sangat banyak dan mereka sering mengakses internet untuk mencari informasi tertentu. 

Itu pula sebabnya, jumlah website juga mengalami peningkatan sehingga persaingan di mesin pencari jadi semakin ketat. Nah, persaingan dalam memperebutkan posisi halaman pertama di mesin pencarian membuat oknum-oknum tak bertanggung jawab nekat melakukan aksi serangan SEO negatif.

Biasanya oknum-oknum ini dengan sengaja memasang tautan menuju website Anda di situs-situs yang berkualitas rendah, seperti situs berisi konten ilegal, domain dengan otoritas rendah, hingga banyak spam link keluar. Bisa ditebak, website bisnis bisa bermasalah dan mau tak mau Anda wajib melakukan link disavow secara masif.

Tautan Berbayar

Bagi mereka yang enggan repot-repot pasang backlink, biasanya menggunakan jasa jual-beli tautan berbayar. Anda bisa memasang backlink di website dengan DA, PA atau DR tinggi dengan cara membayar sesuai kesepakatan dengan status dofollow. Sayangnya, lambat laun backlink yang tadinya dofollow bisa jadi berubah nofollow. Tentu hal ini akan merugikan Anda. 

Dengan memahami pentingnya link disavow dan beberapa jenis tautan yang terpaksa ditolak, artinya Anda bisa melakukan optimasi SEO off page secara maksimal. Jangan diremehkan, keberadaan SEO off page mampu memberikan koreksi peringkat website yang cukup signifikan, sehingga membuatnya sama pentingnya dengan kaidah-kaidah SEO on page. Periksa secara berkala performa website Anda termasuk kualitas backlink sehingga reputasi website tetap terjaga dengan baik.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua