Unduh Aplikasi QuBisa
Jenis Iklan di TikTok Ads untuk Promosi Efektif
Artikel
Social Media Marketing

Jenis Iklan di TikTok Ads untuk Promosi Efektif

Punto Wicaksono21 Apr 233 menit membaca

TikTok ads adalah platform untuk memasang iklan yang disediakan oleh TikTok dan memungkinkan kamu memasang iklan sendiri sesuai kebutuhan. 

Pada TikTok ads, terdapat berbagai jenis iklan yang bisa kamu pilih, mulai dari In-feed ads, Brand Takeovers, Top View, Hashtag Challenges, dan Branded Effects.

Supaya iklan yang kamu pasang sesuai kebutuhan, pelajari dulu yuk jenis iklan yang tersedia di TikTok ads.

5 Jenis Iklan di TikTok Ads yang Wajib Kamu Tahu

1. In-feed Ads

In-feed ads adalah iklan yang serupa dengan video TikTok biasa, tetapi ditandai dengan label “Bersponsor”. 

Durasi iklan ini bisa hingga 60 detik dan dapat menyertakan berbagai tombol CTA, seperti “Pelajari Lebih Lanjut” atau “Beli Sekarang”.

Kamu bisa menggunakan in-feed ads untuk menargetkan audiens tertentu berdasarkan minat, perilaku, dan lokasi mereka. 

2. Top View Ads

Iklan top view adalah iklan yang ditampilkan pada halaman awal TikTok selama 60 detik. Iklan ini sangat efektif untuk memperkenalkan produk atau layanan kepada pengguna TikTok.

Iklan top view TikTok

3. Brand Takeovers Ads

Brand takeovers ads adalah iklan layar penuh yang muncul ketika pengguna membuka aplikasi TikTok. Iklan ini dapat berupa gambar, video, dan GIF, serta dapat ditautkan ke tantangan hashtag atau halaman arahan. 

Pengambilalihan merek atau brand takeover merupakan cara efektif untuk menarik perhatian pengguna dan mempromosikan produk atau layanan bisnis yang berfokus pada peningkatan brand awareness.

4. Hashtag Challenges Ads

Hashtag challenges adalah iklan yang mendorong pengguna TikTok untuk membuat dan membagikan video menggunakan tagar tertentu. 

Jenis iklan ini banyak digunakan brand atau perusahaan yang sedang mempromosikan produk atau layanan bisnis mereka. Agar banyak yang mengikuti hashtag challenges ini, biasanya brand juga menyediakan berbagai hadiah bagi pesertanya.

5. Branded Effects Ads

Branded effects adalah iklan yang menggunakan filter augmented reality. Efek ini dapat mencakup grafik 2D atau 3D, animasi, dan elemen interaktif. 

Biasanya, juga dilengkapi dengan logo atau merek dari brand. Tujuannya, agar pengguna TikTok mengenal brand yang sedang menyelenggarakan kampanye iklan.

Keuntungan Menggunakan TikTok Ads

Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu dapatkan jika menggunakan TikTok ads untuk mempromosikan bisnis, di antaranya:

keuntungan yang dapat kamu dapatkan jika menggunakan TikTok ads

1. Iklan Dapat Menjangkau Audiens Secara Lebih Luas

TikTok memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Dengan menggunakan TikTok ads, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas daripada hanya mengandalkan konten organik.

2. Iklan Lebih Targeted

Penargetan iklan lebih terarah dan efektif. Sebab, kamu bisa menargetkan iklan berdasarkan usia, jenis kelamin, minat, lokasi geografis, dan banyak lagi. 

Cara ini sudah banyak terbukti dapat menarik perhatian lebih banyak pengguna TikTok dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri.

3. Iklan Lebih Menarik dan Inovatif

TikTok ads memungkinkan kamu membuat iklan yang lebih menarik dan inovatif. Kamu dapat menggunakan musik, filter, dan efek khusus untuk membuat iklan lebih menarik dan unik.

Pengaturan Akun untuk TikTok Ads

Untuk bisa memasang iklan di TikTok ads, maka ada beberapa pengaturan yang harus kamu lakukan. Berikut langkah-langkah memasang iklan di TikTok ads:

  1. Buka situs web Iklan TikTok dan klik “Buat Iklan”.
  2. Daftar dengan email atau nomor telepon.
  3. Isi informasi yang diperlukan dan buat akun.
  4. Buat kampanye dan pilih jenis iklan yang ingin dijalankan.
  5. Tetapkan opsi penargetan, termasuk lokasi, usia, jenis kelamin, minat, dan perilaku.
  6. Tetapkan anggaran dan tawaran untuk penempatan iklan.
  7. Buat iklan dan unggah ke platform.
  8. Luncurkan kampanye iklan.

Agar semakin yakin untuk menggunakan TikTok ads sebagai salah satu cara promosi produk yang menguntungkan, kamu juga bisa membaca artikel berikut: Mau Promosi Produk di TikTok? Cek di Sini Caranya, Yuk.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua