Unduh Aplikasi QuBisa
Jenis dan Teknik Pencahayaan dalam Fotografi
Content Marketing

Jenis dan Teknik Pencahayaan dalam Fotografi

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Fotografi adalah kegiatan melukis dengan menggunakan cahaya. Jadi, tak heran kalau pencahayaan merupakan aspek penting yang perlu Anda perhatikan dalam kegiatan memotret. Tanpa adanya cahaya, fotografi tidak akan pernah ada. Terdapat 2 jenis pencahayaan dalam fotografi, yaitu cahaya alami (available light) dan cahaya buatan (artificial light).

Perbedaan Cahaya Alami dan Cahaya Buatan

Cahaya alami tentu saja bersumber dari sinar matahari dan paling disukai para fotografer profesional. Anda  bisa memanfaatkan pencahayaan alami di luar ruangan dan di dalam ruangan (biasanya dekat jendela). Sementara cahaya buatan berasal dari alat atau benda, seperti lampu studio, cahaya lilin, hingga flash. Di sisi lain, Anda juga bisa menggabungkan kedua pencahayaan ini saat memotret.

Selain jenis pencahayaan, berdasarkan arah datangnya cahaya, ada beberapa teknik fotografi yang bisa diterapkan. Teknik fotografi ini bertujuan membantu Anda dalam proses pengambilan gambar, apa pun objeknya. Jadi, Anda bisa mendapatkan hasil yang baik atau maksimal, atau fotografi like a pro sesuai harapan Anda.

5 Teknik Pencahayaan yang Paling Umum Digunakan

Ada banyak teknik pencahayaan dalam fotografi. Namun, untuk teknik dasar, setidaknya ada 5 yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut.

Teknik Front Light

Sesuai dengan namanya, teknik front light dalam fotografi adalah lighting yang memanfaatkan arah cahaya dari belakang fotografer. Dengan kata lain antara cahaya dan area fokus utama objek saling berhadapan yang datang saling berhadapan. Menggunakan teknik front light akan membuat objek mendapatkan pencahayaan penuh. Kelemahan dari teknik front light ini bisa menyebabkan objek utama terkesan flat atau datar, tanpa adanya dimensi.

Teknik Pencahayaan yang Paling Umum Digunakan

Teknik Oval Light

Teknik oval light adalah teknik pencahayaan dengan memanfaatkan cahaya yang datang dari sudut 45º pada posisi fotografer. Kemudian bisa juga mengandalkan arah cahaya 3/4 dari posisi objek yang akan diabadikan. Sebenarnya, teknik oval light bermanfaat supaya objek tidak kehilangan karakter warna meski dimensi pada objek dimunculkan. Teknik oval light banyak digunakan dalam studio. Anda bisa menggunakan reflector untuk membantu proses pengambilan gambar.

Teknik Side Light

Memanfaatkan arah cahaya yang datang tepat di samping objek, supaya bayangan berada di posisi lainnya merupakan teknik side light. Kegunaan teknik fotografi yang satu ini adalah memunculkan tekstur dari objek yang akan Anda ambil gambarnya. Tak hanya memanfaatkan pencahayaan alami. Teknik side light juga bisa Anda gunakan untuk pemotretan di studio foto.

Foto siluet diambil menggunakan teknik back light

Teknik Back Light

Anda pasti sering menemukan hasil foto siluet yang keren, bukan? Foto siluet diambil menggunakan teknik back light. Teknik fotografi yang satu ini memanfaatkan cahaya yang datang dari belakang objek. Bisa dikatakan, fotografer berhadapan langsung dengan objek yang membelakangi sumber cahaya. Teknik back light bertujuan memperlihatkan bentuk objek secara menyeluruh atau utuh. Teknik ini juga bisa digunakan untuk berbagai objek, tak hanya manusia saja.

Teknik Existing Light

Tidak hanya berasal dari samping, depan, atas, maupun belakang. Teknik existing light dalam fotografi adalah teknik pencahayaan dari benda di sekitar objek,  yang bisa memantulkan cahaya. Umpamanya meja dengan permukaan terang atau bisa pantulan cahaya lantai. Sumber cahaya yang banyak dan berasal dari berbagai sudut, Anda mempunyai lebih banyak kesempatan untuk berkreasi dengan proses pengambilan gambar.

Kelima teknik dasar ini tak hanya berguna dalam memotret menggunakan kamera profesional, seperti DSLR dan Mirrorless. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakannya dalam smartphone photography. Mengingat, kamera smartphone saat ini semakin berkualitas baik, termasuk dari segi bukaan kameranya atau aperture.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua