Unduh Aplikasi QuBisa
Konten Pilar: Jenis dan Manfaat Konten Pilar Bagi Performa Website
Artikel
Content Marketing

Konten Pilar: Jenis dan Manfaat Konten Pilar Bagi Performa Website

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Setiap konten yang Anda bagikan di website harus memiliki manfaat bagi pembaca. Maka sebagai upaya memberikan yang terbaik bagi audiens maupun pembaca setiap website, Anda perlu memiliki dan membuat konten pilar. Karena, konten yang berkualitas tidak hanya menghibur, tetapi harus bisa mengedukasi, memberikan manfaat, dan memberikan solusi atas berbagai pertanyaan maupun masalah yang sedang dihadapi pembaca.

Apa Itu Konten Pilar?

Konten pilar adalah pondasi dasar suatu konten yang mampu memberikan jawaban detail terhadap pertanyaan yang sedang dicari audiens. Bisa dikatakan, konten pilar dapat memberikan value kepada audiens dan meningkatkan ranking website di search engine Google.

Dasar-dasar Konten Pilar

Adapun dasar-dasar konten pilar yang harus Anda ketahui, di antaranya:

  • Memberikan jawaban terhadap pertanyaan audiens yang detail dan akurat.
  • Memberikan manfaat untuk jangka waktu yang lama sehingga tidak hanya menulis artikel berkualitas, melainkan memberikan impact yang besar terhadap audiens.
  • Menjadi kombinasi terbaik antara upaya membangun kepercayaan yang lebih dengan ketersediaan konten yang bermanfaat dan menarik.

Penggunaan konten pilar lebih ideal diaplikasikan untuk postingan artikel. Karena melalui artikel, Anda bisa memberikan informasi tentang banyak hal secara lebih rinci dan detail. Di saat yang sama, artikel juga berguna untuk melengkapi dan mendukung kegiatan promosi di media sosial yang Anda lakukan.

manfaat konten pilar untuk meningkatkan performa website dan memberikan impact

Manfaat Konten Pilar

Sebagai dasar dari pembuatan sebuah konten yang berkualitas, masih banyak manfaat konten pilar yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  • Meningkatkan traffic website dan ranking pencarian Google.
  • Audiens akan betah mengunjungi website Anda dan dengan senang hati berselancar di banyak postingan yang tersedia di situs web Anda.
  • Menjadi website rujukan karena konten-konten yang Anda sediakan di website mampu menjawab setiap pertanyaan yang tengah mereka cari.
  • Konten pilar menjadi media pemasaran gratis karena tidak menutup kemungkinan audiens akan merekomendasikan website Anda kepada orang lain.
  • Konten pilar merupakan konten evergreen yang bisa bertahan lama.

Jenis Konten Pilar

Di atas Anda sudah mengetahui apa itu konten pilar dan manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan konten dasar ini. Untuk memudahkan dalam menggunakan konten pilar, berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis konten pilar.

Functional Content

Jenis konten ini cocok Anda gunakan sebagai media informasi mengenai bisnis, produk, layanan yang tersedia, maupun jasa. Selain itu, functional content bisa pula berupa konten promosi, konten Unique Selling Point (USP), konten yang berisi cara menggunakan produk, dan testimoni dari pelanggan.

jenis-jenis konten pilar salah satunya creative content

Educative Content

Sesuai namanya, educative content berfungsi untuk memberikan edukasi kepada audiens. Misalnya, informasi produk dari ahlinya langsung, membuat infografis, dan konten edukasi lainnya.

Creative Content

Konten kreatif dibuat untuk menciptakan imajinasi dan inspirasi kepada pembaca. Konten kreatif menggunakan bahasa santai, ringan, dan tidak kaku.

Agile Content

Pembuatan agile content biasanya berhubungan dengan issue hangat, topik yang sedang viral, atau mengangkat tema berhubungan dengan hari besar. Sebagai contoh, ketika perayaan Natal dan Tahun Baru, maka Anda membuat konten yang berkaitan dengan Natal dan Tahun Baru.

Membuat konten berkualitas tidak hanya untuk meningkatkan konversi pengunjung, namun juga untuk mendapatkan banyak like maupun kunjungan. Selain itu, konten Anda harus mampu memberikan informasi yang akurat dan mampu menjawab permasalahan audiens, serta dapat membangun kepercayaan yang besar untuk menghasilkan value dan engagement.

Feedback besar dari audiens adalah ketika konten Anda menjadi rujukan dan direkomendasikan kepada orang lain. Untuk membangun hal tersebut, Anda perlu menggunakan konten pilar sebagai dasar dalam pembuatan setiap konten.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua