Unduh Aplikasi QuBisa
Jenis dan Contoh Aplikasi HRIS untuk Bisnis
Artikel
HR Management

Jenis dan Contoh Aplikasi HRIS untuk Bisnis

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Human resources information system atau HRIS adalah sistem informasi yang bisa membantu mengotomatisasi pekerjaan HR yang bersifat administratif, seperti rekap absensi dan administrasi penggajian. Beberapa manfaat aplikasi HRIS, di antaranya memaksimalkan pengelolaan data karyawan, mengurangi human error, dan memantau kinerja karyawan. Anda bisa menyesuaikan penggunaan software HRIS berdasarkan jenisnya. Berikut 3 jenis HRIS yang perlu Anda pahami.

Jenis HRIS Berdasarkan Fungsi

Human Resources Information System (HRIS)

Aplikasi HRIS bisa membantu perusahaan agar lebih mudah dalam membuat, mengakses, hingga mengelola informasi seluruh karyawan. Fitur dalam aplikasi HRIS bisa mempermudah dalam melakukan rekrutmen dan melacak informasi calon karyawan menggunakan sistem ATS friendly. HR juga bisa membuat program training atau pelatihan karyawan, menyusun alur kerja dan melakukan manajemen absensi berikut pengelolaannya. Pembuatan laporan tahunan juga semakin mudah.

Human Capital Management (HCM)

Human capital management atau HCM adalah aplikasi yang lebih besar dari software HRIS. Selain memiliki fitur yang ada di HRIS, HCM juga menawarkan fitur manajemen bakat, seperti perencanaan suksesi perusahaan, perencanaan gaji, onboarding karyawan, pengelolaan HR secara global, dan analisis data.

Human Resources Management System (HRMS)

HRMS adalah software yang memadukan HRIS dengan beberapa elemen solusi di HCM. Fungsi human resources management system, yaitu membantu mengelola manajemen waktu kerja yang terintegrasi dengan pengelolaan gaji karyawan. Umumnya HRMS mempunyai 2 karakteristik, yaitu payroll serta manajemen waktu dan tenaga kerja.

HRIS berdasarkan ruang lingkup operasionalnya

Jenis HRIS Berdasarkan Ruang Lingkup

Di Indonesia, jenis software HRIS berdasarkan ruang lingkup operasionalnya terdiri atas Operational HRIS, Tactical HRIS, Strategic HRIS, dan Comprehensive HRIS. Berikut perbedaannya:

  • Operational HRIS artinya sistem operasional yang menyediakan seluruh data karyawan di perusahaan. Ada employee information system (EIS), position control system (PCS), dan performance management information system (PMIS). Kemudian applicant selection and placement information (ASPIS) dan government reporting and compliance information system.
  • Tactical HRIS membantu manajemen HR saat mengambil keputusan rekrutmen karyawan, job analysis and design information system, recruiting information system, compensation and benefits information systems.
  • Strategic HRIS lebih fokus pada negosiasi, perencanaan, hingga proses pengembangan karyawan. Software HRIS di sini bisa digunakan untuk posisi tertentu. Jenis Strategic HRIS lainnya adalah information system supporting workforce planning. Lalu ada compensation and benefits information systems. Ada juga employee training and development.
  • Comprehensive HRIS merupakan sistem yang pengoperasiannya bertujuan mengoptimalkan data dan posisi karyawan, analisis rencana kerja, dan mendeskripsikan pekerjaan setiap posisi. Data-data tersebut akan dikelola dan menghasilkan data yang komprehensif.
Implementasi Aplikasi HRIS

Contoh Aplikasi HRIS yang Banyak Digunakan

Uzio

Uzio adalah aplikasi yang menggunakan sistem operasi berbasis cloud based, sehingga cocok untuk berbagai tipe bisnis. Anda yang memiliki bisnis UMKM dan usaha kecil menengah juga bisa mencoba memanfaatkannya. Sebagai software yang harganya terjangkau, Uzio mempunyai fitur employee onboarding, time & attendance management, record management, dan lainnya.

EnterpriseAxis

Aplikasi EnterpriseAxis dikenal sebagai sistem software as a service atau SaaS. Fiturnya yang cukup lengkap akan membantu tim HR dalam mengelola data yang berkaitan dengan sumber daya manusia perusahaan. Hanya saja, aplikasi HRIS yang satu ini mempunyai kelemahan di sisi user experience atau UX.

Sapling

Apabila Anda memiliki bisnis berskala internasional atau memiliki kantor cabang di negara yang berbeda, Anda bisa mencoba menggunakan Sapling sebagai software HRIS di kantor. Sapling menyediakan tool workflow assignment yang dapat terintegrasi dengan software lain, seperti applicant tracking system, payroll software, time tracking software, dan lainnya.

Human resource information system atau HRIS adalah sistem informasi yang bisa membantu mengotomatisasi data administrasi di bagian HR. Ini tentunya dapat meringankan beban kerja HR untuk urusan administrasi, sehingga HR lebih memiliki banyak waktu untuk merencanakan program pengembangan karyawan. Berikut beberapa strategi program pengembangan di perusahaan yang bisa Anda pelajari di aplikasi siap kerja QuBisa:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua