Unduh Aplikasi QuBisa
Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang
Investing & Trading

Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Pernah mendengar istilah investasi? Bagi sebagian orang, investasi menjadi sesuatu yang amat penting kalau dilihat dari manfaatnya. Lalu bagaimana dengan jenis-jenis investasi jangka panjang? Pernahkah Anda terpikir untuk mengetahuinya lebih dalam? 

Investasi merupakan penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva, dalam jangka waktu lama. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan. Investasi terbagi menjadi dua, investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Nah, sebelum terjun langsung dalam bidang investasi yang menggiurkan, akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu seperti apa seluk-beluknya.

Investasi Jangka Panjang yang Bisa Anda Coba

Beberapa investasi paling menguntungkan memang membuat banyak orang tertarik untuk menggelutinya. Investasi jangka panjang merupakan penanaman aset dalam jangka waktu lebih dari satu tahun, bahkan lebih bertujuan untuk menguasai perusahaan lain. 

Berbeda dengan investasi jangka pendek yang hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun untuk mendapatkan keuntungan atau mencairkan dana. Tertarik melakukan investasi jangka panjang? Anda bisa melihat jenis investasi di bawah ini.

Emas bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang yang menguntungkan

Emas

Anda pastinya tahu, emas menjadi salah satu instrumen investasi yang menguntungkan. Terbukti dengan harga yang selalu mengalami peningkatan secara signifikan. Lebih menariknya lagi, emas memiliki daya likuiditas sangat tinggi. Memiliki emas tak ubahnya memiliki investasi jangka panjang yang aman. 

Ketika Anda membutuhkan dana untuk sesuatu yang mendesak, Anda bisa langsung mencairkannya menjadi uang tunai, sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan. Apabila Anda ingin berinvestasi emas pun sangat mudah. 

Di kalangan ibu rumah tangga, umumnya membeli emas dalam bentuk perhiasan. Baik untuk disimpan atau kadang dipakai. Sedangkan untuk saat ini, investasi emas bisa dalam bentuk batangan ataupun koin.

Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu investasi jangka panjang yang tepat untuk pemula, yang ingin mulai berinvestasi. Reksa dana secara khusus adalah saham. Dalam artian, mengalokasikan dana investor ke pasar modal. Keuntungannya pun memang sangat menggoda.

Properti

Properti menjadi pilihan menarik ketika Anda ingin investasi jangka panjang. Hanya saja, berinvestasi pada tanah beserta bangunannya tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Nilai jual tanah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Jadi tidak heran, orang yang memiliki dana berlebih, dan mampu membeli tanah, akan lebih aman berinvestasi karena saat membutuhkannya hanya tinggal menjualnya. 

Di kawasan perkotaan, bangunan properti lebih menguntungkan disertai harga fantastis, terlebih tanah di pinggir jalan besar. Selain itu, investasi rumah atau apartemen menjadi kebutuhan primer yang wajib dimiliki.

Saham

Likuiditas saham yang tinggi tentunya akan menguntungkan untuk Anda yang memiliki banyak saham. Lagi pula, investasi jangka panjang berupa saham akan mendapatkan keuntungan besar. 

Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya mempelajari dulu pergolakan saham seperti apa. Dengan mengetahuinya secara detail, Anda mampu menghindari kerugian yang mungkin terjadi karena ketidaktahuan ketika memulainya.

Selain properti Anda bisa mencoba berinvestasi jangka panjang melalui investasi saham

Obligasi

Obligasi memang tidak terlalu familiar selayaknya saham dan properti. Obligasi merupakan surat utang yang dipinjamkan kepada pemberi pinjaman. Ada jangka waktu dalam obligasi ini, mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun. 

Investasi jangka panjang memang banyak ragamnya. Anda bisa memilih yang sekiranya sesuai dan mampu melakukannya. Sebelum bergelut dengan segala investasi jangka panjang di atas, lebih baik mempelajari lebih detail agar hasilnya maksimal. 

Tak kalah penting, Anda harus memantapkan tujuan investasi itu sendiri. Apakah untuk mempersiapkan pendidikan anak hingga perguruan tinggi, dan melindungi kekayaan yang telah ada sekarang ini. Atau justru mempersiapkan dana pensiun supaya masa tua lebih terjamin, maupun tujuan lainnya. 

Tujuan yang jelas akan membantu Anda menentukan investasi jangka panjang yang cocok untuk digeluti lebih jauh. Bertanya kepada orang yang telah berpengalaman atau mencoba berbagai kursus online gratis maupun berbayar, serta mengikuti webinar gratis mengenai investasi juga sangat bagus untuk dilakukan sebelum Anda mulai berinvestasi.

Setelah tahu investasi jangka panjang dan jenisnya seperti apa, selanjutnya Anda tinggal menyesuaikan tujuan, dana, dan kemampuan Anda dalam berinvestasi. Usahakan memiliki pengetahuan dan ilmunya sebanyak mungkin terlebih dahulu supaya Anda tidak salah pilih instrumen investasi. Selain itu, ini juga menjadi satu upaya agar investasi yang Anda lakukan bisa mendatangkan keuntungan sesuai harapan.

Ketika memutuskan untuk belajar berinvestasi, Anda pun harus terlebih dahulu mampu mengelola keuangan dan menyiapkan dana darurat. Cobalah mengikuti berbagai kursus online, serta webinar online terkait perencanaan keuangan dan investasi. Misalnya saja kursus Tips Jitu Mengatur Keuangan Pribadi Secara Efektif yang ada di QuBisa dengan harga yang terjangkau, Rp. 80.000,-

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua