Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Integritas dan Sikap yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin
Leadership

Pengertian Integritas dan Sikap yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 236 menit membaca

Bagi suatu organisasi atau perusahaan, individu yang memiliki integritas sudah pasti menjadi harapan dan biasanya akan mudah mendapatkan promosi jabatan menjadi seorang pemimpin. 

Mengapa orang yang memiliki integritas seperti ini layak menjadi pemimpin? Pemimpin memiliki peran penting dan merupakan penggerak utama di dalam organisasi perusahaan. Pemimpin memegang otoritas tertinggi dan menjadi kunci keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan.

Mengenal Pengertian Integritas

Integritas diambil dari bahasa Latin, yaitu integer. Artinya sikap seseorang dalam mempertahankan prinsip, tidak mau korupsi, dan hal tersebut melekat dalam dirinya sebagai nilai-nilai moral. Beberapa sumber mendefinisikan integritas diri sebagai nilai, komitmen, dan konsistensi seorang individu terhadap pekerjaannya. 

Secara umum, pengertian integritas adalah perilaku kebaikan, kejujuran, dan bermoral. Maknanya juga sering kali dihubungkan dengan pencegahan korupsi. Oleh sebab itu, implementasi integritas dalam perilaku kerja sangat diperlukan untuk menciptakan dan meningkatkan kinerja perusahaan dengan cara yang efektif dan memiliki keuangan yang sehat. 

Dalam buku Andreas Harefa berjudul Manusia Pembelajar, dijelaskan bahwa pengertian integritas dibagi menjadi 3 kunci yang dapat diamati, yaitu:

Menunjukkan Kejujuran atau Demonstrate Honesty

Seseorang yang memiliki integritas dalam bekerja pasti memiliki sikap jujur dan benar, menyampaikan informasi dengan lengkap, akurat, dan dapat bekerja sama dengan orang lain. Memang kadang ada saja alasan seseorang melanggar kejujuran dan amanah. Nah inilah yang harus dicari penyebabnya dan dilakukan pencegahan agar tidak merugikan perusahaan.

Memenuhi Komitmen atau Keeping Commitment

Sikap integritas dapat dilihat dari perilaku seseorang yang tidak membocorkan rahasia dan selalu melakukan apa yang ia janjikan. Dalam hal ini, Anda sebagai karyawan maupun sebagai pemimpin dituntut untuk memiliki komitmen dalam bekerja.

Pentingnya komitmen sebagai seorang pemimpin

Pada microlearning di QuBisa platform belajar online Indonesia, juga tersedia pula bahasan mengenai komitmen secara lebih spesifik dan bisa Anda pelajari, yaitu:

Konsisten atau Behave Consistently

Integritas pemimpin menunjukkan tidak adanya kesenjangan antara ucapan dan perbuatan. Di sisi lain, konsisten dalam bekerja juga berlaku untuk berbagai perilaku lainnya, seperti:

Sikap yang Harus Dimiliki Pemimpin

Setelah memahami pengertian integritas, bisa disimpulkan bahwa integritas dalam diri sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin, sebagai karyawan yang layak mendapatkan promosi, serta untuk mencapai sukses di segala bidang. Berikut ini beberapa sikap yang perlu dimiliki jika Anda ingin menjadi pemimpin berintegritas, di antaranya:

Datang Tepat Waktu

Salah satu prinsip integritas adalah bersikap dan berperilaku sesuai dengan dasar moral dan akhlak yang tinggi, Hal ini dapat dilihat dari bagaimana seseorang menjalankan peraturan dengan baik. 

Seorang pemimpin yang berintegritas memiliki konsistensi dan komitmen yang tinggi terhadap waktu. Mereka sangat menghargai waktu, pandai mengelola waktu, baik untuk diri sendiri, orang lain, maupun bagi perusahaan tempatnya bekerja. 

Dengan selalu datang tepat waktu, orang-orang di sekitarnya akan merasa bahwa Anda punya sikap disiplin dan dapat diandalkan. Oleh sebab itu, bangunlah integritas diri Anda dengan menerapkan kebiasaan datang tepat waktu.

Taat Peraturan

Seperti dipaparkan sebelumnya, untuk menjadi pemimpin yang berintegritas, Anda harus taat peraturan. Hal ini sesuai dengan makna integritas sebenarnya, yang artinya adalah perilaku atau sikap yang baik. 

Individu yang memiliki integritas tidak akan melanggar kebijakan perusahaan, justru selalu menjadi teladan dalam lingkungan. Jika menjadi seorang pemimpin, Anda pasti sadar bahwa peraturan sangat penting ditaati demi kemajuan perusahaan.

Sifat pemimpin dapat menggambarkan kesuksesan anggota timnya

Selain taat peraturan, ada beberapa rahasia menjadi pemimpin dalam waktu singkat. Rahasia tersebut antara lain:

Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab juga merupakan salah satu sikap dari pemimpin yang berintegritas. Meskipun tugas seorang pemimpin berat, Anda butuh mental yang tangguh dan semangat yang pantang menyerah untuk mengatasi berbagai situasi yang terjadi, mampu menemukan solusi untuk setiap masalah, dan bisa menyelesaikan masalah dengan cepat. 

Itulah beberapa hal mengenai pengertian integritas di dalam diri dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Integritas akan menjaga Anda agar tetap berperilaku baik dalam mencapai sesuatu, tidak mudah korupsi, dan tidak menyalahgunakan wewenang serta kekuasaannya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua