Unduh Aplikasi QuBisa
Ide Bisnis kreatif yang Menguntungkan Tahun Ini
Home Business

Ide Bisnis kreatif yang Menguntungkan Tahun Ini

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Salah satu cara untuk bisa menjadi wirausahawan atau pebisnis yang memulai bisnis adalah memiliki kreativitas tinggi sehingga lebih mudah menemukan ide usaha yang tidak ada habisnya. Apalagi di era industri 4.0 di mana setiap hari bermunculan usaha ekonomi kreatif.

Jika Anda tidak mampu mengikuti perkembangan zaman atau membuat gebrakan baru untuk usaha Anda, maka siap-siap saja usaha yang sedang dijalankan tergerus waktu dan akhirnya tersingkirkan dari persaingan bisnis yang semakin ketat.

Daftar Ide Usaha Kreatif yang Patut Dicoba

Apakah Anda siap untuk terjun langsung ke dunia bisnis kreatif? Jika iya, apakah Anda sudah memiliki ide bisnis kreatif? Berikut ini beberapa ide bisnis yang cocok untuk para wirausahawan kreatif dan bisa dijadikan inspirasi bisnis menguntungkan di tahun ini 

Custom Candle

Jika Anda memiliki akun TikTok atau Instagram, Anda pasti pernah melihat entrepreneur dengan produk homemade custom candle. Belakangan ini, usaha homemade candle yang bisa di-custom sedang trend. Banyak wirausahawan muda yang memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis dengan produknya lilin beragam bentuk dan ukuran. Anda juga bisa menambahkan aromaterapi yang menenangkan atau berbagai kejutan unik di dalam lilin, yang akan muncul saat lilin meleleh.

Apa yang harus dilakukan untuk bisa memulai bisnis homemade yang kreatif dan unik? Pelajari cara membangun bisnis dari beberapa kursus online gratis berbentuk microlearning di aplikasi belajar online QuBisa:

ide bisnis kreatif salah satunya dengan membuat buku anak berupa busy book

Buku Anak Kreatif

Jangan salah, belakangan ini dunia parenting pun makin berkembang dan makin banyak orang tua milenial yang menerapkan stimulasi anak sejak dini menggunakan buku. Ini bisa jadi peluang bisnis asalkan Anda mampu menemukan ide bisnis kreatif yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Salah satu ide bisnis yang sayang untuk dilewatkan adalah membuat busy book, yaitu buku anak kreatif yang membantu memberikan stimulasi otak sesuai usia anak. Bisnis ini akan semakin memiliki peluang untuk sukses kalau Anda juga tertarik dengan dunia anak-anak, rutin mengikuti seminar parenting, paham dan memiliki pengetahuan mengenai tahapan perkembangan anak dan stimulasi yang sesuai dengan usia mereka. 

Bisnis Cetak 3D

Untuk memulai usaha ekonomi kreatif, misalnya membuka bisnis cetak 3D, Anda harus memiliki basic artistik terlebih dahulu. Selain itu, Anda perlu menguasai perangkat lunak untuk kemudian mencetak karya tertentu dalam bentuk 3D. Contohnya, Anda memiliki keahlian menggambar, melukis, ukiran, atau patung. Kemudian Anda mendesain karya menggunakan perangkat lunak. Setelah jadi, karya Anda tersebut bisa dicetak menggunakan printer 3D untuk mewujudkannya ke bentuk fisik. Proses ini sangat praktis dan hemat biaya, terlebih untuk proyek besar yang produksinya langsung dilakukan dalam jumlah banyak.

Agar bisnis ini bisa berjalan lancar, coba perhatikan beberapa hal berikut:

cara memulai bisnis dengan ide bisnis kreatif bisa membangun bisnis desain grafis

Desain Grafis

Mengingat internet semakin berkembang dan makin banyak orang yang menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, maka kemampuan desain grafis pasti makin laris manis dan menguntungkan. Wirausahawan yang tertarik dengan bidang usaha ini umumnya memiliki pikiran artistik, dan mahir mengelola estetika. Mereka mampu mengkomunikasikan berbagai ide kreatif dan mewujudkannya menjadi suatu tampilan visual yang menarik. Untuk bayaran, biasanya diterapkan tagihan berdasarkan tarif per project yang mereka kerjakan. Walau demikian, ada juga yang menerapkan tarif per jam.

Bisnis Desain Interior

Semakin berkembangnya media sosial, ternyata berpengaruh ke berbagai bidang, termasuk desain interior. Saat ini, masyarakat berlomba-lomba untuk menunjukkan desain rumah ke pemirsa atau audiens di media sosial. Bahkan ada juga kreator yang memang berfokus di bidang tersebut, memberikan inspirasi bagi followers untuk mendesain interior rumah mereka masing-masing.

Yang satu ini bisa menjadi ide bisnis kreatif yang terbaik bagi Anda pecinta desain interior. Namun pastikan Anda mampu menyelaraskan kreativitas Anda dengan selera serta kebutuhan klien.

Nah, mana ide bisnis kreatif yang menguntungkan tahun ini dan sesuai dengan passion Anda? Temukan ide bisnis terbaik Anda sendiri dan segera memulai bisnis dengan menerapkan strategi bisnis terbaik yang Anda miliki.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua