Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Penggunaan Hashtag Agar Konten Viral di Instagram Bisnis
Artikel
Social Media Marketing

Tips Penggunaan Hashtag Agar Konten Viral di Instagram Bisnis

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu21 Apr 236 menit membaca

Cara terbaik bagi kamu yang ingin meningkatkan brand awareness agar eksis di Instagram adalah menggunakan hashtag yang relevan. 

Penggunaan hashtag yang tepat membantu audiens menemukan konten Instagram kamu dan bisa membuat konten kamu jadi viral. Pelajari lebih lanjut tips penggunaan hashtag untuk konten viral di Instagram.

Mengapa Hashtag Penting Bagi Instagram Bisnis?

Hashtags atau tanda pagar biasanya didahului dengan simbol “#” di Instagram. Hashtag yang disematkan pada Instagram dapat di klik ataupun ditelusuri. 

Nah, kalau kamu ingin konten kamu masuk halaman explore di Instagram, kamu perlu menggunakan hashtag yang tepat.

Jika ada banyak orang yang menemukan konten kamu melalui penelusuran hashtag atau kontenmu bisa masuk halaman explore, tentu hal ini akan sangat menguntungkan. 

Bisnis kamu jadi dikenal luas dan akhirnya bisa menambah jumlah pelanggan baru dan terjadi peningkatan angka penjualan.

Tips Menggunakan Hashtag untuk Instagram Bisnis

1. Temukan Hashtag dengan Menggunakan Tools Hashtag Generator Gratis

Kamu bisa menggunakan tools gratis untuk menemukan hashtag yang tepat. Beberapa tools untuk riset hashtag di Instagram, misalnya Hashtagify, keywordtool.io, All Hashtag, HootSuite, Seekmetrics, Webstagram, TINT, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan hashtag generator tools, kamu akan menemukan hashtag terbaik dan sedang trending, atau hashtag yang paling banyak digunakan oleh pengguna Instagram. 

2. Memilih Hashtag yang Relevan

Menyisipkan hashtag pada postingan konten Instagram tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. 

Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai kata kunci yang tepat dan hashtag yang relevan dengan konten atau produk yang sedang dipromosikan. 

Dengan cara ini, engagement Instagram bisa mengalami kenaikan berkat audiens yang mau berinteraksi di kontenmu. Bahkan berpotensi pula untuk meningkatkan jumlah followers. 

3. Gunakan Hashtag Trending

Kamu bisa memantau hashtag yang sedang tren saat ini dengan cara membuka halaman Explore di Instagram. Jangan lupa, selalu pantau hashtag yang sedang tren agar menambah inspirasi dalam menciptakan hashtag yang sesuai dengan konten maupun brand.

4. Follow Instagram Hashtag

Di platform Instagram, kamu tidak hanya bisa mengikuti pengguna lain, namun juga bisa mengikuti hashtag. Dengan mengikuti hashtag di Instagram, kamu bisa memantau berita apa yang sedang populer di media sosial. 

Ada banyak manfaat yang bisa di dapat jika mengikuti hashtag di Instagram, seperti memungkinkan kamu melakukan analisis audiens, menemukan ide konten yang baru, bahkan bisa membangun interaksi dengan pengguna Instagram lain.

Merencanakan penggunaan hashtag untuk instagram bisnis Anda

5. Buat Hashtag Sendiri

Kamu juga bisa lho membuat hashtag sendiri. Jadi, buatlah hashtag yang unik dan mengundang audiens untuk menggunakan hashtag tersebut. Kemudian gunakan sebagai hashtag brand yang kamu gunakan di setiap kontenmu.

Bahkan kamu bisa bekerja sama dengan para influencer untuk menyebarkan hashtag brand tersebut. Instruksikan kepada para influencer untuk menambahkan hashtag di konten mereka yang mengulas tentang produk maupun bisnis kamu.

6. Gunakan Hashtag Pada Instagram Stories

Selain menggunakan hashtag pada caption, kamu juga bisa menambahkannya pada Instagram stories. Biasanya pengguna Instagram juga tertarik meng-klik hashtag di Instagram stories

Dengan catatan, kamu perlu membuat konten Instagram stories yang unik dan menarik, kemudian sematkan hashtag yang tepat untuk menarik minat audiens.

Jika sedang bekerja sama dengan influencer, minta mereka menggunakan fitur swipe up yang ada di Instagram stories

Pada fitur tersebut, sematkan link yang menuju ke Instagram bisnis kamu. Dengan cara ini, akan ada lebih banyak pengguna Instagram yang mengenal akun bisnismu. 

7. Padu-Padankan Hashtag dengan Caption

Kamu bisa membuat hashtag yang letaknya di antara caption, di mana hal ini akan membuatnya terlihat lebih natural. 

Buat caption semenarik mungkin supaya audiens juga terdorong untuk mencari tahu lebih banyak mengenai konten maupun brand kamu.

8. Gunakan Instagram Hashtag di Platform Media Sosial Lain

Kamu dapat memperluas jangkauan audiens dengan cara menggunakan hashtag di platform lain, seperti Facebook, Twitter, YouTube, maupun TikTok. 

Penggunaan hashtag di media sosial lain akan membuat kamu mendapatkan audiens dan demografi yang berbeda dari Instagram. Dengan menggunakannya pada platform lain, maka akan membuat hashtag kamu semakin populer.

9. Hindari Penggunaan Hashtag Instagram yang Berlebihan

Kamu bisa menggunakan tagar di Instagram hingga 30 tagar per teks. Meski begitu usahakan jangan terlalu berlebihan. 

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan maksimal penggunaan hashtag pada Instagram tidak lebih dari 11 tagar per posting. Dan ingat, tidak semua tagar dapat dimasukkan di-caption. Beberapa tagar bisa kamu masukkan di bagian komentar.

Alih-alih memborbardir akun Instagram hanya dengan hashtag, alangkah baiknya kamu melakukan hal lain yang lebih kreatif untuk mempromosikan bisnismu di Instagram. Misalnya dengan memanfaatkan Instagram story. Ini 5 Cara Kreatif Menggunakan Story Instagram untuk Pemasaran.

Melihat konten instagram menggunakan hashtag

10. Gunakan Hashtag yang Mengandung Teknik Call To Action

Selain menyisipkan caption dengan teknik Call To Action juga bisa membuat hashtag yang mengandung ajakan kepada audiens. Dengan ajakan ini, maka akan mempengaruhi audiens agar tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

11. Ukur Performa Hashtag Instagram

Setelah kamu mencoba banyak hashtag pada Instagram bisnis maka jangan lupa untuk mengevaluasi bagaimana performanya. Apakah hashtag yang selama ini digunakan sudah  sesuai dengan tujuan? Jika ternyata hashtag yang selama ini digunakan tidak mendapatkan interaksi, maka kamu bisa mempertimbangkan kembali untuk mengganti dengan hashtag yang tepat.

Penggunaan hashtag pada Instagram bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan engagement rate Instagram. Selamat mencoba!

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua