Unduh Aplikasi QuBisa
Hindari Hal Ini Jika Memilih Mentor Karir!
Artikel
Career Development

Hindari Hal Ini Jika Memilih Mentor Karir!

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Mentor memainkan peran yang penting dalam mencapai karir impian. Anda tidak hanya bisa mendapatkan nasihat berharga dari mentor, tetapi juga dapat mengembangkan strategi yang lebih tepat sasaran demi mencapai kesuksesan dalam berkarir. Salah satu kunci sukses dalam karir dan bisnis adanya peran seorang mentor yang mau dan bersedia membimbing dan berbagi pengalaman dengan Anda. Namun, memilih mentor tidak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang harus Anda hindari saat memilih seorang mentor karir.

Hal-hal yang Perlu Dihindari Saat Memilih Mentor Karir

Memilih Mentor Berdasarkan Sifat dan Karakternya

Banyak dari Anda mungkin tidak mau mendapatkan mentor yang galak. Ini menyebabkan Anda memilih-milih sifat mentor. Jika Anda mau memikirkan kembali, calon mentor tidak ada yang benar-benar galak. Bisa jadi karakternya yang terlihat galak sebenarnya menunjukkan kalau dia tegas, disiplin dan konsisten. Memiliki mentor berkarakter tegas jauh lebih baik daripada yang sebaliknya. Karena kalau calon mentor Anda cenderung lemah lembut, ada kemungkinan Anda terjebak dalam zona nyaman dan lambat berkembang.

Memilih Mentor Populer

Tidak ada salahnya memilih mentor yang sudah terkenal. Ingat, yang harus Anda tekankan bukanlah, “Apakah calon mentor itu terkenal?” Tapi sebaiknya sesuaikan karakter, minat, prestasi, bidang kerja, dan pengalaman karir mentor dengan tujuan karir yang mau Anda capai.

Jangan ragu untuk memilih mentor yang kurang populer, tetapi punya latar belakang yang sesuai dengan tujuan karir yang Anda capai. Jika mentor ini mau dan berkenan membantu, Anda tentu lebih terbantu, mulai dari membuat perencanaan karir, langkah yang harus dilakukan, dan sebagainya. Oleh karena itu, penting sekali Anda berfokus kredibilitas mentor, bukan tingkat popularitasnya, saat memilih mentor karir.

Satu Mentor untuk Semua Bidang

Memilih Satu Mentor untuk Semua Bidang

Kesalahan kebanyakan orang ketika mentoring karir adalah mendiskusikan aspek yang berbeda dengan mentor yang sama. Pahami prinsip-prinsip utama dalam memilih mentor yang tepat dan sesuai dengan tujuan Anda. Merupakan ide yang bagus untuk memiliki banyak mentor berbeda sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran. 

Salah satu tips memilih mentor karir terkait penyesuaian bidang pekerjaan yang Anda tekuni, Anda perlu memilih mentor yang latar belakang pendidikannya tidak jauh dari latar belakang pendidikan Anda. Lihat pula sebanyak apa pengalaman yang dimiliki mentor, kemampuan problem solving, dan apakah mentor tersebut memiliki kemampuan mentoring yang efektif.Jika ingin berhasil dan mengalami peningkatan jenjang karir yang signifikan, maka cari mentor yang memiliki kesuksesan bisnis atau telah sukses dalam berkarir.

Memilih Mentor yang Tidak Sesuai Minat Anda

Akan lebih baik jika Anda dan mentor memiliki minat yang sama di suatu bidang. Misalnya, jika Anda tertarik untuk memulai karir di perusahaan pada sektor teknologi, carilah mentor yang  punya banyak pengalaman dalam bidang teknologi dan pengembangan teknologi. Atau Anda bisa mencari mentor yang pernah bekerja langsung di sektor ini.

Tujuannya, agar Anda bisa mendiskusikan solusi dari masalah yang Anda hadapi secara bersama-sama, sekaligus menemukan inovasi baru yang mungkin malah membuka peluang kerja sama baru. Mentor yang memiliki kompetensi yang cocok dengan Anda akan berperan sebagai sumber pengetahuan.

Temukan mentor untuk mewujudkan impian Anda

Memilih Mentor yang Kurang Mendukung

Temukan mentor untuk mewujudkan impian Anda. Seorang mentor yang mendukung Anda tidak hanya hadir saat Anda bersuka cita, tetapi juga ketika Anda terjatuh dan merasa down. Sangat penting untuk memiliki mentor yang optimis, positif, dan mampu mengambil langkah maju untuk dapat menyebar semangat dan menginspirasi.

Hal-hal yang perlu dihindari saat memilih mentor karir adalah dengan melihat bagaimana cara mentor tersebut membangkitkan semangat anak didiknya. Jangan sampai memilih mentor yang meninggalkan Anda di masa sulit atau bahkan membuat Anda merasa bersalah. Fungsi mentor bukan hanya untuk menyajikan ilmu, namun juga untuk membantu Anda menuju kesuksesan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda hindari saat mencari mentor untuk pengembangan karir. Mentoring adalah salah satu upaya mencapai kesuksesan profesional. Anda harus semangat mencari mentor karir terbaik, demi cemerlangnya karir Anda di masa depan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua