Unduh Aplikasi QuBisa
Hal Penting dalam Manajemen Stres dan Membuat Hidup Lebih Bahagia
Artikel
Stress Management

Hal Penting dalam Manajemen Stres dan Membuat Hidup Lebih Bahagia

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Semakin seseorang tumbuh dewasa, semakin besar pula tanggung jawab yang harus diemban. Itulah mengapa, banyak orang dewasa yang mengalami stres kerja dan kesulitan dalam melakukan manajemen stres. Akibatnya, mereka sampai mengalami depresi dan kehilangan kesempatan untuk menjadi produktif di usia muda.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stres, misalnya karena tekanan di tempat kerja, target yang terlalu sulit untuk dicapai, kebutuhan keluarga yang tinggi, keluarga kurang harmonis, dan lingkungan kerja tidak kondusif. Bisa juga karena pasangan yang tidak terbuka, tak mampu memberikan perlindungan yang diharapkan, atau karena merasa kecewa pada diri sendiri. Merasa tak puas akan pencapaian diri sendiri pun bisa menjadi penyebab stres.

Tips Manajemen Stres Agar Hidup Lebih Bahagia dan produktif

Untuk mengelola stres, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti: 

Melakukan Meditasi Rutin

Ketika Anda mengalami stres kerja maupun stres karena hubungan keluarga, dan lainnya, Anda bisa mencoba berbagai cara sederhana mengatasi stres. Salah satunya, Anda bisa melakukan meditasi rutin.

Dengan melakukan meditasi setiap hari, Anda bisa berfokus pada pengenalan bermacam pikiran yang muncul, kemudian menerimanya, mengelolanya, atau membiarkan pikiran itu berlalu begitu saja. Manajemen stres yang satu ini bisa dilakukan di mana saja, juga gratis tanpa biaya sama sekali.

Manajemen Stres dan Cara Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

Memiliki Jurnal Harian

Pernahkah Anda mendengar tentang jurnal? Ternyata dengan menulis jurnal, Anda bisa memilah-milah emosi yang hadir di setiap hari. Contohnya ketika melakukan kesalahan, maka yang muncul adalah rasa bersalah dan kecewa yang besar. Perasaan negatif itu mampu membuat jiwa Anda jadi terpengaruh dan menjadi stres.

Supaya bisa memanajemen perasaan negatif yang muncul, Anda bisa mengungkapkannya dalam tulisan. Cara melakukan self healing dengan menulis sebenarnya sederhana saja. Anda tinggal menuliskan menuliskan unek-unek dalam kepala dan hati Anda. Luapkan semuanya dalam selembar jurnal rahasia dan lakukan setiap hari. Menulis jurnal pun menjadi salah satu bentuk katarsis yang jika dilakukan rutin bisa membuat pikiran menjadi lebih bersih dan sehat.

Biasakan untuk Berpikir positif

Memang fakta yang tak bisa dihindari, akan selalu ada sumber stres di sekitar Anda. Hanya saja, orang bijak selalu berkata, bahwa dengan berpikiran positif, maka masalah tidak akan mengganggu. Hal ini benar adanya, sebab dengan berpikiran positif, Anda bisa melakukan manajemen stress dengan lebih baik. Anda jadi lebih berfokus pada solusi daripada masalahnya. Ini juga menjadi cara terbaik untuk dapat mengelola stres dan menyeimbangkan emosi yang dirasakan.

Bagaimana caranya menanamkan pikiran positif? Usahakan untuk selalu berfokus pada berbagai keberhasilan yang telah diraih, walau yang terkecil sekalipun. Semua kegagalan yang terjadi jadikan pelajaran dan kisah lucu untuk ditertawakan. Pada awalnya mungkin terasa aneh menertawakan kesalahan diri sendiri, namun hal ini sangat baik untuk menghilangkan stres kerja.

Stres Kerja dan Cara Mengelola Stres

Selalu Memaafkan

Sebagai manusia, wajar apabila pernah berharap dan akhirnya harus menelan pil pahit. Kemudian, Anda merasa sangat kecewa, juga putus asa dan rasanya ingin marah. Namun, jangan sampai Anda larut terlalu jauh dalam rasa kekecewaan dan rasa marah ini. Selalu memaafkan adalah salah satu cara untuk menerima keadaan apa pun, terutama memaafkan diri sendiri. Setelah Anda mampu memaafkan diri dan mampu menerima seperti apa pun kondisinya, Anda bisa kembali fokus dalam menata masa depan. 

Mencari Seseorang untuk Bercerita

Tidak ada untungnya memendam emosi negatif, sebab hanya akan membuat Anda memperburuk keadaan, menjadikannya bom waktu yang akan meledak kapan pun, bahkan bisa membuat Anda jadi tak bahagia. Apabila Anda terus memendamnya, Anda hanya akan menciptakan masalah baru di kemudian hari akibat suasana hati yang buruk dan emosi yang jadi tak stabil. 

Untuk menghindari hal tersebut, carilah seseorang untuk bercerita. Orang yang bisa memahami dan mau mendengarkan cerita Anda, serta menjaga rahasia. Nanti setelah Anda menceritakan yang dirasakan kepada orang terdekat, biasanya perasaan menjadi lebih lega juga mendapatkan dukungan sosial dan emosional.

Itulah hal penting dalam manajemen stres dan bisa membuat hidup Anda jadi lebih bahagia. Untuk lebih memahami diri Anda dan tingkat stres yang Anda alami, serta cara mengatasinya, Anda bisa menonton video yang berjudul 4 Cara Mensiasati Tingkat Stress Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua