Unduh Aplikasi QuBisa
7 Hal Penting dalam Digital Marketing yang Wajib Anda Tahu
Artikel
Digital Marketing

7 Hal Penting dalam Digital Marketing yang Wajib Anda Tahu

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Marketing mix 7P atau bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan organisasi dan konsumen. Bagi Anda yang sedang belajar digital marketing, Anda perlu memahami konsep marketing mix yang merupakan seperangkat alat pemasaran yang terkontrol dan dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons sesuai keinginan target pasar.

Tujuh Hal Penting dalam Digital marketing

Model bauran pemasaran atau marketing mix menekankan pada beberapa faktor yang dikenal dengan istilah 4P, yaitu produk, harga, saluran distribusi, promosi. Seiring dengan perkembangan zaman, konsep 4P berkembang menjadi 7P, yang meliputi Product, Price, Promotion, Place, People, Process, dan Physical Evidence. Berikut penjelasan konsep marketing mix 7P selengkapnya.

Produk (Product)

Produk merupakan sekumpulan atribut yang akan dinikmati dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Produk adalah yang Anda miliki dan tawarkan kepada pasar sasaran penjualan.  Peningkatan diferensiasi produk dan diferensiasi pemasaran di mata konsumen akan lebih memudahkan konsumen mengenali produk yang Anda miliki.

Agar produk Anda dikenal luas dan pelanggan mau melakukan pembelian, lakukan beberapa tips berikut ini:

Harga (Price)

Harga merupakan salah satu konsep dalam pemasaran yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Penentuan harga harus dipertimbangkan dengan matang, karena harga tidak hanya berkaitan dengan keuntungan perusahaan, sekaligus mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian.

Di saat yang sama, harga menjadi poin yang mempengaruhi tinggi rendahnya permintaan dan posisi produk atau merek di mata konsumen. Semakin bagus harga produk Anda dibandingkan dengan produk pesaing, potensi pelanggan membeli produk Anda jadi semakin besar. Apabila kalau harga yang ditawarkan sepadan dengan kualitas produk serta layanan after sales, pelanggan tak akan segan melakukan repeat order.

belajar digital marketing tentang marketing mix dalam menentukan harga

Promosi (Promotion)

Dalam konsep digital marketing, promosi memegang peran yang sangat penting. Promosi bertujuan untuk mengenalkan, mengajak, dan mempengaruhi konsumen untuk memiliki produk yang Anda tawarkan. Itu sebabnya, penggunaan berbagai platform, website, dan media sosial menjadi poin utama dalam penerapan digital marketing.

Lalu, bagaimana melakukan promosi dengan menerapkan strategi digital marketing?

Saluran Distribusi / Tempat (Place)

Jika tempat usaha Anda mudah dijangkau oleh konsumen, maka produk yang Anda tawarkan akan semakin diminati. Kemudahan jangkauan juga memiliki peranan besar atas keputusan pelanggan melakukan pembelian atau tidak.

Hanya saja, di era digital seperti sekarang penjualan online ternyata mampu memutus rantai saluran distribusi yang panjang, bahkan posisi tempat usaha yang jauh pun sudah bisa dijangkau hanya dengan melakukan beberapa klik di depan layar komputer atau menggunakan gadget. 

Transformasi digital di berbagai industri sudah tentu menuntut setiap pemilik usaha beradaptasi dan menyesuaikan bisnis agar relevan dengan perkembangan zaman. Dalam penjualan berbasis online, kemudahan saluran distribusi bisa mempersingkat waktu saat pengiriman produk kepada konsumen.

orang termasuk salah satu faktor penting dalam digital marketing

Orang (People)

Yang dimaksud dengan orang atau people dalam marketing mix 7P adalah semua yang terlibat dalam produksi dan pemasaran produk yang Anda jual, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pemilihan orang (people) yang tepat merupakan salah satu kunci dalam marketing mix. Orang yang tepat dan sesuai dengan posisinya bisa memberi dampak besar berupa peningkatan kinerja dan menciptakan keuntungan berkelanjutan bagi bisnis Anda.

Proses (Process)

Proses adalah bagian dari marketing mix yang berupa rangkaian kegiatan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Proses ini berkaitan dari mengenalkan produk kepada konsumen hingga barang atau jasa sampai di tangan konsumen. Pembeda dalam proses yang perusahaan Anda lakukan dibandingkan perusahaan kompetitor menjadi nilai tambah dan membuat bisnis Anda unik, sehingga pelanggan mudah mengingatnya.

Bukti Fisik (Physical Evidence)

Bukti fisik atau lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi tempat dari perusahaan yang Anda miliki. Karakteristik lingkungan fisik di sini mencakup kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, peletakan, dan layout.

Dalam penerapannya, marketing mix 7P membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan terkait dengan ide, gagasan, dan pembiayaan yang terkontrol dengan baik. Tujuan marketing mix adalah untuk memperkenalkan produk yang Anda miliki kepada pasar sasaran dari penjualan. Selanjutnya dampak akhir dari penggunaan marketing mix 7P adalah konsumen lebih mengenal produk Anda dan tentunya dapat meningkatkan volume penjualan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua