Unduh Aplikasi QuBisa
4 Gaya Kepemimpinan yang Wajib Anda Tahu untuk Jadi Pemimpin yang Berkualitas
Career Development

4 Gaya Kepemimpinan yang Wajib Anda Tahu untuk Jadi Pemimpin yang Berkualitas

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Setiap orang yang bekerja, baik di suatu instansi maupun bekerja secara mandiri, pastilah ada target yang ingin dicapai. Beberapa target yang secara umum banyak diimpikan para pekerja, di antaranya, memiliki karir yang bagus, pendapatan yang mencukup, bonus dan tunjangan yang menjanjikan, mendapatkan promosi jabatan, dan terakhir, ingin menjadi pemimpin. 

Jika saat ini Anda sedang meniti karir dan ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, sudah seharusnya Anda memenuhi beberapa kompetensi pemimpin masa depan, seperti bijak dalam mengambil keputusah, memiliki kepandaian dan keahlian, berwibawa, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu memiliki pengetahuan tentang gaya kepemimpinan dan 4 jenis gaya kepemimpinan.

Pemimpin yang Sukses Adalah Pemimpin yang Memiliki Gaya Kepemimpinan yang Tepat

Untuk bisa menjadi pemimpin, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik, kalau perlu sejak hari pertama Anda menjadi karyawan di suatu perusahaan. Pemimpin yang baik dan disegani tahu dengan pasti gaya kepemimpinan seperti apa yang akan diterapkannya dan mengenal dengan baik budaya organisasi dan ekspektasi apa yang diharapkan perusahaan darinya. 

Keterampilan apa saja yang perlu Anda miliki jika ingin menjadi seorang pemimpin yang baik? Beberapa di antaranya, Anda harus mampu memobilisasi atau menggerakkan orang, memotivasi, mempengaruhi, menginspirasi, dan memberi contoh secara langsung cara memanfaatkan peluang demi kemajuan perusahaan. Pemimpin itu tidaknya tidak hanya memerintah, namun menjadi teladan dalam bertindak yang tepat dan benar.

Lalu, gaya kepemimpinan seperti apa yang perlu Anda pilih? Jawaban untuk pertanyaan ini, tergantung nilai-nilai dan keyakinan diri Anda sendiri, latar belakang budaya dan pendidikan, bahkan dipengaruhi pula oleh kepribadian Anda. Meski begitu, ada 2 faktor penting dalam gaya kepemimpinan yang perlu Anda perhatian, yaitu:

Faktor Fisik dalam Gaya Kepemimpinan

Faktor fisik di sini meliputi body language, nada bicara atau voice, pemilihan kata, kontak maya ketika berbicara, bahkan sikap dan perilaku Anda dalam berinteraksi dengan orang lain. Untuk mengasah keterampilan yang mendukung faktor fisik, Anda bisa mempelajari secara lebih mendetail pada microlearning QuBisa berikut:

karakteristik gaya kepemimpinan

Faktor Karakteristik dalam Gaya Kepemimpinan

Sebenarnya, faktor karakteristik di sini berkaitan dengan karakter yang Anda miliki. Di saat yang sama, faktor ini didukung pula dengan bagaimana cara Anda mengasah softskill, seperti kerendahan hati, empati, intelektual, kemampuan problem solving, pengambilan keputusan, analisis dan evaluasi, dan banyak lagi.

4 Gaya Kepemimpinan Terbaru yang Bisa Anda Pilih dan Anda Terapkan

Gaya Kepemimpinan Transformasional

Gaya kepemimpinan transformasional atau transformational leadership adalah kemampuan yang dimiliki oleh seorang pemimpin untuk mengenali berbagai kebutuhan akan adanya perubahan. 

Dalam penerapannya, gaya kepemimpinan ini menitikberatkan bagaimana Anda sebagai seorang pemimpin bisa melakukan suatu perubahan atau transformasi ke arah yang lebih baik, bagi perusahaan maupun bagi setiap individu yang Anda pimpin. 

Untuk itu, Anda perlu kemampuan memotivasi, menginspirasi, dan membantu setiap individu mengoptimalkan potensi yang mereka miliki.

Gaya Kepemimpinan Transaksional

Gaya kepemimpinan transaksional atau transactional leadership adalah suatu kemampuan seorang pemimpin untuk menjaga, mempertahankan, maupun mengembangkan stabilitas perusahaan atau instansi tempat dia berada. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini mampu bekerja dengan baik dalam lingkungan perusahaan, mudah beradaptasi dengan perubahan, dan fokus pada pengembangan perusahaan untuk mencapai tujuan dan target-target perusahaan.

Gaya Kepemimpinan Karismatik (Charismatic Leadership)

Seorang pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan karismatik biasanya memang memiliki pribadi yang menarik dan memiliki bakat memimpin yang sudah dimiliki sejak lahir. Karakternya terbentuk secara alami dan tidak semua orang bisa memiliki dan menerapkan gaya kepemimpinan ini. Biasanya, gaya kepemimpinan ini bisa terlihat pada para tokoh terkenal di dunia politik dan hiburan.

Jenis dan gaya kepemimpinan

Gaya Kepemimpinan Virtual (Virtual Leadership)

Gaya kepemimpinan virtual ini bisa dikatakan sebagai hal yang baru, terutama sejak dunia teknologi dan virtual berkembang sedemikian pesat. Kebanyakan pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan ini adalah para pemimpin yang bekerja, memimpin instansi atau perusahaan, secara lintas negara, benua, atau zona waktu yang berbeda. 

Kemampuan bisa beradaptasi dengan cepat, memiliki kemampuan komunikasi virtual yang efektif, presentasi, memimpin dalam virtual meeting, serta berpengetahuan luas, menjadi modal dasar yang wajib dimiliki seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinan virtual.

Siapa pun bisa menjadi seorang pemimpin asalkan melakukan persiapan dengan baik, memiliki softskill dan hardskill yang lengkap, mengenal gaya kepemimpinan dan 4 jenis gaya kepemimpinan. Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin, lakukan persiapan dengan terus belajar dan meningkatkan pengetahuan, seperti:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua