Unduh Aplikasi QuBisa
Fungsi Website Bisnis di Era Digital
Artikel
Sales & Marketing

Fungsi Website Bisnis di Era Digital

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 235 menit membaca

Di era digital saat ini, website menjadi penting dimiliki oleh para pelaku bisnis. Tujuannya agar bisnis yang Anda kelola dapat terus berkembang, dan membantu dalam proses transaksi pembelian, serta branding. Hingga mendorong terciptanya brand awareness untuk brand ataupun produk yang Anda jual. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini alasan mengapa keberadaan situs web resmi perusahaan penting bagi bisnis Anda, dan fungsi website bisnis di era digital.

Penggunaan website untuk bisnis anda

Kegunaan Memiliki Website Bisnis

Media Penyampaian Informasi

Saat berbisnis melalui internet, Anda membutuhkan media dalam menyampaikan informasi terkait brand ataupun produk yang dimiliki. Website adalah salah satu strategi digital marketing yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan seluruh informasi secara lebih jelas atau detail. 

Anda mungkin terbiasa membuat promosi melalui media sosial. Namun, media sosial hanya mampu memberikan informasi secara sekilas saja. Untuk itu, Anda membutuhkan media lain yang lebih lengkap guna menyampaikan informasi tersebut. SEO website juga akan membantu Anda untuk lebih mudah ditemukan melalui mesin pencarian Google.

Hanya saja, Anda pun harus memperhatikan sistem keamanan website bisnis Anda agar aman dari serangan hacker. Cobalah pelajari Tips Meningkatkan Keamanan Website ala Profesional melalui internet ataupun kursus online.

Tempat Menampilkan Produk

Masih banyak bisnis online yang saat ini hanya mengandalkan media sosial sebagai media berjualan. Hal ini tidak salah, tetapi kurang efektif untuk mencari beragam produk yang telah ditampilkan sebelumnya. Media sosial cenderung menampilkan barang baru saja, sehingga pelanggan tidak leluasa melihat keragaman produk lainnya.

Dengan menggunakan website secara resmi, Anda akan lebih mudah menampilkan daftar produk dengan lengkap. Selain itu, ada menu pencarian yang memudahkan pelanggan mencari produk sesuai kriteria yang diinginkan maupun berdasarkan rekomendasi terkait. 

Mampu Menjaring Pelanggan secara Luas

Setelah memiliki situs web official, lanjutkan dengan melakukan penjaringan pelanggan secara luas. Gunakan alat optimasi website, seperti penerapan search engine optimization, SEM, Google Ads, dan lainnya agar para pelanggan baru yang sebelumnya tidak mengenal produk Anda bisa masuk ke website perusahaan dengan mudah.

Jika menggunakan cara ini, produk yang Anda tawarkan bisa saja muncul di peringkat atas dalam daftar pencarian Google. Selain itu, Anda pun dapat menjangkau pelanggan baru dari berbagai tempat dengan selera yang berbeda-beda.

Pastikan website yang berisi bisnis anda dapat ditemukan di google

Lebih Terlihat Profesional

Memiliki website resmi akan membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional. Tentunya bisnis yang terlihat profesional lebih mudah mendapat pelanggan. Hal ini karena pelanggan telah percaya sepenuhnya terhadap brand Anda.

Sebagai contoh, jika Anda melihat bisnis besar di seluruh dunia, hampir seluruhnya telah menggunakan official website. Calon pelanggan yang baru lebih mudah untuk mengenal produk, apalagi jika ditambahkan landing page. Karena bisa mencari informasi tentang produk dengan lebih mudah, serta lengkap melalui internet.

Bisnis Menjadi Lebih Efisien

Anda akan lebih efisien dalam mengelola bisnis setelah memiliki website bisnis. Mengapa begitu? Karena Anda tak perlu lagi menjelaskan masing-masing produk dengan rinci. Cukup memberikan link website yang diinginkan pelanggan.

Anda bisa membuat unggahan di berbagai platform media sosial yang dimiliki, kemudian memberikan menghubungkannya dengan situs web Anda, sehingga pelanggan bisa membaca detail produk, dan langsung melakukan pembelian melalui tautan tersebut.

Menghemat Anggaran

Jika sebatas memasarkan barang melalui media sosial, Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Namun, untuk meningkatkan kunjungan ke media sosial yang digunakan, tentunya Anda harus rajin melakukan promosi dan memanfaatkan layanan iklan berbayar, juga bantuan dari tim social media marketing profesional, bahkan kerja sama dengan influencer ternama.

Berbeda halnya bila memiliki website, Anda hanya perlu mengeluarkan dana untuk pembuatan situs di awal. Kemudian membayar hosting, dan domain per tahun saja. Setelah itu, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur SEO Google untuk mempromosikan situs web tersebut. Namun, Anda pun tak boleh lupa untuk membuat sistem keamanan website yang kuat, dan rutin melakukan website security check.

Nah, itulah artikel singkat mengenai pentingnya bisnis di era digital memiliki website sendiri. Untuk semakin menghemat anggaran, Anda bisa mengikuti kursus Mahir Membuat Website Sendiri dengan WordPress ala Profesional di QuBisa. Kursus keterampilan digital milenial (KDM) tersebut harganya terjangkau, hanya Rp. 200.000,- saja.

QuBisa merupakan platform belajar online Indonesia, atau e-learning yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan di era digital melalui kursus berbayar, kursus online gratis, dan webinar gratis. Bahkan, jika Anda senang membuat konten video edukatif, saat ini QuBisa membuka kesempatan untuk bagi ilmu dapat hadiah melalui lomba video microlearning festival berhadiah jutaan rupiah.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua