Unduh Aplikasi QuBisa
Fungsi Kemasan Produk untuk Promosi
Artikel
Strategy

Fungsi Kemasan Produk untuk Promosi

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Definisi kemasan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah bungkus yang melindungi suatu barang dagangan. Lalu, apa saja fungsi dan jenis kemasan? Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai kemasan produk pada artikel QuBisa ini!

Fungsi Kemasan

Saat melakukan pemasaran produk, kemasan menjadi salah satu unsur penting yang harus Anda perhatikan. Terlebih jika Anda menjual produk dalam bentuk barang atau produk makanan. Pengertian kemasan menurut ahli, seperti Klimchuk dan Krasovec, menyatakan bahwa kemasan merupakan desain kreatif yang menggabungkan bentuk, struktur, material, warna, tipografi, dan elemen lainnya. 

Biasanya, tercantum pula informasi singkat terkait produk yang dipasarkan pada kemasan. Secara garis besar, fungsi kemasan terbagi menjadi fungsi protektif dan promosional. Berikut perbedaannya:

Fungsi Kemasan

Fungsi Protektif

Fungsi protektif artinya kemasan berguna untuk melindungi produk dari berbagai hal yang mungkin bisa merusak produk. Misalnya, kondisi cuaca, proses pengiriman, dan lainnya. Dengan kata lain, kemasan harus mampu mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan dan risiko cacat yang bisa merugikan kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual.

Fungsi Promosional

Selain melindungi, kemasan juga berfungsi sebagai alat promosi. Itulah sebabnya, setiap brand berusaha memberikan tampilan atau desain kemasan yang menarik perhatian calon konsumen. Sebab, konsumen cenderung mempertimbangkan aspek warna, ukuran, dan penampilan produk secara keseluruhan sebelum melakukan pembelian.

Alasan Penting Anda Perlu Memperhatikan Kemasan Produk

Selain dua fungsi kemasan yang sudah dijelaskan di atas, masih ada fungsi kemasan lainnya yang perlu Anda tahu, yaitu:

Fungsi Self Service

Anda perlu memperhatikan kemasan produk yang menarik, unik, dan bisa memikat pelanggan. Hal ini karena kemasan produk memiliki fungsi self service. Arti fungsi self service, kemasan produk dapat menjelaskan ciri khas dari produk yang Anda jual.

Customer Affluence

Customer affluence, berarti konsumen rela membayar lebih mahal untuk produk yang memiliki kemasan berkualitas tinggi.

Company and Brand Image

Kemasan produk butuh perhatian khusus dan menjadi bagian dari proses promosi karena kemasan produk juga berfungsi sebagai company and brand image. Melalui kemasan produk yang memiliki ciri khas, tampilan, bentuk kemasan, maupun warnanya, pelanggan jadi lebih mudah mengenalinya sebagai produk dari brand Anda.

bagian dari innovation opportunity

Innovation Opportunity

Kemasan adalah bagian dari innovation opportunity atau memberikan manfaat untuk kedua perusahaan serta konsumen. Maksudnya, Anda sebagai pemilik produk dan produsen yang memproduksi kemasan untuk produk Anda, bisa berkolaborasi dan menciptakan peluang kerja sama baru yang saling menguntungkan.

Setelah mengetahui fungsi kemasan produk bagi bisnis Anda, maka sekaranglah waktunya Anda mulai memperhatikan kemasan produk dari berbagai barang dagangan yang Anda jual. Kemasan adalah material yang membungkus suatu produk supaya terlindungi, mudah dikenali, dan menarik perhatian. 

Untuk membuat kemasan yang menarik, Anda perlu menyesuaikannya dengan target pasar. Itulah sebabnya, lakukan riset pasar terlebih dahulu supaya kemasan produk Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua