Unduh Aplikasi QuBisa
Ini yang Perlu Fresh Graduate Lakukan Setelah Wisuda!
Artikel
Career Development

Ini yang Perlu Fresh Graduate Lakukan Setelah Wisuda!

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Setelah wisuda, mungkin Anda bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya. Wisuda merupakan momen yang menjadi pertanda bahwa Anda sudah menyelesaikan pendidikan tinggi dan siap memasuki dunia baru, dari dunia pendidikan formal menuju dunia kerja.

Anda perlu melakukan persiapan matang agar dapat meraih kesuksesan yang diinginkan. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan setelah wisuda.

Ambil Jeda Waktu untuk Menenangkan Diri

Menempuh pendidikan tinggi mungkin membuat Anda sangat sibuk selama bertahun-tahun. Apalagi setelah mengerjakan skripsi, tentu sedikit banyak Anda akan mengalami kelelahan. Anda perlu mengambil jeda waktu untuk menenangkan diri, misalnya dengan pergi liburan, bermain game untuk mengisi waktu luang, atau mulai mengikuti kursus online gratis di aplikasi siap kerja QuBisa untuk meningkatkan soft skill.

Pikiran dan tubuh Anda perlu istirahat yang cukup untuk selanjutnya bisa berlari lebih cepat. Ibarat orang yang sedang menempuh perjalanan jauh, Anda perlu berhenti sejenak untuk mengisi bahan bakar dan mendinginkan mesin.

Gunakan jeda waktu ini untuk menenangkan diri dan mengevaluasi diri, apa saja yang telah dilakukan selama ini. Tetapi perlu diingat bahwa waktu Anda terbatas. Anda tidak dapat berlama-lama mengambil jeda waktu setelah wisuda.

Tetapkan Tujuan dan Buat Perencanaan

Tujuan hidup setiap orang berbeda-beda. Anda perlu menentukan top priority goals Anda terlebih dahulu, kemudian langkah apa yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut. Tentukan apakah Anda akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau mencari pekerjaan setelah wisuda.

Setelah menentukan tujuan, buatlah perencanaan karir yang matang sehingga Anda punya panduan yang lebih terarah untuk melangkah dan mengambil keputusan. Tentukan pula karier seperti apa yang ingin Anda bangun dan bagaimana cara untuk menitinya.

Sebagai referensi cara menyusun dan merencanakan karir, atau untuk pertimbangan dalam mengambil keputusan apakah melanjutkan pendidikan atau mencari kerja, Anda bisa mempelajari beberapa video microlearning dari kursus online gratis di aplikasi siap kerja QuBisa berikut ini:

lowongan pekerjaan terbaru setelah wisuda bisa didapatkan dengan membangun relasi

Lakukan Perubahan

Anda sebaiknya segera melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bangun habits dan behavior untuk mencapai goals. Tentu saja perubahan yang Anda lakukan tidak menjamin akan membawa kesuksesan. Tetapi tidak ada kesuksesan yang dapat dicapai tanpa adanya perubahan. Oleh karena itu, perubahan menjadi keniscayaan yang penting dilakukan.

Untuk perubahan ke arah yang lebih baik, Anda dapat meningkatkan kompetensi dengan mengikuti kursus online atau pelatihan singkat. Misalnya, Anda dapat mengikuti kursus bahasa Inggris maupun public speaking untuk meningkatkan keahlian sebelum memasuki dunia kerja.

Buat Curriculum Vitae yang Menarik 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat Curriculum Vitae atau CV yang menarik. Anda dapat belajar cara membuat Curriculum Vitae yang profesional agar menarik perhatian HRD.

Carilah informasi lowongan kerja terbaru untuk mencari pekerjaan impian Anda, misalnya melalui media massa, media sosial, maupun dari situs penyedia lowongan pekerjaan. Kemudian, buatlah CV yang spesifik untuk melamar pekerjaan tersebut.

saat mencari pekerjaan setelah wisuda, pastikan Anda membuat Curriculum vitae yang menarik

Bangun Relasi

Mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru atau mau mencari pekerjaan juga bisa didapatkan dari relasi yang dimiliki. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membangun relasi yang luas. Jagalah hubungan yang baik dengan siapa pun juga, mengingat bisa saja suatu hari nanti Anda akan membutuhkan bantuan mereka.

Selain untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru, relasi yang baik juga dapat memberikan referensi bagi Anda untuk mencari pekerjaan. Referensi ini berguna untuk meningkatkan peluang Anda diterima bekerja pada suatu perusahaan.

Mencari pekerjaan dengan terburu-buru hanya karena tuntutan sosial bukanlah langkah yang tepat. Tentu tidak sedikit orang yang akan membandingkan Anda dengan orang lain yang lebih dulu sukses. Tidak perlu berkecil hati. Anda tetap harus semangat dan menjaga pola pikir positif setelah wisuda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua