Unduh Aplikasi QuBisa
5 Formula Copywriting selain AIDA yang Perlu Anda Coba
Digital Marketing

5 Formula Copywriting selain AIDA yang Perlu Anda Coba

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Copywriting adalah salah satu cara menyampaikan informasi produk kepada calon pelanggan dengan lebih menarik dan efektif. Tentunya tugas ini dilakukan oleh copywriter yang memahami cara membuat copywriting yang baik dan benar. Copywriting yang baik harus memenuhi kriteria efektif, ringkas, informatif, tepat sasaran, memancing rasa penasaran, dan dapat dipercaya

5 Formula Copywriting

Salah satu formula copywriting yang paling terkenal adalah AIDA (attention, interest, desire, action). Namun, selain AIDA, ada juga formula lain yang bisa Anda coba ketika membuat copywriting untuk digital marketing campaign. Berikut rangkumannya!

PAS

Formula PAS adalah formula copywriting yang sederhana. PAS terdiri atas problem, agitate, dan solution. Menggunakan formula PAS membuat audiens lebih tertarik melihat permasalahan yang ada. Untuk problem atau masalah, Anda bisa mengajak audiens lebih peduli dengan permasalahan yang muncul. Kemudian pada agitate, Anda bisa memberitahukan hubungan antara permasalahan dengan pengunjung. Terakhir, dalam solution, tawarkan solusi yang membuat mereka lebih percaya diri dan yakin untuk melakukan tindakan.

Contoh: masalahnya adalah transfer uang antar bank terdapat biaya admin Rp. 6.500. Kalau 10 kali transfer, Anda sudah kehilangan Rp. 65.000. Namun, Anda tak perlu khawatir lagi. Kini ada layanan transfer antar bank tanpa biaya jika menggunakan blu by BCA Digital.

jenis copywriting

IDCA

IDCA terdiri atas interest, desire, conviction, dan action. Menggunakan formula ini, Anda perlu memulai copywriting dari bagian yang bisa memancing rasa penasaran audiens. Baru dilanjutkan dengan desire atau menawarkan jawaban sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan yang membuat audiens berpikir, inilah solusi yang mereka cari. 

Pada conviction, pastikan Anda bisa menggiring audiens untuk bertindak. Terakhir, buat pembaca melakukan action atau tindakan yang mengarah ke tujuan yang telah Anda tetapkan.

Contoh: Ingin membaca buku, tapi tidak punya waktu khusus karena sibuk dengan berbagai pekerjaan? Bagaimana kalau ada aplikasi audiobook yang menyediakan buku best seller favorit dan Anda bisa mendengarkannya sambil melakukan berbagai aktivitas? Tenang, Anda tak perlu biaya langganan yang mahal dan bisa berhenti berlangganan kapan pun. Yuk unduh aplikasi Storytel untuk tahu lebih lanjut dan pilih paket langganan yang terbaik untuk Anda!

ACCA

Formula ACCA cocok untuk membangkitkan individu yang sedang putus asa dan merasa kecewa terhadap sesuatu, melalui penawaran solusi untuk masalah tersebut. ACCA terdiri dari awareness, comprehension, conviction, dan action

Pada bagian awareness, Anda akan mengajak audiens untuk peduli pada suatu permasalahan. Baru dilanjutkan comprehension atau memberitahu audiens terkait keterhubungan masalah tersebut dengan diri mereka dan menerangkan bahwa Anda punya solusinya.

Untuk bagian conviction, Anda perlu meyakinkan mereka dan mendorong terjadinya tindakan. Baru ditutup dengan action, mengarahkan audiens untuk bertindak sesuai yang Anda harapkan. 

Contoh: Tidak dimungkiri kalau ada banyak orang yang ingin membuat foto produk yang ciamik, tetapi terbentur budget terbatas dan tidak punya peralatan mumpuni. Padahal, kalau punya foto produk yang original dan oke, kepercayaan pelanggan akan meningkat dan mereka dengan senang hati melakukan pembelian. Untuk itulah webinar smartphone photography hadir. Webinar ini biayanya terjangkau, pembicaranya profesional, diajarkan untuk editing pula. Yakin deh, Anda bisa membuat foto produk makanan yang oke punya. Yuk, kunjungi Instagram berikut buat tahu cara daftar webinarnya!

formula copywriting

QUEST

Sebagai copywriter yang menerapkan formula QUEST, Anda akan langsung masuk menyentuh pokok utama dari copywriting yang dibuat sebagai strategi digital marketing. Caranya dengan memaparkan fakta unik terkait topik. 

Formula QUEST berisi qualify, understand, educate, stimulate, dan transition. Pada bagian qualify, Anda perlu memberitahukan hal apa yang akan mereka baca atau dapatkan dari konten yang Anda buat. Understand di sini artinya isi copywriting harus berusaha memahami audiens dan menunjukkan empati. 

Jika sudah, informasikan pada audiens bahwa ini merupakan solusi dari permasalahan mereka. Lalu, dalam stimulate, berusahalah mempengaruhi audiens untuk menggunakan solusi yang Anda berikan. Terakhir, arahkan audiens untuk menjadi konsumen dari solusi yang diberikan.

4Ps

Memerlukan formula copywriting untuk landing page website? Kalau begitu, akan lebih tepat jika Anda menggunakan formula 4Ps. Formula yang satu ini terdiri atas, picture, promise, proof, dan proposal. Gambar atau picture akan menyadarkan audiens untuk memahami kondisi yang sedang terjadi. Sementara promise artinya menawarkan manfaat dari produk yang ditawarkan. 

Proof berarti menunjukkan bahwa sudah banyak yang menggunakan produk sebagai solusi permasalahan mereka. Terakhir ada proposal atau memberi usul terkait list produk yang bisa menarik perhatian audiens sekaligus menyelesaikan permasalahan mereka.

Selain 5 formula di atas, pelajari juga beberapa teknik copywriting berikut untuk melengkapi pengetahuan Anda:

Menerapkan formula copywriting yang tepat dapat mempengaruhi pelanggan untuk mengambil tindakan. Dengan demikian, Anda perlu melakukan A/B testing agar mememukan formula yang paling tepat untuk memasarkan bisnis atau produk Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua