Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Membuat Feed Menarik dengan Instagram Carousel
Artikel
Social Media Marketing

Tips Membuat Feed Menarik dengan Instagram Carousel

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia. Ya, bukan hanya sekadar berbagi kegiatan sehari-hari, atau menambah teman di dunia maya saja, Instagram sudah menjelma menjadi salah satu platform digital marketing, atau penjualan online terbaik. Apalagi sejak munculnya ide membuat feed menarik dengan Instagram Carousel yang berdampak positif pada bisnis.

Pengertian Instagram Carousel

Diperkenalkan tahun 2017, Instagram Carousel merupakan fitur di mana pengguna bisa membagikan lebih dari satu foto, atau video dalam sekali unggahan. Ya, Instagram Carousel ini mampu memuat hingga 10 foto, atau video berbeda melalui satu unggahan saja. Artinya, Anda bisa membagikan banyak foto sekaligus dalam satu kali posting.

Nah, bagi pelaku bisnis, Instagram Carousel memberikan dampak positif karena bisa mengenalkan aneka produk ataupun angle produk pada satu unggahan saja. Ini memudahkan pelanggan agar tak perlu repot berpindah ke konten selanjutnya. Jadi, tak heran kalau banyak yang mencari tahu ide Instagram Carousel yang menarik untuk meningkatkan omzet bisnis.

Ide Konten Instagram Carousel yang Bisa Dicoba

Konten Horizontal Bersambung

Tips membuat foto Instagram menarik yang pertama adalah mengunggah konten horizontal bersambung. Biasanya konten ini berupa foto yang sengaja dibagi ke dalam beberapa multipost dalam fitur carousel. Konten horizontal bersambung ini juga sangat efektif jika Anda hendak menyampaikan informasi yang cukup panjang dalam satu gambar.

Beri Cuplikan Deskripsi

Dalam membuat Instagram Carousel, caption memang menjadi salah satu penunjang terbaik. Supaya Anda bisa melakukan promosi produk secara maksimal, berikan deskripsi lengkap tapi tak terlalu panjang. Karena kekuatan utama konten Instagram terletak pada sisi visual. Lebih baik lagi jika Anda punya website atau blog, supaya konsumen yang merasa penasaran bisa dialihkan menuju tautan.

Konten Bercerita

Masih berkaitan dengan ide Instagram Carousel sebelumnya, konten bercerita, atau story telling menarik jelas akan memikat perhatian netizen. Apalagi melalui fitur carousel, konsumen harus menggeser foto berikutnya untuk memperoleh informasi utuh. Hal ini bisa jadi peluang bagi Anda untuk menciptakan cerita menarik, membuat penasaran, dan akhirnya melakukan pembelian.

Tentu saja untuk konten story telling ini akan memberikan kesan microblog Instagram. Tak perlu cemas, karena memang di situlah fungsi media sosial yang satu ini. Jadi, ketika konsumen sudah memahami cerita yang disampaikan, pada bagian akhir foto bisa diberikan arahan agar segera melakukan transaksi, baik ke website atau WhatsApp Business.

Tips membuat feed menarik dengan instagram carousel

Sematkan Sejumlah Fakta

Banyak yang senang berkunjung ke akun informatif. Untuk itulah Anda bisa menyematkan sejumlah fakta pada konten Instagram carousel yang diunggah agar feed makin menarik. Misalnya saja Anda berjualan olahan sambal, Anda bisa memberitahukan fakta fungsi cabe untuk kesehatan. Dengan begitu, konsumen akan mendapat informasi baru, dan tertarik dengan produk yang dijual.

Pakai Foto Panorama

Sebagian besar manusia umumnya sangat menyukai pemandangan indah yang memanjakan mata. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang harus rela di rumah saja. Untuk itu, usahakan mengunggah foto panorama alias pemandangan indah pada fitur carousel yang hendak dilakukan. Tentunya foto panorama yang berkualitas akan membuat siapa pun tertarik.

Pakai Stop Motion

Keberadaan fitur carousel dalam Instagram tak dipungkiri akhirnya memicu banyaknya konten foto, dan video yang terunggah. Kondisi ini bisa saja membuat followers bosan, dan akhirnya memilih melakukan scroll begitu saja. Tindakan ini bisa membuat konten carousel yang diunggah tak diperhatikan. Lantas bagaimana membuat calon konsumen tertarik?

Coba gunakan video stop motion yang membuat objek dalam foto seolah bergerak perlahan. Kemudian ditambah musik yang mendukung, tentu saja menjadikan konten unggahan Anda berbeda, unik, serta menarik.

Sertakan Testimoni Konsumen

Ide konten Instagram carousel berikutnya adalah mengunggah testimoni para konsumen. Testimoni yang bernada positif jelas membuat branding produk makin terpercaya. Apalagi kalau Anda berhasil membuat orang yang terkenal seperti selebriti, dan lainnya menggunakan produk yang Anda tawarkan, sekaligus menyertakan foto buktinya. Unggahan testimoni ini jelas akan berdampak positif pada bisnis Anda.

Cara membuat foto menarik menggunakan Instagram carousel

Foto Before After

Selain memaparkan sejumlah fakta, foto sebelum, dan sesudah yang menandakan transformasi konsumen sangatlah disukai. Misalkan saja Anda berjualan skincare, jika mampu memberikan foto transformasi before dan after pemakaian yang memang terbukti berkhasiat jelas akan membuat konsumen semakin tertarik membeli.

Padukan dengan Video

Terakhir, Anda bisa memadukan unggahan berupa video. Namun, pastikan video tersebut bisa memberikan pengalaman yang lebih edukatif, dan pertimbangan lebih baik. Dilengkapi dengan desain cantik pada postingan carousel, keberadaan video akan membuat siapa pun semakin tertarik pada feed Instagram Anda, lalu melakukan transaksi pembelian.

Jangan lupa untuk terus mempelajari atau update tentang cara memanfaatkan Instagram untuk melakukan social media marketing bisnis Anda melalui kursus online gratis maupun berbayar, dan webinar Indonesia di QuBisa. Platform belajar online Indonesia yang saat ini memiliki program keterampilan digital milenial (KDM), dan keterampilan sukses milenial (KSM)

Anda bisa mengikuti kursus online, dan webinar online seperti Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan yang harganya hanya Rp. 80.000,-. Kemudian 90 Menit Pahami Digital Marketing untuk Bisnis Anda dengan harga yang sama.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua