Unduh Aplikasi QuBisa
Faktor Penting yang Mendukung Keberhasilan IDP
Artikel
HR Management

Faktor Penting yang Mendukung Keberhasilan IDP

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

3 Bagian Penting Yang Berperan Dalam Keberhasilan IDP

Ada banyak faktor penentu kesuksesan IDP atau Individual Development Plan, karena Individual Development Plan merupakan program yang disusun oleh perusahaan bagi karyawan guna mengetahui kompetensi yang diperlukan untuk posisi tertentu. 

Pastinya dibutuhkan cukup waktu serta pengalaman untuk mengembangkan potensi karyawan agar mampu mengemban tugas dan kewajiban pada posisi tertentu. Suatu perencanaan karir yang disusun berikut dengan analisis hasil terkait dengan kelebihan dan kekurangan terhadap beban tanggung jawab pekerjaan. Hal ini tidak bisa dilakukan dalam sekali waktu.

Itulah mengapa, Individual Development Plan masing-masing karyawan sudah pasti berbeda karena dipengaruhi berbagai faktor penentu. Silabus dasar Individual Development Plan dibutuhkan untuk mengetahui kompetensi, kemampuan, serta pengetahuan karyawan. Hanya saja, ini bukan satu-satunya indikator penentu untuk mengetahui pencapaian kinerja seseorang.

Pada prinsipnya, IDP sangat berguna bagi pekerja maupun profesional yang ingin mengembangkan dan meningkatkan karir. Hal ini bisa lebih dalam dipelajari pada beberapa kursus online gratis yang sudah disediakan aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

3 Faktor Penting yang Mendukung Keberhasilan IDP

Human Resources Department (HRD) membuat pola jenjang karir dengan target tertentu. Pada umumnya, HRD menggunakan Individual Development Plan sebagai salah satu piranti untuk mengembangkan kompetensi karyawan dalam mengisi suatu jabatan. Berikut ini ada 3 bagian penting yang berperan dalam keberhasilan IDP, yaitu:

Individual Development Plan sebagai target jangka waktu dekat maupun panjang

Pekerja (Employee)

Tidak dipungkiri kesuksesan suatu pekerjaan tergantung pada identitas pekerja itu sendiri. Artinya, jika Anda sebagai pekerja, maka Anda memiliki kuasa penuh untuk memberikan performa kerja terbaik bagi pekerjaan. Inilah yang menjadi magnet bagi perusahaan guna meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) agar berdaya saing dan mampu bekerja maksimal.

Anda harus bangga sebagai pekerja yang menjadi ujung tombak perusahaan. Dengan memiliki jiwa kepemilikan pada perusahaan atau ownership, para pekerja dinilai lebih memiliki jiwa loyalitas tinggi. Sikap jujur, loyal, dan mampu memiliki pemikiran yang terbuka pada suatu persoalan akan membuat pekerja nyaman bekerja di suatu perusahaan. Dengan sendirinya, Individual Development Plan sebagai target jangka waktu dekat maupun panjang akan mudah tercapai.

Pengelolaan karyawan dengan baik, dari segi kelengkapan fasilitas maupun peningkatan produktivitas membutuhkan program yang berkelanjutan. Hal ini dinilai penting terlebih lagi di tengah arus persaingan bisnis yang kian ketat.

Manager

Faktor penentu kesuksesan IDP berikutnya adalah manager. Dengan bantuan seorang manajer, Anda mampu mengidentifikasi daftar tujuan karir, target, serta tanggal penyelesaian tugas secara aktual. Manajer inilah yang mampu mengartikan kelayakan yang diperlukan dan apa yang dibutuhkan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. 

Tak hanya itu, manajer juga dituntut memiliki alternatif yang lebih segar untuk memecahkan persoalan yang dihadapi karyawan. Sekalipun pada akhirnya karyawan itulah yang nantinya memberikan eksekusi pada persoalan yang dihadapi. Diskusi terarah, fokus pada tujuan perusahaan, akan membuat hubungan antara karyawan dan atasan jauh lebih sehat dan terbuka.

Tentu bukan hanya diskusi mengenai target pencapaian, namun juga kemampuan membangun hubungan baik dan profesional yang lebih konstruktif. Hal ini dapat ditunjukan dengan memberikan dukungan pada tim kerja yang sedang tumbuh, baik dari segi ide, kompetensi, maupun kinerja. Dukungan berupa penyediaan ruang tumbuh bagi ide baru dinilai memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan di masa depan. 

Tujuan lain dari Individual Development Plan, yakni menentukan arah kemajuan bagi karyawan. Rencana pemetaan yang tepat dapat ditindaklanjuti dengan peningkatan kemampuan pelatihan kepemimpinan maupun keterampilan kompetensi lainnya. Harapannya mereka mendapatkan peluang yang sama guna memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Tujuan ini dapat dicapai dengan peranan dari manajer.

adanya optimalisasi human capital

Optimalisasi Human Capital

Untuk menunjang Individual Development Plan, perusahaan dapat menyiapkan kelengkapan fasilitas yang dibutuhkan, seperti penugasan, pelatihan, seminar, ataupun program lain yang menunjang kompetensi karyawan. Pemenuhan kelengkapan ini berguna bagi seorang manajer untuk menentukan apakah kinerja karyawan sudah sesuai dengan fokus perusahaan. Tak hanya itu, pemilihan kandidat pada posisi tertentu juga mampu dilihat lebih obyektif dari sejumlah pemenuhan aspek tersebut. Perlu adanya optimalisasi human capital untuk mendukung keberhasilan IDP.

Individual Development Plan juga sering digunakan perusahaan untuk meninjau kompetensi dasar berupa pengetahuan, keterampilan, maupun bakat tertentu. Umpan balik inilah yang dinilai penting untuk membantu karyawan mengatasi persoalan dalam bekerja, stres beban kerja, ataupun membangun kepercayaan diri yang lebih positif. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua