Unduh Aplikasi QuBisa
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Traffic Website
Artikel
Web Development

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Traffic Website

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Traffic website yang tinggi menjadi salah satu indikator dari website yang bagus. Para sponsor dan pemasang iklan akan lebih menyukai website yang memiliki traffic tinggi karena akan mendukung promosi yang efektif dan menghasilkan feedback sesuai harapan.

Tidak heran jika sebagian besar blogger dan pemilik website berusaha untuk menambah traffic dengan berbagai cara agar performa situs yang mereka miliki mengalami peningkatan. Jika traffic website bagus, maka informasi yang dibagikan di website dapat menjangkau lebih banyak orang dan bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang lebih berlimpah.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Traffic Website

Traffic website adalah kumpulan dari jumlah orang yang mengunjungi website, halaman yang dilihat setiap pengunjung, serta jangka waktu rata-rata setiap pengunjung membaca dan melihat-lihat halaman yang mereka kunjungi. Anda dapat melakukan analisis terkait traffic website menggunakan tools, seperti Google Analytics, Ahrefs, Google Search Console, dan lain-lain. 

Cara meningkatkan traffic website tidak sesederhana kelihatannya karena dipengaruhi berbagai faktor yang perlu Anda kelola dan optimasi dengan tepat. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi traffic website.

Kualitas Konten

Kualitas konten sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya traffic website. Konten berkualitas yang Anda buat memiliki kemungkinan besar berhasil menempati urutan pertama di halaman pencarian Google dan membuat banyak orang melakukan klik dan membacanya. Sebaliknya, kalau kualitas konten yang tersedia sangat rendah maka pengunjung akan segera meninggalkan website Anda.

Konten yang berkualitas membangun kepercayaan audiens website dan membuat mereka betah berlama-lama menelusuri halaman demi halaman di website. 

faktor yang mempengaruhi traffic website salah satunya adalah kualitas konten

Frekuensi Publikasi Konten

Ada istilah website yang dipenuhi sarang laba-laba untuk menggambarkan website yang sudah lama tidak mempublikasikan konten baru. Lambat-laun website ini akan ditinggalkan pengunjung dan performanya semakin menurun.

Frekuensi publikasi konten merupakan faktor yang mempengaruhi traffic website dan ini harus Anda perhatikan. Ukurlah kemampuan Anda dalam memproduksi konten. Apakah tiga kali sehari, satu kali sehari, atau seminggu satu kali untuk publikasi konten baru. Jika Anda dapat publikasi konten baru setiap hari, maka lakukan setiap hari. Semakin sering Anda publikasi konten baru secara konsisten, akan semakin efektif untuk menambah traffic.

Kecepatan Loading

Kecepatan loading juga berpengaruh terhadap jumlah traffic website. Pengunjung yang tertarik untuk membaca artikel Anda akan bosan menunggu jika proses loading konten terlalu lama. Bisa jadi pengunjung tersebut langsung meninggalkan website Anda. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi website Anda dalam jangka panjang.

Anda dapat memeriksa kecepatan loading website menggunakan tools di Google PageSpeed Insight, GT Metrix, WebPageTest, dan lain-lain. Jika menemukan masalah, sebaiknya Anda segera mencari penyebab masalah tersebut kemudian membenahinya.

Aktivitas Media Sosial

Faktor yang mempengaruhi traffic website lainnya adalah aktivitas di media sosial. Semakin aktif Anda membagikan tautan website di media sosial, kemungkinan traffic website dapat meningkat. Anda dapat share link konten terbaru di website ke Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lain-lain.

Perlu diingat, terlalu sering membagikan tautan ke media sosial juga dapat terdeteksi sebagai spam. Anda sebaiknya berhati-hati dalam membagikan link di media sosial. Beri jeda yang cukup antara satu link share dengan link share berikutnya dan selingi dengan konten lain agar akun Anda tetap aman.

untuk menambah traffic website bagikan link artikel Anda di berbagai media sosial

Persaingan Topik

Topik artikel yang unik dan langka menjadi keunggulan tersendiri untuk menambah traffic website. Semakin sedikit artikel serupa yang tersedia, semakin besar kesempatan untuk mendapatkan kunjungan pengguna internet. 

Persaingan topik ini termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi traffic website. Jika persaingan ketat terjadi pada niche website dan keyword artikel yang Anda pilih, tentunya Anda butuh usaha lebih keras untuk meningkatkan traffic website.

Menambah traffic website membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda perlu konsisten dalam menerapkan cara meningkatkan traffic website secara berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua