Unduh Aplikasi QuBisa
4 Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja
Career Development

4 Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Ada banyak faktor yang memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis. Salah satunya terkait kemampuan perusahaan menjaga dan meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Idealnya, semua karyawan di suatu perusahaan bisa bekerja dengan produktif tinggi, sehingga perusahaan dapat mencapai goals atau target yang diinginkan.

Tetapi dalam praktiknya, ada banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja yang kemudian membuat karyawan tidak bisa selalu bekerja secara efektif dan produktif. Untuk itu, perusahaan harus mencari tahu faktor-faktor yang bisa mempengaruhi produktivitas kerja dan melakukan pencegahan. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja?

Inilah 4 Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan

Ketika progress kerja di perusahaan berjalan lambat dan banyak target perusahaan sering tak tercapai, Anda perlu melakukan analisis dan evaluasi bagaimana kinerja karyawan di perusahaan. Selain itu, cari tahu 4 faktor penting yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan dan solusi untuk mengatasinya, seperti:

Lingkungan Kerja yang Aman dan Nyaman

Lingkungan kerja yang nyaman, aman, dan kondusif berperan besar dalam peningkatan produktivitas karyawan. Sebaliknya, kalau lingkungan kerja penuh konflik, tidak kondusif, aturan yang terlalu ketat, hubungan antar pekerja tidak terbangun dengan baik, persaingan tidak sehat, dan sebagainya, tentu karyawan jadi tidak bisa bekerja dengan baik.

Jadi, kalau Anda ingin semua karyawan di perusahaan bisa bekerja secara produktif, coba perbaiki lingkungan kerja. Misalnya, sediakan ruang kerja yang nyaman, ventilasi dan pencahayaan yang cukup, serta lengkap dengan fasilitas pendukung lainnya. 

Bangun suasana kekeluargaan sebagai bagian dari budaya kerja perusahaan. Ciptakan persaingan yang sehat antar karyawan dengan jaminan siapa yang berprestasi ya bisa dapat promosi. Selain itu, buat tempat kerja sebagai zona kreatif di mana semua karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan aman.

memfasilitasi karyawan untuk meningkatkan kemampuan

Adakan Pelatihan Rutin

Jika karyawan memiliki keterampilan yang cukup, maka mereka dapat lebih mudah menyelesaikan berbagai pekerjaan. Semakin terampil karyawan dalam bekerja, jelas mereka jadi semakin produktif. Untuk itu, pastikan karyawan memiliki keterampilan mumpuni yang dibutuhkan perusahaan, baik saat penerimaan karyawan maupun setelahnya.

Agar skill karyawan terus meningkat, ada baiknya perusahaan memfasilitasi karyawan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Misalnya, dengan rutin mengadakan pelatihan sesuai dengan bidang kerja masing-masing karyawan

Dengan mengadakan pelatihan rutin yang berkualitas, maka bisa meningkatkan keahlian yang membuat karyawan dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Dampak berikutnya, sudah pasti produktivitas tenaga kerja di perusahaan Anda akan mengalami peningkatan. 

Keterampilan apa saja yang dibutuhkan karyawan agar bisa produktif dalam bekerja? Beberapa rekomendasi kursus online berikut bisa Anda jadikan materi pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian karyawan: 

Menetapkan Tujuan yang Realistis

Jika ingin meningkatkan produktivitas kerja, perusahaan perlu mengkomunikasikan target yang ingin dicapai dengan benar kepada karyawan. Tetapkan goals atau tujuan yang realistis, sekaligus ajarkan kepada karyawan cara mencapainya. 

Jika memungkinkan, sediakan reward bagi karyawan yang berhasil mencapai target. Dengan cara ini, karyawan akan bekerja dengan lebih semangat dan mereka pasti akan mencari cara paling efektif untuk bisa mencapai target demi mendapatkan reward.  

Jika Anda masih membutuhkan masukan dan referensi cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan, sudah ada beberapa artikel QuBisa yang membahas mengenai cara meningkatkan produktivitas, di antaranya:

mental karyawan yang bagus dan sehat

Karyawan yang Produktif adalah Karyawan yang Sehat

Produktivitas kerja berkaitan erat pula dengan kondisi tubuh. Logikanya, tidak ada satu pun orang yang bisa bekerja dengan baik kalau badannya tidak sehat. Jika Anda ingin karyawan di perusahaan memiliki performa kerja yang bagus, maka perhatikan kesehatan karyawan. Anda bisa menyediakan fasilitas layanan kesehatan di perusahaan atau dana kesehatan yang bisa digunakan karyawan untuk check up kesehatan secara rutin.

Kalau karyawan memiliki kondisi fisik dan mental yang bagus, mereka jadi bisa lebih maksimal dalam bekerja, produktivitas kerja meningkat, dan perusahaan pun bisa lebih mudah mencapai target-target yang telah ditetapkan. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi karyawan sehingga mereka bisa bekerja dengan baik atau tidak. Cari tahu berbagai faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan, lakukan pencegahan dan siapkan solusi untuk mengatasinya, sehingga performa kerja karyawan terjaga dengan baik. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua