Unduh Aplikasi QuBisa
Faktor Penting dalam Membangun Networking
Artikel
Business Communications

Faktor Penting dalam Membangun Networking

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Networking adalah upaya membangun koneksi dengan sebanyak mungkin orang atau perusahaan, yang dapat memberikan keuntungan satu sama lain dalam hubungan profesional atau bisnis. Keuntungan yang dimaksud di sini bukan semata-mata hanya bersifat transaksi langsung dalam bentuk materi, namun juga termasuk keuntungan dalam jangka panjang, misalnya referensi bisnis, akses informasi, peluang kolaborasi, dan sebagainya.

Networking menjadi salah satu faktor penting yang berperan besar dalam proses meraih kesuksesan karir. Selain kinerja yang baik, memiliki relasi yang luas juga menjadi pertimbangan dalam peningkatan karier. 

Cara Membangun Network dan Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Networking bukan sekadar memperluas jaringan pertemanan, melainkan termasuk bagaimana cara membina hubungan yang baik dan menjaga koneksi tersebut agar tetap kuat. Dalam hal ini, Anda butuh kemampuan berkomunikasi yang efektif agar dapat memperluas relasi dan membina hubungan baik yang berkelanjutan.

Lalu, bagaimana cara membangun networking yang tepat serta hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun networking. Simak tips membangun networking berikut!

Manfaatkan Media Sosial Profesional seperti LinkedIn

Media sosial merupakan tempat yang sangat sesuai untuk membangun network. Anda dapat memperluas jaringan pertemanan di kalangan profesional sesuai bidang yang berkaitan dengan karir Anda dengan bergabung dalam grup-grup profesi di media sosial. 

Berdasarkan survei yang dilakukan CareerBuilder, sebanyak 70% recruiter akan melakukan background check untuk screening calon karyawan melalui media sosial. Salah satu media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun jaringan, bisa menggunakan LinkedIn. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membangun personal branding di LinkedIn dan menambah pertemanan, seperti:

Orang lain cenderung lebih percaya kepada orang yang direferensikan teman atau saudaranya

Aktif di Komunitas

Tips membangun networking berikutnya adalah aktif di komunitas. Komunitas yang perlu diikuti bukan hanya komunitas profesional saja. Anda juga bisa mengikuti komunitas sesuai dengan kegiatan yang digemari, misalnya komunitas pesepeda, komunitas traveling, dan lain-lain.

Mengikuti komunitas dapat memperluas jaringan pertemanan, membuka berbagai peluang untuk kerja sama dan kolaborasi, atau malah sangat berguna dalam peningkatan karir Anda di tempat kerja. Percayalah, memiliki jaringan pertemanan yang luas dan terjaga dengan baik, merupakan investasi jangka panjang yang akan berguna seumur hidup Anda.

Gunakan Referensi

Orang lain cenderung lebih percaya kepada orang yang direferensikan teman atau saudaranya, dibandingkan kepada orang asing yang tidak ada mutual friends sama sekali. Oleh karena itu sangat penting untuk memperluas jaringan pertemanan, baik melalui media sosial, komunitas, maupun wadah perkenalan lainnya.

Anda dapat menggunakan referensi dan networking dari orang yang dikenal untuk mengenalkan Anda kepada relasi kerja yang baru atau bisnis yang potensial. Misalnya, ada saudara dari teman komunitas Anda yang akan menyelenggarakan pernikahan. Mungkin Anda dapat menawarkan produk souvenir pernikahan produksi perusahaan Anda atau menawarkan ballroom hotel tempat Anda bekerja.

Setiap orang memiliki kemampuan berkomunikasi yang berbeda-beda

Jaga Kepercayaan Orang Lain

Jika Anda mendapatkan kepercayaan dari orang lain, maka jagalah kepercayaan tersebut dengan baik. Jangan sampai Anda mengkhianati relasi bisnis yang telah percaya kepada Anda. Menjaga kepercayaan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam membangun jaringan kolega sehingga hubungan baik terjalin untuk waktu yang lama dan berkelanjutan.

Etika Komunikasi

Setiap orang memiliki kemampuan berkomunikasi yang berbeda-beda. Untuk dapat sukses membangun networking, Anda perlu punya keahlian komunikasi, mulai dari komunikasi efektif, komunikasi persuasif, komunikasi asertif, bahkan intrapersonal dan interpersonal. 

Etika komunikasi juga merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai lawan bicara Anda salah paham dan tersinggung dengan apa yang Anda bicarakan. Jika belum terlalu mengenal dengan baik, sebaiknya Anda berkomunikasi secara umum, menggunakan pilihan kata yang sopan, dan hindari membahas topik yang sensitif.

Network yang luas dan tertarget dapat membantu Anda mencapai kesuksesan. Salah satu manfaat networking adalah untuk memperluas jangkauan kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik atau peluang project yang lebih besar. Selain itu, networking yang luas dapat memberikan kesempatan saling bertukar ide, berkolaborasi, bahkan melakukan inovasi.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua