Unduh Aplikasi QuBisa
Jenis Drip Marketing Campaign dalam Email Marketing
Product Marketing

Jenis Drip Marketing Campaign dalam Email Marketing

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Email marketing masih menjadi salah satu strategi digital marketing yang efektif dan digunakan oleh banyak brand. Melalui email marketing, para pebisnis bisa membangun hubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan setia secara personal. Ada dua jenis email marketing yang paling sering digunakan, yaitu newsletter dan drip

Apa Itu Drip Marketing Campaign?

Drip email marketing adalah email yang otomatis terkirim sesuai waktu atau perilaku pengguna dan telah diatur sedemikian rupa. Cara kerjanya, Anda sebagai marketer tidak perlu menulis dan mengirim email secara manual lagi. Asalkan sebelumnya, Anda sudah menyiapkan antrian email yang dapat dimodifikasi sesuai lead (data kumpulan pelanggan) dan tindakan yang dilakukan pengunjung pada website atau toko online Anda. 

Contoh, ada yang baru saja berlangganan newsletter. Anda bisa mengatur untuk mengirimkan email selamat bergabung. Dua hari setelahnya, Anda dapat mengirim email berikutnya terkait informasi konten yang paling banyak dikunjungi. 

Selain itu, Anda yang bergerak di bisnis jual beli, lalu memiliki website dan aplikasi khusus, Anda bisa mengirim drip marketing pada calon pelanggan yang menambahkan item ke keranjang belanja, namun belum melakukan pembelian. Tujuannya, supaya calon pelanggan tersebut segera menyelesaikan transaksinya.

Email drip campaign merupakan strategi pemasaran jangka panjang

Jenis Drip Marketing Campaign

Email drip campaign merupakan strategi pemasaran jangka panjang yang efektif dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Strategi digital marketing yang satu ini dapat meningkatkan open rate hingga 40%. Kemudian dapat mencapai click through rate (CTR) 119%. CTR adalah jumlah rasio pengguna yang melakukan klik pada total impression. Nah, berikut beberapa jenis drip marketing campaign yang akan dibahas dalam artikel Qubisa kali ini!

Top of Mind Drip

Top of mind drip memiliki tujuan untuk membuat lead lebih tertarik dengan produk, brand, atau bisnis Anda. Dalam drip marketing campaign, lead harus benar-benar bisa memahami dan mengingat brand Anda. Dengan begitu, Anda bisa mencapai tahapan akhir dalam marketing funnel, yaitu terjadinya pembelian. Sebaiknya jenis drip marketing campaign ini dilakukan secara berkelanjutan, terutama saat Anda memiliki penawaran baru. 

Educational Drip

Tipe digital marketing campaign untuk email drip yang kedua adalah educational drip. Artinya, Anda sebagai brand akan memberikan informasi terkait produk yang Anda promosikan. Tujuannya untuk menarik pelanggan agar melakukan pembelian. Tahapan ini bisa Anda jalankan setelah melakukan brand awareness terlebih dulu. 

Re-engagement Drip

Dalam lead ada yang dinamakan cold lead. Cold lead merupakan calon pembeli yang sudah lama tidak berinteraksi atau memperlihatkan tanda bahwa mereka berminat membeli. Jika saat ini Anda memiliki cold lead, Anda bisa menerapkan re-engagement drip. Strategi re-engagement lead bertujuan membuat calon pelanggan tertarik melakukan pembelian meski sudah lama tidak berinteraksi dengan brand Anda.

strategi marketing untuk bersaing dengan kompetitor

Competitive Drip

Competitive drip artinya strategi marketing untuk bersaing dengan kompetitor. Di sini, Anda perlu melakukan analisis kompetitor, sehingga bisa mengetahui kelemahan dari produk mereka. Dari sanalah Anda bisa mencoba menawarkan kelebihan produk sekaligus meyakinkan bahwa produk Anda lebih baik dan sesuai kebutuhan mereka.

Promotional Drip

Diskon atau harga spesial yang diadakan oleh brand tentunya untuk menarik pelanggan supaya melakukan pembelian, bukan? Untuk itu, Anda bisa memberi tahu calon pelanggan melalui teknik promotional drip. Sebenarnya, promotional drip ini mirip dengan strategi marketing seasonal, di mana promosi dilakukan dengan memanfaatkan momen-momen spesial, seperti hari raya, akhir tahun, hingga harbolnas. 

Training Drip

Training drip merupakan email drip yang sengaja dikirim untuk anggota baru. Fungsinya memberi informasi terkait cara memakai suatu produk.

Email marketing menjadi salah satu strategi marketing yang masih efektif hingga saat ini. Selain newsletter, Anda juga bisa mencoba mempromosikan produk melalui email drip marketing campaign. Strategi ini akan membantu Anda untuk mendorong lead agar melakukan pembelian.

Masih membutuhkan mater belajar online bertema digital marketing? Yuk, cek dulu beberapa pilihan kursus gratis yang tersedia di aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua