Unduh Aplikasi QuBisa
Pengolahan Data Mining dengan Menggunakan Bahasa Python
Artikel
Databases

Pengolahan Data Mining dengan Menggunakan Bahasa Python

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Istilah data mining tentu tidak asing lagi bagi Anda yang merupakan lulusan IT, matematika terapan, ataupun statistika. Data mining adalah suatu proses yang menggunakan cara tertentu dengan memanfaatkan bahasa pemrograman, yang bertujuan mengumpulkan informasi maupun data dalam jumlah besar. Prosesnya pun bisa dikatakan rumit, karena membutuhkan kemampuan bahasa pemrograman dan pemahaman mengenai konsep data mining untuk big data.

Ada beberapa teknik data mining yang biasanya digunakan, mulai dari classification, clustering, association, regression, forecasting, hingga sequence analysis. Praktisi biasanya menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, yang dianggap lebih simpel dan mudah diaplikasikan. Berikut ini beberapa kelebihan pengolahan data mining dengan menggunakan bahasa Python.

Kelebihan Bahasa Python untuk Data Mining

Sederhana

Bahasa Python memiliki alur pemrograman sederhana dan paling populer. Maka tak heran jika para developer menyukainya. Python memiliki sintaks yang rapi dan mudah dibaca, bahkan oleh orang yang masih pemula. Penulisan kodenya pun tergolong lebih cepat dan tidak rumit.

Karena Python merupakan open source,  maka memungkinkan Anda sebagai pengguna lebih leluasa dalam penggunaannya, misalnya mengumpulkan data dengan jumlah banyak dan syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Memiliki Banyak Libraries

Popularitasnya yang tinggi membuat bahasa Python memiliki banyak libraries yang bermanfaat. Hal ini tak lepas dari komunitasnya yang aktif untuk membuat bahasa ini semakin mudah digunakan. Namun, tentu saja Anda harus berusaha seefektif mungkin dalam menggunakan libraries untuk mengumpulkan data.

Komunitas yang Besar

Karena data mining Python cukup rumit, dibutuhkan kemampuan lebih atau kapabilitas untuk memastikan semua proses berjalan sesuai rencana. Jadi, ketika menggunakan bahasa Python, bantuan atau dukungan dari komunitas akan sangat dibutuhkan. 

Dengan adanya komunitas, Anda akan lebih mudah dalam menemukan solusi saat pengumpulan maupun pengolahan data yang sudah didapatkan.

Di Indonesia, jumlah pengguna Python semakin meningkat. Bahkan di berbagai platform, tak terkecuali meeting online sering diadakan diskusi atau webinar gratis. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan pengolahan data. Tak jarang, nantinya akan menemukan orang yang memiliki tujuan sama.

Automation

Pengolahan data secara manual akan menghabiskan banyak waktu dan membuat waktu bekerja yang tidak efektif. Padahal, semua itu bisa dilakukan secara otomatis dengan bantuan Python. Bahasa ini mendukung kerangka kerja otomatisasi yang akan memberikan banyak keuntungan. 

Misalnya saja, Anda tidak perlu menggunakan modul tambahan, sehingga proses kerjanya menjadi lebih ringan. Alur mendapatkan data juga jadi lebih simpel. Lalu, gunakanlah automation framework untuk mengumpulkan data secara otomatis saat proses data mining atau penggalian data.

Banyak Tutorial yang Tersedia

Saat ini, untuk belajar mengenai IT & Software atau teknologi pemrograman, Anda tidak perlu merasa pusing. Apalagi bahasa Python yang sudah memiliki komunitas besar. Banyak tutorial yang bisa dipelajari, bahkan dikhususkan untuk pengolahan maupun pengumpulan data dari berbagai sumber. 

Bahasa pemrograman Python mudah dipelajari, karena simpel dan dalam penulisannya tidak banyak menggunakan simbol-simbol.

Agar semakin mahir dalam menggunakan data mining Python, Anda bisa mengikuti kursus online gratis juga di platform belajar online Indonesia seperti QuBisa. Tak hanya data mining saja, Anda pun bisa mengikuti kursus Exploratory Data Analysis with Python.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua